Bagaimana cara menghilangkan bekas lukas di wajah yang disebabkan karena kena uap panas?

Dilihat 3,58 rb • Ditanyakan sekitar 3 tahun lalu
1 Jawaban 1

Biasanya bekas luka yang disebabkan oleh trauma atau luka bakar tidak permanen, walaupun kadang mungkin agak lama hilangnya. Berapa lama bekas luka akan hilang bergantung pada beberapa faktor berikut:


  • Berapa banyak pigmen yang ada di kulit. Hiperpigmentasi paska peradangan biasanya bisa berdampak lebih buruk dan lebih lama hilang pada jenis kulit iper IV - VI yang memiliki jumlah melanin yang lebih tinggi. 
  • Kedalaman luka. Luka yang sampai pada kedalaman reticular dermis menyebabkan bekas luka (perubahan pada tektur kulit) dan meninggalkan perubahan pigmentasi jangka panjang menjadi lebih cerah atau lebih gelap dibanding kulit disekitarnya. Kalau luka bakar tidak menyebabkan kulit melepuh atau pecah - pecah, berarti luka tersebut tidak sampai ke reticular dermis. Untuk dapat menyebabkan kulit menjadi melepuh, luka bakar tersebut setidaknya harus ke penghubung antara dua lapisan kulit (epidermis dan dermis). 
  • Berapa banyak sinar ultraviolet yang didapatkan oleh kulit setelah terkena luka bakar tersebut. Sinar ultraviolet, baik yang berasal dari sinar matahari maupun alat untuk menggelapkan kulit dapat memperburuk hiperpigmentasi dan membuat bekas luka lebih lama hilang.

Jangan menggunakan petroleum jelly karena dapat menyebabkan jerawat di wajah dan hanya akan membuat masalah menjadi lebih besar. Hal terpenting yang dapat dilakukan ketika terjadi hiperpigmentasi kulit adalah menggunakan tabir surya spektrum luas yang bebas minyak dengan SPF tinggi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.


Selain itu juga terdapat beberap obat luar yang dapat digunakan untuk membantu penyembuhan hiperpigmentasi. Kalau luka bakarnya baru terjadi belum lama ini, kamu cukup menggunakan tabir surya dan lihat hasilnya dalam 2 - 3 minggu. Kalau masih terlihat peradangan dan warna kemerahan di area yang terluka, kamu bisa coba menggunakan obat anti radang seperti cortisone (hindari bagian mata) selama beberapa hari. Kalau setelah 2 - 3 minggu tidak ada perbaikan, kamu bisa menggunakan produk seperti hydroquinones yang dikombinasikan engan retinoids dan cortisones. 


Penggunaan hydroquinones harus dilakukan secara hati - hati. Karena jika digunakan dalam jangka panjang, produk ini dapat menyebabkan pigmentasi paradoks. Saya juga ingin menyatakan bahwa tanpa melihat kondisi dari luka bakar itu secara langsung, tidak mungkin untuk memberikan saran medis secara akurat jadi yang saya lakukan di sini hanya memberikan panduan. Selain itu kamu tetap perlu melakukan konsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan diagnosa dan perawatan yang lebih efektif.

Terjawab sekitar 3 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang