Bagaimana cara mendapatkan tiket kereta tambahan 2017?

Dilihat 32 • Ditanyakan 6 hari lalu
Saya sering kehabisan tiket kereta saat lebaran. Bagaimana cara mendapatkan tiket untuk gerbong kereta tambahan untuk lebaran tahun ini?
1 Jawaban 1

Menjelang hari Lebaran, sudah pasti tiket-tiket transportasi umum akan ludes terjual, terutama tiket kereta api. Kereta api adalah transportasi yang paling diincar oleh pemudik, karena tak perlu merogoh kocek dalam untuk mendapatkan tiket di kelas ekonomi. Tiket dapat dipesan H-90 sebelum keberangkatan, hal ini cukup menyulitkan bagi yang tidak memperhatikan tanggal. Banyak pemudik yang mengeluhkan tiket kereta api Lebaran 2017 habis begitu dibuka pada pukul 00.00 WIB. Tak perlu khawatir tidak mendapat tiket, tiap tahunnya selalu disediakan tiket kereta api lebaran tambahan. Biasanya kebanyakan orang akan mengincar tiket keberangkatan di H-1 dan H-2. Saya akan memberi solusi kehabisan tiket kereta api Lebaran bagi anda yang belum paham. 


tiket kereta api lebaran tambahan


Pemudik masih bisa mencoba memesan tiket kereta api lebaran tambahan yang pemesanannya mulai dibuka H-60. 

Berikut daftar kereta tambahan Lebaran yang bisa dipesan pada H-60:


1. Kereta Argo Lawu (Gambir-Solo) 700 kursi

2. Argo Dwi Pangga (Gambir-Solo) 700 kursi

3. Taksaka Lebaran (Gambir-Yogyakarta) 700 kursi

4. Taksaka Tambahan (Yogjakarta-Gambir) 700 kursi

5. Argo Sindoro (Semarang Tawang-Gambir) 700 kursi

6. Argo Muria (Semarang Tawang-Gambir) 700 kursi

7. Gajayana Lebaran (Gambir-Malang) 700 kursi

8. Sembrani Lebaran (Gambir-Pasar Turi) 700 kursi

9. Purwojaya Lebaran (Gambir-Cilacap) 1.040 kursi

10. Lodaya Lebaran (Bandung-Solo) 964 kursi

11. Sancaka Lebaran (Yogyakarta-Surabaya Gubeng) 1.152 kursi

12. Tawang Jaya Lebaran (Pasar Senen-Semarang Poncol) 1.696 kursi

13. Pasundan Lebaran (Kiaracondong-Surabaya Gubeng) 1.368 kursi

14. Kutojaya Lebaran (Pasar Senen-Kutoarjo) 1.600 kursi

15. Kutojaya Tambahan (Pasar Senen-Kutoarjo) 1.696 kursi

16. Kutojaya Lebaran (Kiaracondong-Kutoarjo) 1.368 kursi

17. Matarmaja Lebaran (Pasar Senen-Malang) 1.792 kursi

18. Kertajaya Lebaran (Pasar Senen-Pasar Turi) 1.792 kursi

19. Brantas Lebaran (Pasar Senen-Blitar) 1.792 kursi



Cara Mendapatkan Tiket Kereta Api Lebaran Tambahan 2017


Ada beberapa hal yang telah saya rangkum menjadi sebuah solusi mendapatkan tiket kereta api Lebaran, di antaranya:

1. Gunakan laptop yang terhubung sinyal internet yang kuat dan stabil. Sinyal yang stabil bisa membuat anda lebih cepat mendapatkan tiket kereta.

2. Usahakan standby lebih awal yaitu sebelum pukul 00.00 WIB. Buka browser, lalu buka beberapa website pemesanan tiket KAI seperti, tiket.com, pegipegi, traveloka (sebaiknya lakukan pendaftaran akun terlebih dahulu di setiap website channel pemesanan tiket kereta api) atau situs resmi KAI. Namun, jika pada saat itu website tersebut tidak bisa digunakan, sebaiknya anda tunggu hingga satu jam. Kemungkinan server sibuk atau jadwal kereta yang ingin anda beli belum seluruhnya keluar.

3. Calon Penumpang juga bisa mencari alternatif tiket terusan. Contohnya, apabila penumpang ingin menuju ke Semarang, dapat memesan tiket dengan rute Stasiun Pasar Senen-Stasiun Tegal, kemudian meneruskan dengan kereta api rute Tegal-Semarang.

4. Jika ada website channel dapat dibuka, langsung lakukan pemesan terhadap kereta yang dituju.

5. Jika pemesanan sudah berhasil, segera lakukan pembayaran kode pembayaran tiket untuk menghindari pembatalan pemesanan. ATM, Kartu Kredit, Key untuk online banking, pastikan pulsa juga masih ada. Pembayaran adalah yang paling vital setelah berhasil booking tiket kereta api lebaran.

6. Cek berkala di situs penjualan atau contact center. Karena jika ada yang batal atau belum bayar setelah tiga jam maka tiket tersebut akan muncul kembali.

7. Pastikan anda mengetahui kapan tiket tambahan dijual, biasanya tiket tambahan tersebut akan muncul H-60 sebelum Lebaran.



Cara Pemesanan Tiket Kereta Api


Ada 3 cara untuk memesan tiket kereta api yang mempermudah calon penumpang, yakni :

1. Pemesanan tiket KAI Lewat Website resmi.


- Kunjungi Situs resmi PT. KAI.

- Setelah muncul website pemesanan PT KAI dan silakan melakukan booking tiket dengan memilih tanggal keberagnkatan. Kemudian pilih Stasiun Asal, dan Stasiun Tujuan. Untuk pemesanan tiket kereta api ekonomi dari Jakarta silakan masukkan nama Stasiun Pasar Senen, untuk Kelas Eksekutif silakan masukkan nama Stasiun Gambir. Untuk Bandung Kiaracondong dan Bandung, Cirebon dan Cirebon Prujakan, Semarang Poncol dan Semarang Tawang, Yogyakarta dan Lempuyangan, Purwosari dan Solobalapan, Surabaya Gubeng dan Surabaya Pasar Turi.

- Setelah itu, muncul nama kereta api, jadwal keberangkatan, dan status tiket tersedia atau sudah habis serta harga tiket yang tertera. Jika tersedia, maka ada tulisan booking.Lakukan booking tiket kereta api dan ikuti terus tahapannya dengan memasukkan nama anda/nama yang akan bepergian, nomor identitas berupa KTP/SIM/Paspor dan lain-lain.


           tiket kereta api lebaran tambahan


- Selanjutnya pilih metode pembayaran, jika pilih ATM maka tersedia pilihan bank yang sudah bekerja sama dengan PT KIA. Notifikasi pembayaran akan dikirim lewat Email yang anda tulis tadi. Pastikan email anda yang masih berfungsi. Jika kurang jelas bisa menghubungi contact center KAI 021-121. Bayarlah sesuai dengan yang tertera pada struk bookingan tadi.

- Sampai di sini anda sudah dapat jatah tiket kereta api walaupun masih dengan kode booking. Setelah mendapatkan kode booking anda bisa mencetak menjadi tiket fisik di mesin cetak tiket mandiri dan loket stasiun.

Booking tiket kereta api online bisa juga dari situs tiket.com/keretaapi, aplikasi android KAIAcces dan lain sebagainya. Intinya pemesanan tiket kereta api semakin dimudahkan metodenya.


2. Pemesanan Tiket Kereta Api Online di Mini Market


Nah, jika ingin mudah dan cepat silakan pesan tiket di mini market seperti Indomaret dan Alfamart. Anda tinggal menginfokan kereta yang di inginkan (ekonomi, bisnis, eksekutif) dan jurusan yang anda pilih. Jika cocok, tinggal bayar dan sudah mendapatkan kode booking dari struk pembelian di mini market tersebut. Setelah itu silakan cetak di mesin cetak mandiri.

3. Pemesanan Tiket KAI lewat loket Stasiun


- Bisa juga memesan tiket kereta api di loket stasiun, namun jam pemesanannya dibatasi mulai jam 09.00-16.00. Anda tinggal mengisi formulir pemesanan tiket KAI warna biru. Isi nama anda dan nama yang akan dibelikan tiket. Isi pula nomor identitasnya bisa berupa KTP/SIM/Kartu Pelajar. Untuk anak dibawah usia 10 tahun silakan tulis usianya.

- Di kolom nama kereta silakan anda tulis, namun jika tidak mengetahui silakan pilih stasiun asal dan stasiun tujuan, kelas ekonomi, tanggal keberangkatan dan jam keberangkatan. Infokan ke petugas loket jika mengisi formulir kurang lengkap, maka disuruh melengkapi terlebih dahulu. Jika tiket tersedia, maka anda sudah mendapatkan tiket kereta api yang akan digunakan untuk berpergian.


tiket kereta api lebaran tambahan

Begitulah beberapa tips mendapatkan tiket kereta tambahan Lebaran dan cara pemesanannya yang bisa saya jabarkan. Mendapatkan tiket kereta tambahan tidak terlalu susah seperti tiket-tiket kereta yang lain. Saingan untuk mendapatkannya sudah berkurang, bahkan ada beberapa kalangan yang tidak mengetahui adanya tiket kereta tambahan. Saran saya, jika anda tidak mendapatkan tiket kereta Lebaran yang anda incar, tak perlu risau karena anda tinggal menunggu tiket kereta tambahan itu muncul. Begitu pula denngan arus balik, pasti akan disediakan tiket kereta tambahan juga. Sebaiknya anda membeli tiket pulang-pergi untuk menghindari kehabisan tiket saat ingin pulang. Semoga jawaban saya dapat memberikan solusi kehabisan tiket kereta api lebaran tahun ini!


Terjawab 6 hari lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang