Bagaimana cara mengendalikan tekanan darah tinggi melalui makanan?

Dilihat 226 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Makanan merupakan hal yang penting tapi bukan satu - satunya cara untuk mengendalikan tekanan tekanan darah tinggi. Sebagian orang dapat memperbaiki tekanan darahnya ke tingkat yang sehat (biasanya sekitar 120/80) hanya dengan melakukan perubahan pola makan, tapi sebagian lainnya membutuhkan obat - obatan untuk mengendalikan tekanan darah tinggi.


Ada tiga hal yang dapat mengubah tekanan darahmu, yaitu:

  • Jumlah darah dalam tubuh
  • Ukuran dari pembuluh darah
  • Tekanan yang diberikan oleh jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh

Makanan yang kamu konsumsi memiliki pengaruh pada poin pertama, yaitu jumlah darah yang ada dalam tubuh. Misalnya, mengkonsumsi banyak garam dapat meningkatkan tekanan darahmu. Kenapa bisa begitu? Garam menarik banyak air ke dalam darah untuk mengencerkannya. Hal ini berarti bahwa jumlah darah akan semakin banyak dan tekanan darah akan meningkat. 


Cara sederhana untuk menurunkan tekanan darah adalag dengan mengkonsumsi makanan segar. Makanan segar biasanya mengandung lebih sedikit garam dibanding makan yang sudah diproses dan hal ini dapat membantu menurunkan tekanan darah. Masaklah makananmu sendiri di rumah dan gunakan rempah - rempah untuk memberi rasa ketimbang garam. 


Minum banyak air putih akan membantu dalam menyingkirkan garam yang ada dalam tubuh dan menuruhkan jumlah darah serta tekanan darah. Kalau kamu memiliki tekanan darah yang agak tinggi, maka akan sangat baik kalau kamu mulai melakukan perubahan pola makan.


Berolahragalah secara teratur walaupun hanya berjalan kaki selama setengah jam setiap hari. Doktermu juga bisa membantu dalam memberikan solusi yang terbaik. Kalau tekanan darahmu tinggi, kamu mungkin membutuhkan obat - obatan untuk membantu mengurangi resiko terjadinya serangan jantung atau stroke. Tapi jika kamu melakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat, kamu bisa berhentik mengkonsumsi obat - obatan tersebut.

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang