Bagaimana cara mengetahui bahwa sepatu Nike itu asli (original) atau palsu?

Dilihat 565 • Ditanyakan 11 bulan lalu
1 Jawaban 1



Salah satu merk sepatu olahraga yang mendunia adalah Nike.  Siapa yang tidak kenal dengan merk yang satu ini. Seperti kita ketahui bahwa merk ini merupakan salah satu merk sepatu olahraga yang terbaik saat ini . Merk Nike ini tentu sangat familiar bagi pecinta olahraga.  Selain kualitasnya yang awet, model sepatu Nike juga terkenal dengan desainnya yang sporty sesuai kategori khusus. Terdapat beberapa kategori khusus seperti, sepatu running, sepatu futsal, sepatu bola, sepatu lifestyle dan kategori lainnya. Model sepatu Nike dengan desain yang elegan, teknologi canggih yang disematkan dan juga strategi branding yang menawan merupakan beberapa alasan yang menjadikan sepatu ini sangat popular hingga kini.


Namun sayangnya sepatu Nike original merupakan salah satu merk yang banyak dipalsukan. Jika tidak berhati-hati, maka bisa saja sepatu yang kita gunakan merupakan produk palsu. Hal tersebut membuat para konsumen perlu untuk berhati-hati dalam membeli sepatu tersebut. Karena kualitas antara sepatu Nike yang asli dengan yang palsu tentu sangat berbeda.  Sepatu Nike original memang dikhususkan bagi orang yang mendambakan kualitas, sehingga peminatnya biasanya memang orang menengah ke atas. Dengan kualitas yang tinggi maka wajar jika harganya pun juga mahal, hal ini yang membuat sebagian orang terkendala dengan harga yang dibanderolnya.


Nah, oleh karena hal itu, kita sebagai konsumen juga mesti tahu bagaimana cara membedakan sepatu Nike asli dan palsu dengan baik, karena sampai saat ini sudah cukup sulit membedakannya, terlebih dengan banyaknya produksi kualitas premium yang hampir mendekati kualitas original dengan perbedaan harga tidak terlalu terpaut signifikan. Jadi bagaimana cara membedakan sepatu Nike original dengan sepatu Nike yang palsu tersebut? Penasaran kan? Yuk baca terus uraiannya lebih jauh di bawah ini:



Grade Ori VS Replika

Dengan banyaknya sepatu yang dibuat oleh merk-merk terkenal, maka kontrol yang diimplementasikan ketika sedang dalam tahap pembuatan diawasi dengan sangat ketat - namun dengan begitu tetap saja pelaksanaan pengontrolan ini merupakan sebuah tantangan yang besar. Tantangan tersebut adalah diproduksinya sepatu-sepatu palsu yang menjadi masalah utama untuk semua merk ternama, hal itu sangat memotong reputasi mereka dalam membuat sepatu terbaik untuk konsumen di pasaran.

Berkaitan dengan di produksinya barang-barang tersebut secara masal di negara-negara Asia, maka perbedaan antara sepatu yang asli dan yang palsu semakin sulit untuk ditemukan (kecuali jika benar-benar terlihat jelas), dan hal itu bisa dikaitkan dengan alasan dibawah ini:


  • Sepatu Grade Ori

Ketika sebuah merk terkenal memesan dari pabrik -(harap dicatat bahwa tidak semua merk-merk sepatu terkenal mempunyai pabrik sendiri tetapi biasanya mereka bekerja sama dengan perusahaan yang terpisah, istilah tersebut dikenal sebagai OEM atau Original Equipment Manufacturer, yaitu perusahaan yang membuat produk untuk pihak lain untuk dikemas ulang dan jual)-, katakanlah untuk 10.000 pasang sepatu, maka secara umum sebuah pabrik tersebut harus membuat lebih dari 10.000 pasang, yang mana untuk meyakinkan bahwa sepatu-sepatu yang akan dikirim ke merk ternama tersebut memenuhi standar (Quality Control) mereka. Jadi, mengirimkan 10.000 pasang sepatu artinya membuat ekstra lebih dari jumlah tersebut, karena jarang sebuah pabrik bisa membuat 10.000 pasang sepatu yang sempurna dalam sekali produksi. 

Jadi itu berarti, kelebihan sepatu yang dibuat tersebut akhirnya dijual -baik disengaja ataupun tidak- oleh merk ternama tersebut kepada pengecer pihak ketiga. Ketika dijual kepada pihak ketiga, beberapa diantaranya mungkin berakhir di factory outlet di seluruh dunia, namun ada juga diantaranya yang dijual di pasar tertentu, yang ditentukan oleh pihak yang berwenang untuk menjualnya sebagai “Grade Ori”. Yang artinya, meskipun tidak “palsu” dalam arti yang sebenarnya, namun mutunya sedikit lebih rendah dibandingkan sepatu yang benar-benar memenuhi standar (Quality Control) yang telah ditetapkan.


  • Sepatu-sepatu Replika

Di China yang merupakan basis produksi terbesar Nike selain memproduksi Nike original mereka juga banyak sekali memproduksi sepatu Nike kelas replika (palsu).   Biasanya, hal yang paling sulit untuk ditiru untuk membuat sepatu-sepatu replika (palsu) adalah sol sepatunya. Sol dalam dan sol luar dari sepatu asli yang anda gunakan sekarang, memiliki bentuk yang sangat spesifik untuk setiap merk tertentu –hal itu merupakan suatu invetasi jangka panjang dari proses dari pengembangan dan desain-. Mereka biasanya terbuat dari cetakan khusus dimana dapat membuat bentuk yang sangat spesifik dari tiap-tiap sepatu, namun cetakan ini memiliki tanggal kadaluarsa - mereka tidak dapat digunakan selamanya, dan pada satu titik, mereka akan pensiun atau “rusak” sehingga tidak dapat digunakan lagi.

Para pembuat sepatu replika – mungkin mendapatkan akses untuk membeli atau “meminjam” cetakan tersebut untuk mereka gunakan sendiri. Dengan membuat bagian yang paling penting dari sepatu agar mudah diakses (dengan harga yang sangat rendah), maka sangatlah mungkin sepatu replika bisa memasuki pasar.




Ciri-ciri Sepatu Nike Original

Para konsumen mungkin akan kesulitan dalam membedakan antara sepatu nike yang asli dan yang palsu. Sepatu palsu dibuat dengan biaya serendah mungkin, dan berusaha untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi. Tidak ada perusahaan yang benar-benar mencoba membuat model sepatu agar benar-benar sama 100 persen dengan aslinya, karena biaya melakukan hal itu akan sangat besar dibandingkan keuntungan yang akan dia peroleh. Biasanya model sepatu Nike yang paling komersial, yang hampir semua orang tahu yang akan ditiru dan dijual ke konsumen. Berikut cara membedakan sepatu Nike asli dan palsu:

  • Semua sepatu original yang di import oleh PT. Nike pasti memiliki box (dus) , berbeda dengan sepatu palsu yang biasanya tidak disertakan dus. Setiap dus Nike tidak memiliki bentuk dan warna yang sama, namun dus sepatu original pasti memiliki detail stiker berupa kode SKU, stiker Importer dan petunjuk penggunaan & Perawatan, dan memiliki cap quality control. Bila dus sepatu yang anda beli tidak sesuai deskripsi tersebut anda perlu mencurigainya.
  • Selain itu stiker SKU pada dus harus sesuai dengan tag ukuran pada sepatu (biasanya terdapat pada lidah sepatu atau di dalam sepatu bagian samping. Bila didapati kode SKU pada sepatu berbeda pada dus/box anda harus mencurigainya.
  • Sepatu Nike asli sole-nya terbuat dari karet berkualitas (BRS 1000 rubber). Kita dapat menggunakan indra penciuman kita. Sepatu ori akan berbau seperti karet, namun sepatu palsu akan memiliki bau seperti lem dan keras seperti plastik.
  • Sepatu original akan memiliki insole (sol dalam). Biasanya insole pada sepatu Nike dapat kita lepas untuk dibersihkan. Pada sepatu original insole terbuat dari karet dan dibagian atasnya tempat kaki kita berpijak akan terbuat dari kain yang bahannya sangat halus. Berbeda dengan sepatu palsu, insole pada sepatu original akan dibuat dengan sangat mendetail. Biasanya akan terdapat stiker Nike pada insole bagian kiri.
  • Jahitan pada sepatu original lebih rapih dan lebih rapat dibandingkan dengan sepatu palsu. Namun bagi beberapa orang mungkin akan mengalami kesulitan untuk membedakan jahitan yang original dengan yang palsu tanpa membandingkannya secara langsung.
  • Sepatu original memiliki harga yang relatif mahal dan setiap model sepatu Nike memiliki harga yang bervariasi. Berbeda dengan sepatu palsu yang biasanya memukul rata harga pada setiap model sepatu.
  • Pada bagian upper sepatu original akan memiliki bahan yang kuat serta lebih lembut. Selain itu juga sepatu original akan lebih nyaman karena menggunakan teknologi yang dirancang untuk kenyamanan kaki. Berbeda dengan sepatu palsu yang hanya mementingkan penampilan luar tanpa memperhatikan kualitas.  



Nah, itulah artikel mengenai  sepatu nike original. Intinya, untuk menghindari sepatu Nike palsu ataupun merk palsu lainnya, maka belilah sepatu-sepatu tersebut di tempat-tempat yang terpercaya di kota anda.  Dengan begitu, akan mudah bagi anda untuk menemukan sepatu-sepatu yang asli daripada yang palsu. Kecuali jika anda mebutuhkan sepatu kets atau olahraga hanya untuk mendapatkan pujian atas penampilan/gaya anda. (Baca: Bagaimana cara mengetahui sepatu Nike tersebut berukuran lebar (wide size)?)

Terjawab 10 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang