Bagaimana cara menghilangkan ketombe secara permanen?

Dilihat 457 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Bagaimana caranya menghilangkan ketombe secara permanen?

Ketombe dan seborrhea adalah penyakit kulit kepala yang paling sering dan mayoritas populasi menderita dari ini. Walaupun, sangat sering di kalangan remaja, tapi juga bisa berefek pada semua umur. Kita semua tahu kalau, di beberapa titik di kehidupan kita sudah dengan susah mencoba hampir semua jenis perawatan ketombe, tapi ini masalah yang selalu ada yang tetap datang. Dalam kebanyakan kasus, masalah ketombe sendiri tidak serius tapi memalukan dan mengesalkan. Di beberapa kasus bisa berujung ke masalah kulit yang lain seperti jerawat atau lebih buruknya, bisa menyebabkan masalah sosial dan kepercayaan diri yang berkurang.


Kita tetap menggosoknya tanpa mencoba untuk mendapatkan akar dari masalah tersebut. Tapi pernahkah kita berpikir kalau sebab dari masalah ini mungkin sangat simpel, seperti gaya hidup kita, kebiasaan, makanan, kebersihan, dan stres. Tapi tak perlu kuatir, karena kita membawa beberapa alasan dasar untuk ketombe dan beberapa pengobatan rumahan untuk mengatasinya.


Menggosok yang salah:

Menggosok yang salah berujung ke resiko tinggi dari ketombe. Ini mekanisme alami untuk kulit kepala mengelupas sel kulit mati secara periodik. Menggosoknya dengan benar dan menyisir rambit setidaknya dua kali sehari sangatlah penting untuk mengatasi serpihan ini. Untuk tambahan, menggosok juga bisa menaikkan suplai udara dan sirkulasi darah ke kulit kepala dan rambut yang penting untuk rambut sehat.


Keramas yang salah:

Tidak cukup keramas bisa berujung ke akumulasi sel mati dan minyak di kulit kepala yang berujung ke ketombe dan gatal. Disarankan untuk mencuci rambut setiap hari dengan sampo herbal karena deterjen dan bahan kimia yang ada di sampo biasa menyebabkan rambut kaku dan keriting. Jika kamu memakai kondisioner setelah sampoan, pastikan pakai setidaknya satu inci dari kulit kepala dan cuci seluruhnya sehingga tidak ada residu yang tersisa di rambut.

Stress:

Stress dan emosional berlebihan, kerja lembur, ulangan terus menerus atau bercerai- semua ini dan masih banyak lagi yang bisa menyebabkan ketombe dan rambut rontok. Stres memiliki dampak ke kita secara fisik dan mental. Tapi coba tetap pada kerutinan, makan makanan sehat di waktu yang tepat dan minum banyak air untuk menjaga situasi terkontrol.


Pemakaian produk rambut yang berlebihan:

Sementara yang lain menyombongkan perawatan rambut salon karena produk gaya yang penuh dengan bahan kimia, mustahil untuk keluar dengan rambut lunak dan biasa. Jadi kalau musti, maka gunakan hair spray, gel, dan mousse, karena bahan kimia tertentu ada di produk dan mungkin memperberat masalah ketombe.


Pengobatan rumahan untuk ketombe


Pijatan lemon dan minyak kelapa:

Sifat sitrat di lemon bekerja dengan baiik di mengurangi ketombe setiap saat. Untuk pijatan ini, panaskan 2 sdm minyak kelapa dan aduk jumlah yang asma dengan jus lemon dan pijat ke kepala dengan lembut. Tinggalkan 20 menir dan bilas dengan sampo biasa. Ulangi ini 3-4 kali seminggu untuk beberapa minggu untuk mendapat hasil efektif. 

Baking soda:

Bahan memanggang ini baik saat melawan ketombe. Ambil sesendok penuh baking soda dan gosok di rambut basah dan kulit kepala. Tinggalkan semenit dan cuci. Anjutkan ini empat kali seminggu untuk beberapa minggu. Hasilnya mungkin butuh waktu untuk muncul, tapi ini obat yang bagus untuk serpihan.

Dadih:

Ambil sedikit dadih asam atau yogurt dan tinggalkan terbuka untuk beberapa hari untuk fermentasi. Aduk dadih dan pakai di kulit kepala dan rambut seperti masker dan tinggalkan sejam. Bilas menyeluruh dengan sampo biasa. Kualitas asam dari dadih tidak hanya membantu melawan ketombe, tapi juga sebagai kondisioner untuk membuatnya bersinar, dan lembut.


Fenugreek (Methi) Pack:

Fenugreek adalah rempah-rempah yang tersedia di dapur. Rendam segenggam bibit fenugreek di air semalaman. Buat pasta dan akai di kulit kepala dan rambut dan tinggalkan sejam. Bilas dan cuci rambut dengan sampo biasa Ulangi ini 3-4 kali seminggu untuk hasil yang baik. Sifat anti jamur dari fenugreek membantu mengurangi ketombe dan menenangkan iritasi dan gatal.

Heena:

Heena atau mehndi adalah kondisioner rambut yang sudah lama yang digunakan berabad-abad untuk mengobati masalah rambut. Campur heena, teh keras da dadih di mangkuk kaca dan masukkan jus lemon. Tinggalkan untuk 8-10 jam dan pakai di rambut dan kulit kepala dalam bentuk pack. Tinggalkan 1-2 jam, bilas dan cuci menyeluruh dengan sampo biasa. Ulangi ini sekali seminggu untuk hasil yang terbaik.

Cuka sari apel:

Cuka sari apel tersedia di banyak toko atau supermarket. Cuka adalah agen aktif untuk melawan jamur. Campurkan cuka sari apel dengan air dengan jumlah yang sama dan tinggalkan. Cuci rambut seperti biasa dan pakai campuran ini untuk membasahkan rambut. Pijat kulit kepala secara menyeluruh dengan campuran ini. Pastikan tidak terkena mata. Tinggalkan 15 menit dan bilas dengan air. Ulangi ini perhari untuk seminggu dan bilang byebye ke ketombe.


Minyak pohon teh:

Minyak pohon teh bagus untuk rambut dan berbau harum juga. Akai sedikit ke tempat yang berserihan. Tinggalkan 5 menit dan cuci. Ulangi ini 2-3 kali seminggu. Minyak pohon teh sering memacu alergi ke beberapa orang. Dalam kasus itu, ambil sampo dengan minyak pohon teh yang memiliki setidaknya 5% minyak pohon teh yang bekerja sebagus minyakya. Sering keramas dan sampoin kulit kepala dan tinggalkan sekitar 5 menit sebelum dicuci.

Fuller Earth (Multani Mitti) Hair Pack:

Saat berbicara tentang perawatan kulit, tidak ada yang lebih baik dari fuler earth face pack. Tapi fuller earth juga bekerja dengan baik di rambut dan kulit kepala. Efek dinginnya menenangkan kulit kepala, membuang minyak berlebih dan melawan iritasi. Untuk fuller earth hair pack, buat campuran fuller earth dan air dan masukkan jus lemon. Pakai ini di rambut dan kulit kepala dan tinggalkan 20 menit dan cuci dengan air.

Jus neem:

Sejak jaman dahulu, neem sudah dipakai untuk obat karena sifat antiseptik. Buatlah pasta yang pekat dengan menggiling daun neem di pemroses makan dan pakai pasta ini di kulit kepala dan tinggalkan untuk 10 menit lalu cuci dengan air. Daun neem bisa juga direbus di air dan airnya dipakai untuk mencuci rambut. Metode ini sama efektifnya untuk mengatasi ketombe.


Lidah buaya:

Lidah buaya adalah tumbuhan yang baik yang tersedia di taman dapur. Kamu harus memetik daun, memotongnya di tengah, dan ekstrak gelnya dari ini. Pakai gel lidah buaya di kulit kepala dan rambut sebelum keramas. Sangat efektif untuk merawat ketombe & kulit kepala berminyak dan gatal. Kamu juga bisa mendapatkan sentuhan yang menenangkan di kulit kepala dengan pembasmian ketombe.

Minyak zaitun:

Minyak zaitun bekerja dengan baik untuk menghilangkan kekeringan di kulit kepala dan ketombe. Pijat kulit kepala dengan minyak zaitun dan bungkus kepala dengan handuk yang hangat untuk setengah jam dan cuci rambut dengan benar. Saat memijat pastikan pelan-pelan dan menggunakan ujung jari tanpa merusak rambut. Jika kamu kasar, ini bisa menyebabkan kekasaran di rambut dan membuat rambut rontok. Makanya, lakukan ini pelan-pelan.

Jus tomat:

Satu dari sebab ketombe adalah ketidakseimbangan tingkat pH di kulit kepala. Jus tomat membantu menyeimbangkan pH dengan bantuan isi yang asam. Karenanya mencegah ketombe. Jus tomat dicampur dengan minyak kelapa dan dipijat ke kulit kepala. Tinggalkan sejam sebelum mencuci rambut. Tomat adala satu dari buah yang digunakan sebagai sayuran di kari untuk membuatnya enak. Ini juga bisa dikonsumsikan mentah-mentah dengn salad. Ekstrak jusnya dari tomat segar dan gunakan untuk melawan ketombe.


Jahe:

Jahe sering dipakai untuk mengobati ketombe dengan mencampurnya dengan minyak wijen. Sifat anti inflamasi membuat rambut tumbuh dan memperbagus sirkulasi. Parut dan peras minyak jahe melalui kain tipis dan campurkan dengan minyak wijen. Pijat kulit kepala dan rambut dengan ini dan cuci rambut setelah 15 menit. Beberapa orang bertanya bagaimana menghilangkan ketombe dengan cepat- obat rumahan yang cepat untuk ketobe memiliki nama jahe. Ini adalah salah satu dari pengobatan ketombe sebagaimana mengobati infeksi jamur yang tumbuh di kulit kepala.

Telur:

Telur mentah adalah produk ternak yang penting dan bagus untuk kesehatan rambut. Kamu bisa membuat kondisioner yang bagus dengan bantuan telur yang akan menghilangkan ketombe dari akarnya. Kamu harus memecahkan telur di mangkok dan kocok menyeluruh supaya tercampur dengan rata. Pakai ini di kulit kepala, tinggalkan sejam dan cuci dengan sampo biasa. Lakukan ini setiap 3 hari untuk menghilangkan ketombe dari kulit kepala.

Aspirin:

Sering untuk memiliki tablet aspirin di rumah dan bisa dengan efektif menjadi obat rumahan untuk menghilangkan ketombe dari kulit kepala. Kamu harus mengambil dua tablet aspirin dan hancurkan di dalam sapu tangan. Lipat sapu tangan dan gunakan palu untuk menghancurkannya. Sekarang ambil sampo biasa di telapak tangan dan tuang bubuk aspirin ke dalam. Campurkan dan gunakan seperti sampo. Biarkan rambut terendam di sampo untuk 2 menit dan cuci.


Madu dan minyak kelapa:

Untuk membuat obat ketombe rumahan ini yang harus dilakukan adalah ambil dua sendok minyak kelapa di mangkuk dan masukkan sesendok madu. Sekarang aduk perlahan dan oleskan ke seluruh kulit kepala dan juga rambut. Kamu juga bisa masukkan yogurt ke larutan ini jika kamu mau yang lebih pekat. Setelah mengoles ini di seluruh rambut, akar dan juga kulit kepala tinggalkan untuk 10 menit dan cuci.

Gunakan sampo biasa & hundari air keras:

Hindari sampo yang keras dan gunakan sampo yang lemah. Bahkan jika kamu sudah beli yang keras, jadikan lemah dengan cara mencampurkan air panas. Jangan sampai sampo menetap di kulit kepala setelah keramas. Kelebihan sampo di kulit kepala bisa menyebabkan banyak serpihan ketombe. Pastikan kamu bersihkan rambut dan kulit kepala dengan air yang lembut. Hindari air keras, sebagaimana akan membuat kulit kepala kering & rambut kaku, karena itu akan menyebabkan gatal dan serpihan ketombe.

Ada banyak masalah terkait dengan rambut rontok dan ketombe; orang-orang kehilangan rambutnya dan alasannya banyak. Transplantasi rambut adalah metode permanen untuk mengobati rambut rontok dan masalah kebotakan.

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang