Bagaimana cara menggunakan mesin eliptikal yang benar? Apa yang harus saya perhatikan? Apakah tumit saya tidak menempel pada pedal?

Dilihat 425 • Ditanyakan 12 bulan lalu
1 Jawaban 1

Yang saya ketahui bahwa pemakaian elliptical trainer biasanya lebih aman untuk sendi lutut, tetapi beberapa waktu terakhir saya menggunakannya, itu membuat lutut saya benar-benar sakit. Setiap orang berbeda dalam hal bagaimana tubuh mereka bereaksi terhadap dorongan/rangsangan pelatihan, jadi saya tidak mengatakan bahwa pengalaman saya adalah sebuah hal yang normal/pasti terjadi. Saya juga mengalami hal yang sama (lutut nyeri) setiap kali berjalan menaiki tangga. 

 

Pada saat menggunakan sebuah Stairmaster atau elliptical trainer saya harus memfokuskan beban tubuh saya pada tumit. Begitu beban tubuh saya bergeser ke jari kaki, itu berarti menggeser beban utama (beban tubuh ) ke lutut saya, hal itulah yang menyebabkan rasa sakit. Hal itu juga berlaku untuk latihan Squat dan Lunge, dan jika anda pernah mengikuti kelas Yoga anda pasti mengetahui bahwa berat tubuh harus di konsentrasikan pada tumit dan bukan jari kaki sehingga dipastikan berat badan Anda didistribusikan dengan baik untuk mengurangi beban pada semua tulang sendi anda.


Semua pose/sikap saat latihan memastikan bahwa beban/berat berjalan dari tumit atas melalui betis, otot paha bagian belakang (hamstring), dan otot pinggul (gluteal). Semua otot ini sangat amat kuat yang disebut otot tibialis anterior , yang mana berfungsi untuk mengangkat kaki. Itulah mengapa berat badan bergeser secara alami ke lutut ketika pada saat latihan berat badan badan dikonsentrasikan pada jari kaki.

Jadi, jika anda menggunakan elliptical trainer, cobalah tetap menjaga berat badan anda pada tumit dan sedikit mungkin pada jari kaki. Bahkan seandainya itu tidak menyebabkan lutut anda cedera, mekanisme dari distribusi berat tersebut dapat menyebabkan kerusakan tulang rawan lutut anda secara perlahan-lahan dari waktu ke waktu.


Terjawab 11 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang