Bagaimana cara menghilangkan komedo yang membandel?

Dilihat 343 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Komedo merupakan tersumbatnya pori-pori bisa diakibatkan dari debu atau kotoran yang menempel pada wajah. Jerawat jenis komedo timbul karena sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit wajah. Munculnya komedo pada wajah sangat mengganggu penampilan, terutama pada kaum hawa yang selalu menjaga penampilannya.Tapi tak jarang kaum pria juga memiliki komedo yang sering muncul di wajah. Banyak cara untuk menghilangkan komedo, baik secara alami atau menggunakan kosmetik khusus komedo.

Perawatan yang kurang baik pada kulit wajah membuat komedo cepat muncul karena keseimbangan antara kelenjar minyak yang tidak terkontrol sehingga kulit wajah menjadi berminyak dan juga sel-sel kulit mati yang semakin menumpuk.

Jadi, bagaimanakah cara untuk membersihkan komedo yang membandel?


Penyebab dan Cara Membersihkan Komedo

Sebenarnya, komedo bisa dikategorikan sebagai jerawat atau acne, tetapi mempunyai ciri yang berbeda. 

Ada dua jenis komedo, antara lain:

  • Komedo yang terbuka (blackhead) terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam.
  • Komedo tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil.
komedo


Untuk mengatasi komedo di wajah ada beberapa cara, baik itu secara alami maupun menggunakan kosmetik khusus untuk komedo.

1. Cara membersihkan komedo dengan kosmetik antara lain:

  • Masker khusus untuk komedo, bisa dilakukan seminggu sekali bisa dari Martatilaar atau dari kosmetik lain yang cocok dengan kulit wajah kamu.
  • Dengan melakukan facial wajah, bisa dilakukan sendiri atau pergi ke salon. Apabila pergi ke salon, mereka akan mengangkat sel-sel kulit mati dan komedo yang timbul dengan alat khusus untuk mengeluarkan komedo.
  • Mencuci wajah secara rutin di malam hari dengan mengunakan facetonic atau kosmetik pembersih yang lain.
  • Cream khusus untuk komedo, bisa dibeli di toko kosmetik terdekat.

2. Sedangkan, cara menghilangkan komedo secara alami bisa dilakukan dengan langkah sebagai berikut:

  • Untuk membersihkan komedo pada wajah, bisa dilakukan dengan cara uap air yang panas agar membuka pori-pori dan mempermudah mempersihkannya dari debu. Panaskan air sampai mendidih, angkat dari kompor dan arahkan uap didih ke arah wajah. Uap panas akan membuka pori-pori dan melepas debu-debu membandel
  • Madu dan kayu manis, campuran ini akan membawa debu dari pori-pori keluar, menghilangkan minyak berlebih di kulit, dan memberikan solusi anti bakteria ke wajah anda. Campur 3 sendok makan madu dan 3 sendok makan kayu manis di dalam mangkuk. Balurkan campuran tersebut pada wajah anda dan diamkan selama 15 menit. Lalu, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk.
  • Putih telur dan lemon, putih telur memiliki nutrisi yang baik dalam melembabkan kulit dan mengangkat debu dan bakteri. Lemon memiliki sifat anti bakterial yang efektif. Pecahkan 1 telur dan ambil putihnya saja, kemudian campurkan dengan 1 sendok makan lemon. Oleskan campuran ini di wajah anda selama 15 sampai 20 menit. Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk. 
komrdo


  • Cara menghilangkan komedo secara alami lainnya adalah dengan menggunakan madu, karena madu memiliki sifat anti bakterial yang efektif sehingga bisa untuk membersihkan wajah dengan baik. Larutkan madu dengan air putih dan oleskan pada wajah yang terdapat komedo, diamkan selama 5 menit.


Sebenarnya masih banyak lagi cara menghilangkan komedo yang membandel secara alami, namun saya harap cara-cara di atas mampu membantumu dalam mengatasi komedo yang membandel. Lakukanlah secara rutin, dan waktu yang terbaik untuk menggunakannya adalah pada malam hari. Jagalah wajah anda tetap bersih dengan menggunakan sabun dan cream pembersih setelah melakukan kontak langsung dengan polusi dan udara luar. Untuk mengontrol minyak berlebih, juga perhatikan makanan anda dengan mengurangi konsumsi gorengan. Semoga berhasil!

Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang