Bagaimana cara mengatasi sinusitis kronis yang saya alami? Saya tidak bisa tidur karena penyakit ini.

Dilihat 281 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan pada dinding sinus. Sinusitis  dikategorikan sebagai kondisi kronik, namun sebenarnya  sangat mudah dikontrol dan dicegah. Ratusan kasus sinustis dapat disembuhkan dengan perubahan gaya hidup. Sinusitis termasuk penyakit umum yang dapat menjangkiti orang-orang pada segala umur.



Sinus adalah rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi.  Sinus merupakan rongga-rongga yang sejajar dengan jaringan berwarna merah mudah yang disebut sebagai mukosa. Sinus terdiri dari ruangan-ruangan kecil yang saling berhubungan melalui saluran udara di dalam tulang tengkorak. Terdapat empat pasang sinus di dalam kerangka kepala manusia yaitu di belakang dahi, di kedua sisi dari batang hidung, di belakang mata, serta di belakang tulang pipi. Lendir atau mukus yang dihasilkan oleh sinus berfungsi membantu mengendalikan suhu dan kelembapan udara yang masuk ke paru-paru. Lendir ini mengalir ke hidung melalui saluran-saluran kecil. Saluran ini bisa terhalang jika sinus terinfeksi atau mengalami peradangan.  Sinus yang sehat selalu memiliki lapisan mukus yang tipis yang diproduksi secara konstan. Mukus  berfungsi sebagai penyaring udara, mencegah beberapa bakteri masuk dan juga melembabkan udara. Lapisan mukus ini seharusnya selalu tetap berupa lapisan tipis.

Beberapa tipe sinusitis berdasarkan lamanya perjalanan penyakit, antara lain: sinusitis akut, sinusitis subakut, sinusitis kronis, sinusitis kambuhan. Penderita sinusis akut yang tidak diobati dengan benar akan mengalami komplikasi, yaitu sinusitis kronis. Bila sinusitis kronis tidak juga ditangani dengan baik, maka juga akan terjadi komplikasi antara lain :  jika infeksi menyebar ke dinding otak, dapat menyebabkan meningitis, kerusakan indera penciuman sebagian atau seluruhnya, masalah dalam penglihatan, seperti berkurangnya penglihatan atau bahkan kebutaan serta memicu munculnya infeksi kulit atau tulang.

Sinusitis biasanya terlihat pada orang-orang yang bekerja dilingkungan dingin atau ber A/C, pekerjaan yang melibatkan aktivitas fisik yang sangat kurang, tidak berolahraga dan minum sedikit air. Dalam semua kasus seperti itu, pernafasan yang sangat lambat mengarah ke sekresi mukus yang lebih dan lebih yang akhirnya menjadi tebal. Mukus akan tetap bersekresi, tapi jumlah mukus yang berevaporasi semakin berkurang. Saat mukus semakin  tebal, mukus akan terkena polusi dan terjangkit  bakteri. Untuk melindungi kita dari infeksi ini, tubuh kita memproduksi mukus lebih dan memberika kita signal untuk melepaskannya melewati lubang hidung.

Nah untuk mengetaui penyebab, gejala serta cara mengobati sinusitis, mari simak terus artikel berikut... Artikel di bawah ini dapat anda jadikan sebagai bahan referensi yang mungkin akan bermanfaar bagi anda serta keluarga.


Penyebab Sinusitis

Penyebab sinusitis  yang paling umum pada orang dewasa adalah karena pembengkakan dinding dalam hidung. Kondisi ini sering kali disebabkan oleh virus flu atau pilek yang disebarkan sinus dari saluran pernapasan atas. Faktor pemicu sinusitis pada orang dewasa selain infeksi virus adalah infeksi jamur, infeksi gigi, serta kebiasaan merokok. Biasanya setelah terjadi pilek atau flu, infeksi bakteri sekunder bisa terjadi. Ini akan menyebabkan dinding dari sinus mengalami peradangan atau inflamasi. Pada anak-anak sinusitis disebabkan oleh alergi, tertular penyakit dari anak-anak lain di sekitarnya, kebiasaan menggunakan dot ataupun minum dari botol dalam keadaan berbaring, dan tinggal di lingkungan yang penuh asap. 


Gejala Sinusitis

Berikut ini adalah beberapa gejala sinusitis yang perlu anda waspadai, antara lain :

  • Sakit pada wajah dan dahi


Gejala yang paling sering ditemukan pada kasus sinusitis yaitu rasa sakit atau nyeri yang terjadi di sekitar wajah di tempat sinus yang meradang itu berada, yaitu tepat di daerah dahi, antar mata, kedua sisi hidung, belakang hidung, bagian rahang atas depan, gigi rahang atas, nyeri di puncak kepala, nyeri di belakang mata atau di sepanjang tengkuk.


  • Lendir atau Ingus 

Pada tahap awal, tanda sinusitis berupa keluarnya ingus atau lendir yang berwarna kuning atau hijau dan mengeluarkan bau yang tajam. Namun ingus juga dapat mengalir ke bagian belakang ke arah tenggorokan sehingga bagian tenggorokan akan terasa gatal dan menyebabkan rasa tidak nyaman. Dan inilah yang disebut dengan postnasal drip.


  • Hidung tersumbat

Pada saat yang bersamaan dengan keluarnya lendir atau ingus, maka gejala sinusitis juga akan mengalami hidung tersumbat, yang disebabkan oleh infeksi atau peradangan. Hal ini  akan menyebabkan  pembengkakan pada sinus dan bagian hidung dalam, Akibat dari hal tersebut, maka dapat disertai dengan berkurangnya kepekaan penciuman dan perasa.


  • Sakit Kepala

Sakit kepala yang terjadi secara terus-menerus dapat terjadi di bagian seluruh tengkorak. Rasa sakit tersebut dapat menyebabkan rasa  pada tempat-tempat yang mungkin tak terduga, seperti mengalami sakit  di daerah telinga, nyeri pada bagian rahang dan pipi dan juga sakit gigi. Sakit kepala yang diakibatkan oleh sinus kerap kali memberat pada pagi hari karena cairan yang sudah mengumpul di sepanjang malam.


  • Batuk

Batuk merupakan gejala yang terjadi akibat dari ingus atau lendir yang mengalir ke bagian belakang tenggorokan, tentunya  hal tersebut dapat menyebabkan timbulnya iritasi,  sehingga dapat menyebabkan terjadinya batuk secara terus menerus dan sangat menjengkelkan karena batuk tersebut lebih cenderung terjadi pada malam hari, yang membuat penderitanya mengalami kesulitan tidur. Gejala  batuk ini dapat diatasi dengan posisi tidur setengan duduk di mana keadaan kepala lebih tegak sehingga  dapat membantu megurangi frekuensi batuk yang terjadi.


  • Sakit tenggorokan

Gejala sinusitis berupa postnasal drip dapat menyebabkan tenggorokan menjadi sakit dan meradang. Meskipun mungkin pada awalnya hanya akan terasa gatal, namun jika hal tersebut berlangsung lebih dari satu minggu minggu dapat menyebabkan iritasi sehingga akan membuat tenggorokan meradang atau sakit.


Cara mengobati penyakit sinusitis


  •  Menghirup uap panas 

Minyak kayu putih mengandung bahan minyak esensial yang sangat berkhasiat sebagai salah satu cara mengobati sinusitis. Anda dapat mencoba cara perawatan sinusitis di rumah dengan cara yang mudah ini.  Anda dapat melakukan tehnik uap dengan menguap hidung secara langsung menghadap ke air panas. Cara ini akan membantu mengalirkan cairan dalam hidung.

Masukkan air panas atau air hangat yang masih mengeluarkan banyak uap ke dalam sebuah mangkung. Kemudian berikan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air. Uap yang dikeluarkan akan mengandung minyak esensial tersebut. Tempatkan hidung menghadap ke uap dan biarkan cairan atau lendir keluar dari hidung secara alami. Hindari mengeluarkan cairan dengan cara memaksa, mendorong lewat hidung. Jika Anda mengeluarkan lendir secara paksa maka bisa melukai bagian lapisan dalam hidung.


  • Mengompres dahi dan  hidung dengan air hangat

Sinusitis yang berat dapat menyebabkan aliran cairan dalam hidung terhambat. Keadaan ini dapat menyebabkan sakit kepala yang buruk. Untuk mengatasi hal ini anda dapat mencoba mengompres hidung dengan air hangat. Anda bisa menuangkan air panas ke dalam mangkuk atau panci kecil. Kemudian ambil handuk atau kain yang lembut dan rendam dalam air hangat. Setelah itu angkat dan letakkan pada bagian antara hidung dan dahi.


  • Banyak mengonsumsi air putih


Minum banyak air mineral akan membantu mengatasi dehidrasi. Cara ini dapat membuat bagian dalam hidung menjadi lebih lembab sehingga tidak terlalu kering. Anda dapat mencoba minum air hangat atau air biasa, dan hindari air es. Minum banyak cairan juga dapat menggantikan cairan yang sudah keluar, menurunkan demam dan meningkatkan kekebalan tubuh. Minum banyak air juga akan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh yang akan keluar dalam bentuk urin.


  • Jus stroberi


Anda juga dapat membuat jus stroberi segar yang tidak menggunakan gula tambahan. Buah stroberi sangat bagus untuk cara mengobati sinusitis secara alami. Stroberi mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mengatasi peradangan yang buruk akibat sinusitis. Cara terbaik untuk membuat jus stroberi adalah dengan mencampur stroberi yang masih segar. Jangan menggunakan air atau gula sebagai tambahan. Jika Anda merasa sangat asam maka tambahkan madu untuk memberikan rasa yang sedikit manis.


  • Air jahe

Cara mengobati sinusitis selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi air jahe. Jahe merupakan salah satu bahan alami yang dipercaya dapat membantu menyembuhkan sinusitis. Jahe mengandung bahan anti peradangan alami yang sangat baik menyembuhkan peradangan pada sinusitis.  Campurkan satu ruas jari jahe  yang masih segar ke dalam dua gelas air mineral. Kemudian rebus hingga mendidih dan menyisakan satu gelas saja. Tambahkan satu sendok madu murni ketika masih hangat dan segera diminum. Jahe akan membantu mengurangi efek peradangan dan mengeluarkan cairan dari dalam tubuh. Bahkan jahe bisa mengurangi efek sinusitis yang cukup buruk.


  • Obat tetes hidung steroid

Penggunaan obat tetes hidung yang mengandung steroid juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sinusitis. Namun obat ini biasanya hanya diberikan oleh dokter yang sudah memeriksa kondisi sinusitis dan fisik pasien. Obat ini bekerja untuk mengurangi peradangan pada bagian rongga sinus dan mencegah agar infeksi tidak menyebar ke bagian pernafasan yang lain. Obat ini biasanya disempotkan secara langsung ke bagian hidung. Obat akan mengurangi pembengkakan dan mengatasi rasa tidak nyaman pada hidung dan tenggorokan. Namun obat ini juga bisa menyebabkan efek samping seperti mimisan, hidung yang terlalu kering, sakit tenggorokan dan rasa tidak nyaman saat bernafas.


  • Mengonsumsi makanan pedas

      


Semua jenis makanan yang pedas dan mengandung rempah-rempah sangat disarankan dikonsumsi ketika sinusitis kambuh. Anda dapat memasukkan beberapa jenis bumbu yang mengandung rempah seperti cabai, lada, lobak, wasabi dan paprika. Beberapa jenis bumbu yang pedas ini mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan vitamin C akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu makanan yang pedas akan membantu mengeluarkan cairan dalam hidung. Cairan dalam hidung yang sudah menumpuk dan menyebabkan infeksi dari bakteri dan virus bisa keluar secara alami. Konsumsi makanan pedas saat masih panas bisa menyembuhkan sinusitis secara alami namun bahaya makanan pedas terlalu banyak juga akan mengganggu sistem pencernaan.


  • Menghindari teh, kopi, alkohol dan susu


Ketika sinusitis menjadi sangat parah maka hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein dan alkohol. Minuman seperti teh, kopi dan alkohol hanya akan membuat kondisi tubuh anda menjadi lebih buruk. Kafein akan menghambat penyerapan nutrisi dalam tubuh dan membuat kekebalan tubuh menurun dengan cepat. Sementara semua minuman yang mengandung alkohol akan membuat tubuh Anda menjadi kurang sehat. Minuman ini harus dihindari selama sinusitis atau tidak minum alkohol sama sekali untuk seterusnya. Anda bisa minum kopi atau teh setelah sinusitis sembuh.

Banyak orang yang mengira bahwa susu akan membantu meningkatkan energi dan kekebalan tubuh. Tapi minum susu saat sinusitis sebaiknya memang dihindari karena bisa membuat peradangan sulit untuk disembuhkan. Terlebih untuk penderita sinusitis yang menderita alergi terhadap bahan gluten dalam susu. Gula dan gluten dalam susu bisa menyebabkan infeksi yang membahayakan sinusitis. Karena itu sebaiknya susu tidak diminum terlebih dahulu.


  • Pemberian obat antibiotik


Pemberian obat-obatan yang termasuk dalam golongan antibiotik juga dapat digunakan  sebagai cara mengobati penyakit ini. Namun sebaiknya antibiotik hanya bisa diberikan oleh dokter karena antibiotik bisa menyebabkan efek samping. Beberapa jenis obat yang termasuk dalam antibiotik untuk sinusitis dapat mengatasi demam, hidung tersumbat, sakit kepala, rasa tidak nyaman dan membunuh bakteri yang terdapat pada bagian rongga sinus. Beberapa jenis yang paling sering digunakan termasuk seperti golongan amoxicilin dan trimethoprim-sulfamethoxazole. Pemberian selain kedua jenis obat ini bisa diberikan jika penderita resistan terhadap antibiotik. Obat antibiotik dapat memberikan beberapa efek samping, seperti mulut yang terasa sangat kering, tidak nyaman pada hidung, tenggorokan terasa sakit dan badan terasa sangat ringan.


  • Tindakan operasi

Operasi yang digunakan untuk mengobati sinusitis harus dilakukan berdasarkan pemeriksaan dokter. Dokter akan membuat keputusan sesuai dengan kondisi sinusitis yang diderita. Beberapa operasi tidak untuk menyembuhkan sinusitis secara langsung tapi untuk menghilangkan penyebab sinusitis itu sendiri. Beberapa jenis operasi yang biasanya dilakukan adalah seperti endoskopi dan pengangkatan jaringan seperti polip


  • Terapi suntikan imunoterapi


Orang yang menderita sinusitis akibat alergi juga bisa menerima perawatan dokter dengan pemberikan terapi suntikan imunoterapi. Obat yang dimasukkan ke dalam tubuh adalah jenis obat untuk melawan penyebab alergi yang masuk ke dalam tubuh. Obat ini biasanya akan melawan penyebab alergi dan membuat sinusitis tidak muncul kembali. Perawatan ini harus dilakukan selama beberapa kali dan bisa dalam tahap jangka panjang. Perawatan dapat membuat penderita sembuh karena dapat melawan penyebab alergi. Namun perawatan ini juga dapat menyebabkan efek samping seperti tubuh yang mudah lemah dan terasa sangat lelah.

Sinusitis memang penyakit yang sulit untuk disembuhkan, karena lebih sering kambuh. Namun bukan tidak mungkin anda bisa sembuh dari sinusitis secara total. Menjaga kesehatan, kebersihan diri sendiri maupun lingkungan.menjadi salah satu kunci utama agar sinusitis tidak kambuh.

Herba, antibiotik atau operasi bukanlah solusi permanen untuk menyembuhkan sinusitis. Bahkan setelah sepuluh operasi, anda kemungkinan  masih harus melakukan operasi ke-11. Anda harus mencoba membunuh masalahnya, dan bukan penyebabnya. Coba lebih memahami lagi fungsi dari sinus sehingga  akan lebih mudah bagi anda untuk menemukan solusinya. Salah satu cara untuk mencegah agar sinusitis tidak kambuh dan benar-benar sembuh adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah seperti:

  • Melakukan gerakan atau olahraga ringan secara rutin paling tidak setiap 15 menit setiap hari.
  • Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C dan zat antioksidan seperti sayuran hijau dan buah-buahan.
  • Menjaga kebersihkan tubuh dan makanan dengan cara mencuci tangan sebelum dan setelah makan, atau ketika setelah bersentuhan dengan orang lain.
  • Menggunakan masker untuk mengurangi potensi sumber penyakit yang masuk lewat saluran pernapasan 
  • Minum cukup air mineral agar tubuh menjadi lebih sehat.
  • Menjaga kebersihan rumah, ruang tidur atau tempat kerja terutama dari potensi debu dan udara yang sangat lembab.

Sinusitis kecil kemungkinan menyerang  orang yang memiliki aktivitas fisik  tinggi atau orang yang berolahraga secara rutin dan minum banyak air. Gaya hidup sehat sangat membantu anda untuk mengontrol sinusitis dan akhirnya dapat menyingkirkan sinus sepenuhnya.



Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang