Bagaimana cara menghilangkan katarak?

Dilihat 5,97 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

KATARAK


Apa itu katarak? Katarak adalah bagian keruh yang berkembang di dalam lensa mata atau di dalam amplop mata yang kapsul. Apa itu lensa. Lensa mata adalah struktur vaskular, transparan, cembung ganda, seperti kristal yang berada di antara selaput pelangi dan vitreous dalam cekungan berbentuk piring yang disebut patellar fossa. Lensa mata memilki kesamaan dengan lensa pada kamera yang berguna untuk memfokuskan pada sinar cahaya yang berbeda - beda. Jadi, katrak adalah penyakit pada lensa mata.


Penyebab katarak

  • Usia : Katarak senilis merupakan jenis katarak yang paling sering terjadi.
  • Penyakit sistemik seperti diabetes, hipertensi, ketidakseimbangan hormon, dll
  • Gangguan dermatologis seperti ichthyosis dan dermatitis atopik (orang yang menderita penyakit ini memiliki resiko lebih tinggi terkena katarak).
  • Obat - obatan dan racun: obatan - obatan tertentu seperti kortikosteroid, klorokuin, dll membuang seseorang lebih rentan terkena katarak.
  • Gaya hidup: Orang yang meroko lebih rentan terken katarak
  • Katarak traumatis: Orang yang pernah kecelakaan memiliki resiko lebih tinggi terkena katarak. 

Apakah hanya orang tua yang akan terkena katarak? Jawabanya tidak. Bahkan seorang bayi yang baru lahir dapat terkena katarak - katarak kongenital


Indikasi perlunya dilakukan operasi katarak atau kapan dokter matamu akan menyarakankan kamu untuk menjalani operasi katarak:

  • Indikasi optik: Merupakan indikasi yang paling umum. Untuk memperbaiki penglihatan pasien
  • Indikasi medis. Kadang, sekalipun penglihatanmu baik, dokter matamu akan menyarankanmu untuk mengangkat katarak karena masalah lainnya yang berhubungan, seperti lensa dapat menyebabkan glukoma atau uveitis atau endophthalmitis phacoanaphylactic.
  • Indikasi kecantikan: Kadang katarak terlihat sebagai bagian keruh berwarna putih di matamu yang dapat membuat pasien merasa terganggu. Pemeriksaan / pengujian menjelang operas akan dilakukan sebelum operasi katarak dilaukan - seluruh riwayat medismu akan dicek, terutama tingkat gula darah dan tekanan darahmu, pemeriksaan optalmologi lengkap seperti ketajaman visual, keratometry, tekanan intraokular, dll. Ada alasan untuk seluruh pemeriksaan tersebut, nilai dari semua pengujian tersebut akan digunakan untuk menghitung kekuatan dari lensa yang harus diletakkan.
Prosedur operasi katarak yang tersedia:

  • Ekstraksi Katarak Ekstrakapsular : Inti, lapisan luar dan bagian tengah dari kapsul anterior diangkat dan meninggalkan kapsul posterior, bagian perferal dari kapsul anterior, dan zonules tidak tersentuh. Teknik yang digunakan dalam prosedur Ekstraksi Katarak Ekstrakapsular :- Operasi katarak Irisan kecil manual - Fakoemulsifikasi. Ini merupakan teknik yang paling sering digunakan. Saat ini Ekstraksi Katarak Ekstrakapsular dengan penanaman ruang lensa posterios merupakan teknik yang paling umum digunakan. Ini merupakan pilihan operasi bagi seluruh jenis katarak kecuali yang memiliki subluksasi dan diasosiasi lensa.
  • Ekstraksi Katarak Intrakapsular. Pada prosedur ini, lensa diangkat di dalam toto. Tidak dipraktekkan jaman sekarang karena ada metode yang lebih canggih.. tapi metode ini digunakan ketika prosedur Ekstraksi Katarak Ekstrakapsular tidak dapat dilakukan seperti yang disebutkan di atas, yaitu pada subluksasi dan diasosiasi lensa.
  • Fakoemulsifikasi: Ini merupakan metode yang lebih lanjut dari prosedur Ekstraksi Katarak Ekstrakapsular.  Pada metode ini, nukleus diubah menjadi ampas menggunaan gelombang suara frekuensi tinggi dan disedot keluar dari mata melalui irisan kecil. Lensa intraokular yang dapat dilipar diletakkan di dalam ruang posterior melalui irisan yang sama. 

Terjawab hampir 3 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang