Bagaimana cara menghilangkan bekas luka jerawat?

Dilihat 2,51 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Tidak bisa dipungkiri penampilan luar sangatlah penting bagi sebagian besar orang, terutama kaum wanita. Wajah adalah aset utama yang wajib dijaga untuk menunjang penampilan. Dan salah satu musuh terbesar wanita adalah jerawat, mengapa demikian?

Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Kligmann, seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia berpendapat, "Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya.

Jerawat bisa mengurangi kepercayaan diri karena sangat mengganggu penampilan seseorang. Tidak hanya itu, pada sebagian orang, jerawat akan meninggalkan bekas berupa bintik hitam pada wajah atau bahkan bopeng yang susah untuk dihilangkan. Sungguh sangat menjengkelkan.

Kemungkinan penyebab jerawat adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Dan kebanyakan yang mengalami wajah berjerawat adalah wanita usia 15 tahun keatas. Karena wanita yang akan mengalami perubahan hormonal saat haid tiap bulannya yang dapat memicu timbulnya jerawat.

Lalu, bagaimana caranya agar wajah kita terhindar dari jerawat meskipun sedang haid?

Untuk mencegah timbulnya jerawat hormonal, sebaiknya kita mengatur pola makan sehat. Dengan memakan makanan yang bergizi dan sehat, setidaknya kita dapat mengontrol dan menstabilkan hormon agar tidak timbul jerawat saat haid.

Tapi tunggu, masalah tidak hanya sampai disitu. Beberapa orang, setelah jerawatnya kempes, akan meninggalkan bekas jerawat berupa bintik hitam atau bahkan bopeng yang dua kali lipat susah untuk dihilangkan dibandingkan menghilangkan jerawat itu sendiri. 



Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami


Berikut ini 4 cara ampuh menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami :

1. Tea tree oil, yang direkomendasikan untuk merawat/mencegah jerawat, dan mengurangi bintik merah. Tea tree oil ini sekilas mirip dengan minyak kayu putih, karena baunya yang hampir sama, tapi lebih menyengat tea tree oil. Dan minyak ini banyak digunakan campuran dalam beberapa kosmetik khusus untuk wajah berjerawat maupun obat penghilang bekas jerawat.


menghilangkan jerawat dengan tea tree oil


Tidak hanya sebagai camuran kosmetik, tea tree juga bisa langsung digunakan untuk mengobati jerawat dan ampuh menghilangkan bekas jerawat. Cara pemakaiannya dengan mengoleskan minyak ini pada bagian yang berjerawat dengan cottonbud.


2. Madu dan Lemon


menghilangkan jerawat dengan madu dan lemon


Madu dan lemon adalah kombinasi sempurna untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat. Madu adalah bahan alami yang efektif untuk mempercepat penyembuhan luka dan bekas luka. Ini juga berlaku untuk bekas jerawat. Karena madu menstimulasi kulit untuk memproduksi hyaluronic acid yang merupakan penyusun kolagen. Apalagi jika menggunakan mau yang berkualitas tinggi seperti Manuka honey atau Clover Honey. Sedangkan lemon mengandung tinggi vitamin C yang berfungsi untuk menyamarkan bekas jerawat dan mencerahkan kulit.

Cara pemakaian keduanya sangat mudah, yaitu dengan mencampur 2 sendok makan madu mentah (raw honey) dan air perasan setengah buah lemon, lalu oleskan ke seluruh bagian wajah. Pastikan anda membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengoleskannya. Biarkan 10-15 menit. Tahanlah karena anda mungkin akan merasakan perih yang berasal dari lemon. Memakai masker madu lemon secara teratur, sangat efektif dan ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat serta mencerahkan wajah.


3. Bubuk Kayu Manis


Banyak para beauty blogger yang memberikan tips DIY (Do  It Yourself) masker untuk melawan jerawat dan bekas jerawat. Salah satu bahan yang sering dipakai oleh para beauty blogger adalah bubuk kayu manis. Yap, bahan dapur ini berkhasiat untuk memudarkan bekas jerawat maupun menghilangkan jerawat. 


cara menghilangkan bekas jerawat


kayu manis adalah anti-mikroba alami yang dapat membantu menghentikan kinerja bakteri di wajahmu. Kayu manis juga mengandung vitamin C yang berguna untuk mencerahkan wajah.  Cara pemakaiannya cukup campurkan 2 sendok teh bubuk kayu manis dengan madu atau air mawar secukupnya sampai menjadi pasta atau mengental. Oleskan ke bagian wajah yang berjerawat atau bekas jerawat.


4. Jagung


Bahan alami terakhir yang mampu menghilangkan bekas jerawat dan bopeng adalah jagung. Jagung mempunyai kandungan prokaroten yang sangat bermanfaat dalam memperbaiki struktur kulit. Selain itu juga, zat alami yang terkandung dalam jagung dapat membantu dalam mengatasi munculnya jerawat tanpa harus membuat wajah anda menjadi lebih kering atau berminyak. Saya sangat menyarankan anda untuk memilih jagung muda ketimbang jagung yang telah matang, dikarenakan jagung muda memiliki kandungan air yang cukup banyak. Cara pembuaan masker jagung yaitu dengan menghaluskan jagung muda dengan diparut atau ditumbuk. Lalu campurkan dengan air sedikit atau madu secukupnya. Oleskan masker jagung paa seluruh bagian wajah yang sudah dibersihkan. Lakukan 2-3 hari sekali hingga bekas jerawat memudar.


masker jagung


Dari keempat bahan alami diatas, memang butuh kesabaran ekstra untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tidak seperti obat penghilang bekas jerawat yang berasal dari bahan-bahan kimia yang memberikan hasil instan tapi memberikan efek samping. Saya pun lebih menyukai bahan-bahan natural dan alami untuk merawat wajah karena terbukti efektif dan tidak ada efek samping meskipun hasilnya butuh waktu lama dan benar-benar harus rutin. Selamat mencoba!

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang