Bagaimana cara membuat teka-teki silang?

Dilihat 333 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Apapun alasannya, apakah Anda mengerjakan teka-teki hanya untung senang-senang saja atau untuk mengasah ketrampilan kemudian dipublikasikan, alangkah baiknya apabila Anda tetap memperhatikan dan memahami petunjuk / aturan dalam pengisian teka-teki silang tersebut. Memainkan dan mengisi teka-teki silang merupakan suatu tantangan tersendiri karena petunjuk maupun kata kunci yang diberikan sangatlah samar. Petunjuk tersebut terkadang meliputi beberapa komponen, yaitu : grid (tempat pengisian) - pola kotak hitam dan putih - yang harus mengikuti standar teka-teki silang secara umum. Sebagai contoh, sebagian besar grid memiliki simetri diagonal, kotak-kotak yang belum diisi (yang hanya memiliki jawaban searah saja) merupakan misteri yang harus ditebak, dan tema dari teka-teki tersebut, terkadang dipilih suatu tema yang cukup menonjol.    

Contohnya, permainan kata-kata dalam teka-teki silang terkadang terdiri dari deretan huruf-huruf yang panjang dan susah ditebak. Namun, ada juga teka-teki silang yang tidak mempunyai tema, yang berkisar untuk menebak sekumpulan kata atau kalimat yang panjang. Pengisian  teka-teki yang tidak memiliki tema, merupakan tantangan terbesar dalam permainan ini, namun bisa jadi kata kunci terdiri dari kata atau kalimat yang sudah cukup terkenal tetapi kurang lazim, seperti : KIM KARDASHIAN, HELTER SKELTER, HASHTAG. Pada bagian lain mungkin terdiri dari kata-kata yang menarik namun cenderung terlalu sering digunakan : CARTON, BLUE, CEILING. Pada bagian bawah, mungkin adalah kumpulan kata yang pendek namun sangat jarang terdengar, dikenal dengan istilah crosswordese (teka-teki silang yang menggunakan kata-kata yang sulit,jarang dikenal): ETUI, EPEE, APSE. 

Banyak orang yang tidak menyukai crosswordese, namun hal itu adalah misteri yang menantang ; Anda akan merasa tertantang untuk menemukan jawaban dan menyelesaikan teka-teki silang ini. Kata-kata kunci yang diberikan akan membantu dalam menyelesaikan setiap tingkat kesulitan yang ditemui dalam teka-teki silang ini. Setiap kata kunci memiliki gaya tersendiri dan aturan tidak tertulis yang harus kita pahami, dan belajar untuk memahami serta menyesuaikan kata-kata kunci tersebut dengan tingkat kesulitan yang ditemui merupakan cara dan ketrampilan yang cerdas untuk menyelesaikan tantangan teka-teki silang ini. Jika Anda dapat menemukan salinan -nya, saya pribadi merekomendasikan untuk mencoba belajar menyelesaikan tantangan teka-teki silang dari Patrick Berry. 

Sebagian besar dari buku-bukunya didedikasikan untuk memberikan pengajaran atau  memberikan petunjuk dalam menyelesaikan teka-teki. Sumber buku yang lain yang dapat Anda cari adalah Puzzlecraft, dikarang oleh Mike Selinker dan Thomas Snyder. Puzzlecraft memberikan pengajaran tentang bagaimana berimajinasi dengan teka-teki yang diberikan, termasuk didalamya ada bagian yang mengajari bagaimana membangun teka-teki dengan kemampuan tangan sendiri (secara manual). Jika ingin belajar secara online, pastikan Anda membuka link  http://www.cruciverb.com, yang berisikan petunjuk, saran-saran dalam membangun suatu teka-teki. 

Jika Anda telah berhasil memahami aturan-aturan dasar, maka Anda akan siap untuk berlanjut ke tahap berikutnya. Anda dapat membuat/merancang teka-teki silang buatan Anda sendiri secara manual ( menggunakan tangan dan fikiran Anda ), namun saya sangat menyarankan agar Anda menggunakan salah satu software (perangkat lunak) yang memang telah tersedia / dirancang untuk pembuat (teka-teki ini). Pilihan favorit saya adalah Crossword Compiler. Pilihan lain yang bisa digunakan adalah CrossFire, Crossword Weaver, and Sympathy Crossword Construction, namun menurut pendapat saya pilihan terbaik tetaplah Crossword Compiler.

Program-program tersebut saat ini dapat menghasilkan teka-teki silang yang lengkap untuk Anda, namun ada perbedaan besar antara sesuatu (dalam hal ini teka-teki) yang dirancang secara manual dengan sesuatu yang dihasilkan melalui perangkat lunak (software). Sebagai contoh, Software tidak mengerti bahwa kata-kata seperti PROJECTILE VOMIT kurang familiar dan kurang sering digunakan, begitu pula dengan kata GLOMERULAR , bukanlah suatu kata yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari pada umumnya. 

Memecahkan suatu teka-teki semata-mata bertumpu hanya pada bantuan komputer bukan lah pengalaman yang menarik dan menyenangkan; tetap saja Anda akan membutuhkan sentuhan tangan manusia untuk memandu mesin. Jika Anda mempelajari seluk beluk tali temali, maka tidaklah jauh berbeda dengan tantangan teka-teki ini, dan jika Anda berfikir bahwa membuat suatu teka-teki silang adalah suatu hal yang dapat Anda jalani secara profesional, maka langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah mencari seorang pembimbing. 

Mencari pembimbing  memang merupakan hal yang sulit , biasanya mereka sibuk dan lebih tertarik untuk memecahkan sesuatu yang lebih menantang, memeras otak dan fikiran mereka untuk memecahkan kata-kata kunci yang memang sudah jelas, atau mereka sibuk mengasah ketrampilan untuk memecahkan teka-teki dalam turnamen-turnamen yang diadakan. Akan tetapi, jika  teka-teki yang Anda buat memang menjanjikan, berkualitas dan anda dapat menunjukkan kepada mereka kesungguhan yang mendalam untuk menjadi seorang constructor yang professional, maka kemungkinan besar mereka akan tertarik untuk membimbing Anda, mengajarkan ilmu/rahasia dalam teka-teki tersebut, bersedia dibayar dengan rendah (tidak terlalu tinggi) dan membimbing Anda untuk menjadi seorang cruciverbalist (seorang pencipta teka-teki silang) yang handal.

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang