Bagaimana cara mengatasi ketombe secara alami?

Dilihat 538 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Ketombe adalah hasil dari kulit kepala kering, atau kondisi kulit yang dikenal sebagai Seborrheic dermatitis . Bisa disebabkan karena eksim, psoriasis, atau, tumbuhnya jamur seperti ragi, yang sangat sering disebut malassezia.


Seborrheic dermatitis atau ketomba umumnya muncul di:

Di muka, khususnya sekitar hidung, kelopak mata, atau belakang telinga.

Bisa muncul di tubuh juga

Di tengah dada

Di sekitar pusar

Di pantat

Di lipatan kulit khususnya belakang kaki dan tangan

Di pangkal paha

Di bawah payudara

Ketombe juga berujung kepada rambut rontok dan nantinya botak. Kedua jenis kelamin bisa terefek oleh kebotakan yang mana mereka mencari berbegai perawatan terdiri dari oral, aplikasi lokal medis, dan akhirnya operasi transplantasi rambut, prosedur yang paling saintifik, berguna, dan memuaskan.


Beberapa tahun lalu, perawatan transplantasi rambut biasanya dilakukan oleh doktee dan membuatnya mahal. Tetapi, karena kemajuan dilakukan di bidang sains dan teknologi transplantasi rambut di India, banyak klinik mulai memakai teknologi baru ini;yang mana, telah menurunkan harga transplantasi rambut secara substansial di Kolkata dan India keseluruhannya.


Pengobatan di toko obat kebanyakan termasuk shampoo dengan zinc pyrithi one, yang menargetkan jamur dan bakteri; ketoconazole, yang juga menyerang jamur; dan asam salisilat, yang membuat serpihan menjadi kendur dan bisa dicuci.


Obat alami sebagai berikut:


Aspirin:

Aspirin mengandung komposisi aktif yang sama (asam saliliat) sebagaimana yang ada di shampoo ketombe yang dimedikasikan. Kamu bisa menjaga serpihan kulit tidak ada dengan menghancurkan dua aspirin menjadi bubuk dan masukkan ke sedikit shampoo yang dipakai setiap kali keramas. Tinggalkan campurannya di rambut untuk beberapa menit, lalu bilas dan cuci lagi dengan shampoo lain


Minyak pohon teh

Studi menunjukkan dengan 5% minyak pohon teh secara signifikan mengurangi ketombe. Menambahkan beberapa tetes minyak pohon teh ke shampoo favorit akan menaikkan efeknya.

Soda kue

Dapur juga memegang kunci bebas gatal, bebas kulit kepala kering. Basahkan rambut lalu oleskan baking soda ke kulit kepala. Tidak perlu shampoan dan langsung bilas. Baking soda mengurangi keaktivan jamur yang menyebabkan ketombe. Rambut mungkin akan kering pertama-tama, tapi setelah beberapa minggu kemudian kulit kepala akan mulai memroduksi minyak alami yang akan membuat rambut jadi lembut dan bebas serpihan.

Cuka sari apel

Cuka sari apel ternyata perawatan ketombe yang efektid, sebagaimana keasaman cuka sari apel merubah pH dari kulit kepala, membuatnya lebih susah untuk ditumbuhi jamur. Campurkan seperempat cangkir cuka sari apel dengan seperempat cangkir air di botol semprot dan semprotkan ke kulit kepala. Bungkus rambut dengan handuk dan biarkan 15 menit sampai sejam, lalu cuci rambut seperti biasa Lakukan ini dua kali seminggu akan pastinya memberikan hasil.


Pencuci mulut

Untuk mengobati ketombe parah, cuci rambut dengan shampoo biasa, lalu bilas dengan pencuci mulut berbasis alkohol. Diikuti dengan kondisioner biasa. Sifat anti jamur pencuci mulut akan membantu mencegah jamur penumbuh keombe tumbuh.

Kelapa

Minyak kelapa adalah perawatan ketombe yang sudah dicoba dan dites, dan berbau harum juga. Sebelumm keramas, oleskan 3-5sdm minyak kelapa ke kulit kepala dan pijat dan biarkan sekitar sejam.

Lemon

Oleskan dan pijat 2sdm jus lemon ke kulit kepala dan bilas dengan air. Lalu aduk 1sdt jus lemon ke 1 cangkir air dan bilas rambut dengan itu. Ulangi ini setiap hari dan akan membuat ketombe hilang. Keasaman lemon membantu menetralkan pH dari kulit kepala, yang membantu mencegah ketombe.

Garam

Sifat abrasif alami dari garam bekerja dengan baik untuk menghilangkan ketombe sebelum shampoo. Oleskan beberapa garam ke kulit kepala kering, pijat. Kulit yang kering akan keluar dan tinggal dicuci.

Lidah buaya

Tidak butuh menggaruk, pijat lidah buaya ke kulit kepala sebelum keramas. Efek dingin akan membuat kepala tidak gatal.


Bawang putih

Sifat anti mikrobakteria dari bawang putih sempurna untuk mengeliminasi bakteri penyebab ketombe. Hancurkan bawang putih dan oleskan ke kulit kepalaa. Untuk menghindari bau, campurkan bawang putih yang hancur dengan madu dan pijat ke kulit kepala ssebelum mencuci seperti biasa.

Minyak zaitun

Rendam minyak zaitun semalaman adalah metode terkenal untuk mengatasi ketombe. Pijatkan sekitar 10 tetes ke kulit kepala dan tutupi dengan showercap semalaman. Ikuti rutinitas keramas di pagi hari. Untuk pengobatan yang lebih cepat, shampoo yang engandung minyak zaitun bisa jadi pilihan.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang