Bagaimana cara membuat biskuit yang lembut?

Dilihat 1,22 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Biskuit merupakan salah satu kue yang enak dan lezat yang umumnya berbentuk kecil dan pipih. Karena rasanya yang lezat menjadikan biskuit sebagai makanan yang populer di dunia sebagai cemilan yang enak. Biskuit merupakan makanan ringan yang digemari semua anggota keluarga, terutama anak-anak karena rasanya yang manis dan renyah. Biskuit bisa kita jadikan sebagai makanan ringan sebagai cemilan disaat kita santai ditemani secangkir teh atau kopi hangat. 


Saat ini biskuit sudah semakin banyak di pasaran dengan rasa, bentuk, dan variasi yang beraneka ragam, biskuit juga dikemas dengan penampilan yang menarik konsumen. 


Walaupun begitu, bukan berarti kita tidak bisa mencari cara bikin kue biskuit sendiri di rumah dengan resep biskuit yang tidak kalah enaknya dengan yang dijual di pasar. 


Berbagai jenis biskuit



Apa itu Biskuit?


Biskuit adalah produk jajanan renyah yang dibuat dengan cara dipanggang, biskuit juga dikenal dengan nama kue kering. Asal nama dari biskuit berasal dari kata “bis” yang berarti dua dan “coctus” yang berarti dimasak atau dipanggang. 


Tujuan biskuit dimasak atau dipanggang agar kadar airnya berkurang sehingga biskuit menjadi kering dan lebih tahan lama. Selain itu, biskuit juga adalah jenis kue yang simpel untuk dibawa kemana saja, sehingga di zaman sekarang banyak sekali biskuit dalam bentuk kemasan yang cukup familiar sebagai jajanan. 


Menurut Masye Manaffe (1999), biskuit merupakan sejenis makanan yang terbuat dari tepung terigu dengan penambahan bahan makanan lain dengan proses pencetakan dan pemanasan. Biasanya resep ini ditambah dengan lemak dan gula serta bahan pengembang. 


Kemudian untuk menambah cita rasa biskuit agar lebih enak dan beraroma bisa ditambahkan coklat, keju, buah-buahan, dan rempah-rempah lain yang membuat rasanya menjadi beragam.


Saat ini resep biskuit sudah disesuaikan dengan selera masyarakat daerah tertentu, juga disesuaikan dengan perkembangan zaman sehingga cara bikin kue biskuit pun sekarang sudah cukup modern dan lebih praktis. Bahan baku dalam proses pembuatan biskuit tetap memakai bahan baku utama berupa tepung terigu protein rendah karena jenis tepung ini memiliki daya serap air yang rendah.


Resep biskuit

Walaupun cara bikin kue biskuit itu bisa dilakukan dengan cara dan bahan yang hampir mirip, namun ternyata bikuit sebenarnya terdiri dari berbagai macam. 


Departemen Perindustrian RI membagi biskuit menjadi 4 kelompok, yaitu:


  1. Biskuit keras: salah satu jenis biskuit manis yang terbuat dari adonan biskuit keras. Biskuit keras ini berbentuk pipih dan bila kita patahkan potongannya akan bertekstur padat yang bisa mengandung kadar lemak yang tinggi ataupun rendah.
  2. Crackers: jenis biskuit ini terbuat dari adonan lunak dengan kadar lemak yang biasanya tinggi dan berstekstur renyah. Biskuit berbentuk pipih ini umumnya memiliki citarasa asin. Bila biskuit crackers dipatahkan akan terlihat penampangnya yang berlapis-lapis.
  3. Cookies: jenis biskuit ini sangat familiar di masyarakat, biskuit ini terbuat dari adonan lunak dengan kadar lemak yang tinggi dan biasanya memiliki rasa yang manis. Tekstur dari biskuit cookies biasanya lembut, renyah, dan berongga.
  4. Wafer: biskuit ini terbuat dari adonan cair, berpori-pori kasar, dan renyah. Bila kita potong penampangnya akan jelas terlihat lapisan-lapisan yang menyusunnya. Jenis biskuit ini biasanya akan ditumpuk beberapa lapis dan direkatkan dengan krim yang memiliki rasa tertentu.

Dengan beragamnya jenis biskuit tersebut kita dapat menikmati rasa biskuit yang bervariasi sehingga kita dapat memilih mana yang menjadi favorit kita. Seperti yang kita tahu bahwa biskuit yang ada sekarang tersaji dengan cita rasa asin ataupun manis, anda juga bisa memperhatikan bentuk dan jenisnya yang berbeda-beda.


Beberapa resep biskuit


Resep Biskuit


Apakah anda tidak tertarik untuk membuat biskuit sendiri di rumah? Ternyata membuat kue biskuit itu cukup mudah bahkan bisa dilakukan oleh seorang pemula sekalipun. Selain itu, bahan-bahan untuk membuat kue biskuit juga terbilang sederhana dan mudah untuk didapat. Berikut adalah beberapa resep kue biskuit susu dan kue biskuit coklat yang bisa anda coba sendiri di rumah:


Resep Kue Biskuit Susu


Bahan-Bahan yang diperlukan:


  • 100 gram mentega
  • 200 gram tepung terigu protein rendah
  • 50 gram tepung gandum
  • 100 gram susu bubuk
  • 100 gram gula halus
  • 1 buah telur
  • Vanilla extract secukupnya
  • 1 / 2 sendok makan soda kue

Cara Membuat:


  1. Lelehkan mentega dengan gula kemudian campur dengan telur agar adonan lebih berstruktur. 
  2. Kemudian masukkan semua bahan dan aduk sampai adonan menjadi kalis, jika adonan sudah tercampur dengan rata, diamkan adonan dalam suhu ruangan agar mengembang. 
  3. Setelah beberapa jam, panaskan oven 400 derajat Fahrenheit dan letakkan adonan di atas loyang dan di panggang sampai matang. Panggang biskuit hingga matang selama kurang lebih 30 menit.

Resep kue biskuit coklat

Resep Kue Biskuit Coklat


Bahan-Bahan yang diperlukan:


  • 450 gram tepung terigu protein rendah
  • 100 gram susu bubuk
  • 100 gram coklat bubuk
  • 1 sendok kecil soda kue
  • 2 butir telur dikocok sebentar
  • 200 gram mentega tawar yang dibekukan kemudian diiris kecil-kecil
  • 200 mili liter air es dingin
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:


  1. Campurkan bahan-bahan, seperti tepung terigu, soda kue, dan garam, kemudian aduk rata dan aduk ayak 
  2. Jika sudah, masukan susu bubuk beserta coklat bubuk dan aduk kembali.
  3. Masukan mentega tawar yang telah disiapkan kemudian aduk kembali hingga menyerupai butiran-butiran.
  4. Tuangkanlah air dingin namun sebagian dahulu dan aduk hingga adonan tercampur rata. Jika sudah tuangkan sisanya sambil diaduk hingga adonan bisa dibentuk.
  5. Jika sudah gilinglah adonan menjadi tipis kemudian bisa dicetak sesuai dengan selera anda 
  6. Siapkan loyang yang sudah diolesi mentega kemudian taruh adonan yang sudah dicetak di atasnya.
  7. Pangganglah hingga matang dan kering kira-kira setengah jam di dalam oven.

Tips membuat biskuit

Tips Untuk Membuat Biskuit yang Sempurna


Cara membuat kue biskuit tidaklah sama seperti membuat jenis kue yang lainnya. Seperti yang kita tahu bahwa biskuit termasuk ke dalam jenis kue kering yang memiliki karakteristik kering dan juga renyah. Untuk itu, membuat kue kering seperti biskuit terdapat beberapa cara yang harus anda perhatikan.


Saya akan berbagi beberapa tips ketika anda akan membuat biskuit, berikut adalah beberapa tips terbaik yang koki kue kering miliki, di antaranya:


  • Buatlah biskuit menggunakan self rising flour (terigu yang sudah dicampur dengan bahan pengembang, soda kue dan garam). Biskuit yang dibuat dengan self rising flour akan mengembang lebih baik daripada yang menggunakan terigu serba guna. 
  • Campurkan sedikit terigu khusus kue. Terigu kue lebih lembut dibandingkan terigu serba guna. Dengan mencampurkan tepung serba guna dengan tepung kue akan menghasilkan biskuit yang lebih lembut dan ringan.
  • Buatlah angel biskuit yang lembut dan ringan. Angel biskuit memiliki tekstur yang ringan yang dibuat dengan menggunakan ragi dan soda kue untuk mengembangkan adonan. 
  • Gunakan jalan pintas dengan mengunakan adonan panggang siap pakai. Adonan panggang siap pakai mengandungkan berbagai bahan dasar yang bisa digunakan untuk berbagai resep makanan panggang yang berbeda, termasuk biskuit. Kita bisa menggunakan adonan siap panggang untuk membuat biskuit dengan cara mencampurkan adonan dengan mentega, susu dan soda kue. 


-


Demikianlah cara membuat biskuit yang enak dan juga lezat. Kini anda bisa lebih berhemat dengan memilih membuat biskuit sendiri di rumah untuk cemilan keluarga anda yang tentunya lebih terjamin sehat. 


Jika anda sudah lihai dalam membuat biskuit sendiri, anda bisa menjadikan keahlian anda tersebut untuk membuka bisnis biskuit yang menjanjikan keuntungan bagi anda. 


Jika anda memang berminat untuk menjadi seorang koki kue profesional, berikut adalah link: saran buku untuk menjadi koki kue profesional. Ingatlah bahwa dalam membuat kue biskuit anda harus memperhatikan beberapa hal seperti yang sudah dijelaskan di atas. Karena dalam pembuatan kue biskuit tidaklah sama dengan cara membuat kue bolu ataupun jenis kue basah lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, selamat mencoba!! 

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang