Bagaimana cara menghilangkan bau mulut (napas) setelah minum bir?

Dilihat 15,1 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1


Minuman beralkohol, salah satunya bir, bukanlah konsumsi umum masyarakat di Indonesia, sehingga minuman beralkohol sangat dilarang untuk beredar di kalangan masyarakat. Namun keberadaannya sampai saat ini masih menjadi pro dan kontra, adapula sebagian yang mendukung adapula sebagian yang menolak. Dengan kenikmatannya yang banyak menimbulkan kesenangan semu, minuman beralkohol berhasil menjadi gaya hidup di dunia termasuk di Indonesia. Tidak heran jika akhirnya pemerintah membentuk peraturan khusus yang mengatur produksi, pendistribusian, dan pengkonsumsian alkohol secara luas di masyarakat. 

Sebenarnya minuman beralkohol tidak baik untuk kesehatan tubuh meskipun terdapat penelitian yang menyatakan minuman beralkohol memiliki manfaat untuk tubuh. Alkohol telah lama dikenal sebagai minuman yang memiliki ratusan bahkan ribuan dampak negatif bagi tubuh. Walaupun alkohol juga memiliki dampak positif bagi tubuh,namun dampak negatifnya jauh lebih besar. Terlebih jika alkohol dikonsumsi dengan jumlah yang berlebih.

Efek yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi alkohol juga dapat dirasakan segera dalam waktu beberapa menit saja, tetapi efeknya berbeda-beda, tergantung dari jumlah/kadar alkohol yang dikonsumsi. Efek alkohol yang sering dijumpai adalah dapat membuat mabuk, lelah, mengubah penampilan wajah, juga menimbulkan napas yang berbau alkohol (bau mulut).  Nah, sekarang bagaimana sih cara menghilangkan bau mulut akibat meminum alkohol (bir) tersebut ? Bagi anda yang pernah (sering) mengkonsumsi alkohol, pasti penasaran kan?  Yuk kita simak uraiannya sampai habis :


Mengatasi bau mulut karena alkohol

Seperti kita ketahui bersama, mulut yang berbau alkohol bisa saja mendatangkan kerugian bagi kita, terutama jika kita harus bertemu dengan orang lain. Sama sekali tidak ada cara menghilangkan bau mulut akibat meminum alkohol (bir) dimana baunya akan langsung hilang dalam sekejap. Memang, bau tidak akan mungkin hilang dengan segera. Baunya akan hilang secara bertahap.  Akan tetapi anda bisa mengendalikannya.



 Berikut cara menghilangkan bau alkohol  dari dalam mulut :

  • Mengkonsumsi makanan  

Makanlah saat anda sedang menikmati alkohol. Makanlah makanan kecil seperti popcorn, keripik kentang atau jika memungkinkan makanlah makanan yang mengandung jahe, seperti masakan Ayam Jahe (Ginger Chicken). Makanan tersebut ditengarai dapat menyerap alkohol dari tubuh anda. Oleh karena itu salah satu cara menghilangkan bau mulut akibat alkohol itu ya dengan banyak mengkonsumsi makanan-makanan tersebut. 

  • Minum banyak air. 

Minum banyak air dapat membantu mengurangi bau mulut akibat alkohol. Air mengisi kembali cairan tubuh akibat kurang minum dan meningkatkan produksi air liur, yang bisa mengurangi napas berbau alkohol 

  • Bersihkan diri (Mandi) 

Percayalah, alkohol juga menyerap ke dalam pori-pori, yang menyebabkan bau alkohol keluar dari tubuh, sehingga mandi adalah hal yang harus dilakukan setelah meminum alkohol (bir) 

  • Sikat gigi anda 

Menyikat gigi merupakan cara menghilangkan bau alkohol yang cukup efektif. Menyikat gigi dapat membantu mengurangi napas tak sedap akibat minuman beralkohol. Sebaiknya gunakan pasta gigi yang berbau kuat (menthol), dan berikan tambahan waktu menyikat lebih panjang dari biasanya. 

  • Gunakan penyegar mulut

Setelah menyikat gigi, pastikan untuk berkumur dengan menggunakan penyegar mulut. Penyegar mulut yang mengandung menthol akan menutupi bau mulut akibat meminum alkohol. 

  • Makan buah-buahan 

Makanlah buah-buahan seperti apel, pisang ataupun buah lainnya. Hal tersebut akan mengurangi bau mulut. 

    

Itulah cara menghilangkan bau mulut setelah meminum alkohol (bir). Dan satu hal yang penting juga adalah jangan mengendarai kendaraan ketika anda dalam pengaruh alkohol.


Meskipun ada sedikit manfaat dari konsumsi alkohol bagi kesehatan, namun lebih banyak efek yang merugikan. Konsumsi minuman beralkohol seperti bir harus dilakukan secara bertanggung jawab karena gangguan kesehatan yang ditimbulkan lebih tinggi dibandingkan manfaat positif yang bisa diberikan. Sangat penting untuk memberitahu kepada orang-orang tentang efek alkohol pada tubuh mereka sehingga mereka dapat minum secara bertanggung jawab. Jika Anda tidak bisa mengendalikan asupan alkohol agar selalu dalam takaran yang sehat dan tidak berlebihan, sebaiknya jangan mengkonsumsi alkohol sama sekali. (baca: Apa cara yang menarik untuk menghilangkan bau mulut karena memakan bawang?)


Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang