Bagaimana cara membuat laptop HP lebih cepat?

Dilihat 488 • Ditanyakan 9 bulan lalu
2 Jawaban 2

Naikkan ramnya. Ini bukan solusi untuk semuanya. Kamu mungkin tidak sadar akan tambahan kecepatannya (dan efisiensi laptop). Akan membuat beberapa aplikasi menjadi lebih cepat… tapi dengan menambah ram lebih seperti membiarkan seseorang yang mengenakan kemeja yang lebih besar Kamu memiliki banyak ruang.


Tingkatkan prosesornya. Ini bekerja, tapi tidak selalu… dan tingkatan prosesor apa yang bisa kamu dapatkan terkadang hanya bertambah sedikit. Di hampir semua kasus sekarang, laptop (atau komputer) prosesor sudah seperti soket yang ada di motherboard. Jadi kamu terbatasi oleh prosesor yang menempatkan soket tersebut. Juga kamu terbatas ke prosesor yang tertulis di BIOS mu. Jika pembuat tidak memasukkan layanan ke prosesor tertentu, maka kamu tidak bisa menggunakan prosesor tersebut.


Kamu umumnya akan melihat larangan ini di laptop seperti pada komputer. Contoh yang konkret seperti ini, Akan jadi laptop dengan BIOS motherboard yang tidak support prosesor yang keluar SETELAH laptop dibuat. Hany ajika pembuat menulis perubahan BIOS untuk model laptop, kamu akan bisa memakai prosesor yang terbaru (dan mungkin lebih bagus). Perusahaan akan mendapat uang lebih jika kamu membeli laptop baru, daripada meningkatkan prosesor mu… Yang mana kamu tidak melihat pembaruan BIOS untuk laptop termasuk support prosesor terbaru seperti yang kamu lihat di komputer


Gunakan media penyimpanan yang lebih cepat. Beralih dari hard drive yang 5400RPM ke yang 7200RPM sampai yang 10000RPM…atau Solid State Drive akan mempercepat bagaimana kecepatan mu untuk mendapatkan data, dan bagaimana kamu menulis. Kamu akan alami hal-hal seperti booting yang cepat, karena kamu bisa membaca data lebih cepat dan menempatkan data tersebut di RAM lebih cepat, semua karena kamu memiliki hard drive yang lebih cepat. Ini tidak akan membuatmu bisa menggunakan perangkat lunak yang tidak memenuhi kebutuhan spesifikasi sebelumnya…tapi hanya akan mempercepat aplikasi tertentu dan perlakuan tertentu di laptop mu.


Ganti sistem operasi. Kamu bisa buang versi sekarang dari window dan menggantinya dengan beberapa sistem operasi yang berbeda yang lebih baik. Ada banyak sekali distribusi linux. Kebanyakan dari ini dibuat untuk sistem yang lama dan/atau sistem yang rendah… dan mereka menyediakan grafik yang halus, dan bisa dinikmati… seperti window. Sisi buruknya? Layanan perangkat keras dan lunak. Jika komputer tidak seperti linux, kamu mungkin akan mencoba untuk versi lain atau kamu akan kesusahan mengganti setingan, mengumpulkan kernel, d.l.l. Juga… kamu tidak akan menggunakan perangkat lunak yang sama sebelumnya. Jika semua yang kamu lakukan hanya di internet… alias kamu bisa hidup dengan chromebook tanpa mengetahuinya… maka kamu mungkin akan tidak bermasalah dengan google chrome di peppermint linux… akan terasa seperti di rumah sendiri. Memasang adobe photoshop? Tidak. Tapi kamu akan memiliki komputer yang lebih cepat.


Sekarang… jika tidak ada yang kamu ingin coba.. kamu mungkin mau membersihkan Salinan windowsmu… atau menyimpan semua hal yang kamu mau dan melakukan factory recovery. Keduanya bisa membuat laptopmu terasa seperti lebih cepat, karena kamu sudah membuang hal-hal yang ekstra (perangkat lunak) yang sudah ditambahkan. Kamu sekarang bisa memasang kembali…SELEKTIF… dan lebih berhati-hati, perhatikan kemana kamu pergi di internet, d.l.l… supaya menetapkan kecepatan baru laptop.


Ada kemungkinan untuk menggunakan laptop dan membuatnya tidak pernah melambat. Akan membutuhkan kedisiplinan, dan pengertian dengan yang terbaru, saat membahas tentang komputer, sesuatu bisa membuatnya melambat.

Terjawab 9 bulan lalu

Tambahkan RAM. Ini bukan satu - satunya solusi. Kamu bahkan mungkin tidak akan menyadari adanya peningkatan kecepatan kinerja (dan efisiensi laptop hp). Tapi hal ini akan memberi beberapa aplikasi dapat berjalan lebih cepat. Tapi menambahkan RAM hampir sama seperti menyuruh seseorang mengenakan baju yang lebih besar. Kamu akan punya lebih banyak ruang untuk bergerak. 


Upgrade prosesor. Ini biasanya dapat bekerja dengan baik, tapi tidak selalu bisa dilakukan. Selain itu, upgrade prosesor yang bisa kamu lakukan mungkin hanya akan meningkatkan sedikit kecepatan. Dalam hampir setiap kasus, sebuah prosesor laptop (atau komputer) berada dalam slot motherboard. Jadi kamu hanya bisa mengganti prosesor yang dirancang sesuai dengan slot tersebut.

Selain itu, kamu juga memiliki keterbatasan untuk mengganti prosesor yang sudah tertulis di BIOS komputer. Kalau perusahaan pembuat tidak memasukan dukungan untuk prosesor tertentu, maka hampir bisa dipastikan kamu tidak bisa menggunakan prosesor tersebut.

 

Biasanya kamu akan lebih sering mendapatkan batasan ini di laptop ketimbang di komputer. Contoh konkritnya adalah laptop dengan BIOS motherboard yang tidak mendukup prosesor yang diluncurkan setelah laptop tersebut dibuat. Kamu hanya bisa menggunakan model yang lebih baru dan mungkin lebih baik kalau perusahaan membuat menuliskan update BIOS untuk model laptopmu.


Perusahaan akan mendapatkan lebih banyak keuntungan kalau kamu membli laptop hp baru daripada kamu upgrade prosesor, karena itulah kamu jarang menemui update BIOS untuk laptop yang mendukup prosesor baru, seperti yang bisa kamu temui pada komputer desktop.


Menggunakan media penyimpanan yang lebih cepat. Gantilah hard drive 5400 RPM menjadi 7200 RPM atau bahkan 10,000 RPM atau gunakan SSD untuk mempercepat pertukaran dari dari dan ke hard disk. Kamu akan melihat proses booting menjadi lebih cepat karena latop mu bisa menbaca data dan memasukannya ke RAM lebih cepat karena kamu menggunakan hard drive yang lebih cepat. Hal ini tidak akan membuat kamu bisa menggunakan software yang tidak memenuhi kebutuhan sistem, tapi kamu bisa menjalankan aplikasi dengan lebih cepat. 


Mengganti sistem operasi.Tinggalkan versi Windows yang kamu gunakan saat ini dan gunakan sistem operasi yang bisa menjalankan aplikasi dengan lebih cepat. Misalnya, kamu bisa menggunakan Linux. Banyak diantaranya yang dibuat untuk sistem yang lebih tua atau sistem yang memiliki sumber yang ringan.. dan sistem operasi tersebut menawarkan pengalaman menggunakan komputer dengan lebih cepat dan menyenangkan dari sisi desktop grafis, sama seperti Windows. 

Kekurangannya? Dukungan software dan hardware. Kalau komputermu tidak bisa menjalankan Linux denag baik, kamu bisa mencoba versi lainnya, atau kamu akan menghabiskan banyak waktu untuk mengubah pengaturan, dll. Selain itu, kamu juga tidak bisa menggunakan aplikasi - aplikasi yang kamu gunakan sebelumnya. Kalau kamu banyak melakukan aktifitas di internet, kamu mungkin tidak akan mengalami masalah dalam menjalankan Google Chrome pada Linux Peppermint.. Tapi kalau kamu mau menggunakan Adobe Photoshop, kamu tidak bisa melakukannya. Bagaimanapun juga, kamu akan punya komputer yang jauh lebih cepat.


Kalau di antara saran di atas tidak ada yang cocok buat kamu, kamu bisa membersihkan sistem operasi Windows yang kamu gunakan saat ini. Atau bisa juga kamu back up semua datamu dan lakukan factory recovery. Hal tersebut akan membuat laptop hp mu berjalan lebih cepat karena kamu sudah menghapus aplikasi - aplikasi yang kamu install setelah membeli laptop. Setelah itu, kamu bisa install ulang aplikasi - aplikasi tersebut secara selektif. Selain itu, hati - hati juga saat sedang surfing di internet untuk menjaga kecepatan laptop hp mu. 


Kamu bisa saja menggunakan komputer tanpa kamu mengalami penurunan kecepatan saat menggunakannya. Tapi kamu harus disiplin. Selain itu kamu juga harus mengerti mengenai pembaharuan - pembaharuan yang dilakukan oleh komputermu yang mungkin saja akan memperlambat jalanya komputer.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang