Bagaimana cara mengobati diare?

Dilihat 1,59 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Diare terjadi apabila saat buang air besar ditandai dengan tinjanya encer dan buang air besar tidak tertahankan. Diare bisa diakibatkan oleh parasit, bakteri, dan virus tergantung dari jenis buang air besar. Jika dibiarkan, diare akan berakibat fatal, karena memungkinkan terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh. Maka dari itu, diare tidak bisa dianggap remeh, bahkan di masa sebelum abad ke-19, diare termasuk ke dalam salah satu golongan penyakit yang paling mematikan, setara dengan cacar dan pes.

Dalam kasus yang ringan, diare bisa berlangsung beberapa hari saja dan hanya dengan obat anti diare, tubuh sudah akan membaik. Gejala diare bisa bermacam-macam, mulai dari sakit perut atau rasa mulas yang amat sangat dan tidak dapat dikendalikan, buang air besar dengan tinja yang sangat encer atau berair, lalu kadang penderita akan mengalami kram perut yang mengakibatkan perut terasa sakit sekali. 

Diare yang serius bisa mengakibatkan demam tinggi disertai badan terasa sakit dan menggigil. Secara umum penyebab diare adalah infeksi usus. Hal ini bisa terjadi karena telah mengonsumsi makanan yang kurang bersih dan terkontaminasi mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi pada usus karena adanya bakteri, virus atau parasit. Selain itu, makanan yang terlalu pedas juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Diare berdarah lebih rumit. Ini akan tergantung pada etiologi dari penyakit. Gejala yang muncul seperti sakit kepala, kelelahan, kram, mual, dan muntah. 

Terjangkit penyakit ini tentu saja bukanlah hal yang menyenangkan bagi semua orang. Lantas, bagaimana cara mengatasi diare? Diare adalah adalah penyakit yang tidak pandang bulu, semua orang bisa terkena penyakit ini. Apakah pengobatan diare untuk orang dewasa sama dengan pengobatan diare pada anak


Diare


Cara Mengobati Diare


Cara mengatasi diare memang banyak macamnya. Sebagai langkah awal, kamu bisa melakukan beberapa cara mengatasi diare secara umum berikut ini:

  • Banyak minum air putih. Dalam kondisi diare, kamu sebaiknya banyak minum air putih agar tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Selama diare tubuh kamu kekurangan cairan karena cairan terbuang secara terus menerus. Larutan oralit atau larutan air gula dan garam telah lama dikenal sebagai obat yang baik untuk mengatasi diare dan mengurangi resiko dehidrasi. Sup ayam juga bagus untuk membantu menambah cairan di tubuh karena mengandung sodium yang diperlukan oleh tubuh.
  • Makan makanan yang lembut atau tidak padat. Selama mengalami diare, sebaiknya penderita mengonsumsi makanan yang lembut atau makanan yang semipadat atau rendah serat agar pencernaan kembali normal. Contohnya seperti roti, biskuit, telur atau nasi tim.
  • Hindari makan makanan yang mengandung lemak dan mengandung serat tinggi. Juga jangan meminum susu terlebih dahulu sebelum pencernaanmu menjadi normal kembali. 
  • Kamu bisa menggunakan obat diare yang dijual bebas di apotik. Obat ini bisa berguna untuk menghentikan buang air besar dan mengurangi rasa mulas pada perut.
diare


  • Salah satu cara mengatasi diare yang alami adalah dengan menggunakan pucuk daun jambu biji, caranya ambil daun jambu biji 4 lembar haluskan kemudian campur dengan 1/2 gelas air hangat tambahkan sedikit garam. Minum ramuan ini 2 kali sehari sampai diare sembuh.


Mengatasi Diare Pada Anak-Anak


Diare pada anak khususnya balita bisa berindikasi masalah malabsorbsi. Ini bisa terjadi karena genetik di transportasi usus, atau bisa juga karena masalah perkembangan. Diare berulang pada anak harus dikonsultasi dengan dokter anak. Kasus ini biasanya dilakukan dengan pambatasan pola makan dan atau suplemen. Untuk penanggulangan awal diare pada anak, lakukan beberapa cara berikut:


diare


  • Berikan minum air putih setiap anak buang air besar sehingga tidak terjadi dehidrasi atau kurang cairan.
  • Berikan oralit sesuai dengan berat badan si kecil apabila terjadi buang air besar terus-menerus
  • Tetap memberikan ASI pada anak apabila masih menyusui
  • Tetap memberikan makan yang lembut pada anak.
  • Jika diare  terus menerus dan muntah sehingga asupan makanan atau air tidak masuk cepat hubungi dokter agar dapat penanganan lebih lanjut.

Kenali penyebab diare pada anak sehingga dapat mengatasinya dengan mudah. Konsultasikan pada dokter anak bila terjadi diare yang disertai demam dan muntah dan dalam kasus ini tidak jarang akan mengalami kejang-kejang.


diare


Tips Agar Terhindar Dari Diare


Agar kita semua terhindar dari diare sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Kebersihan lingkungan harus terjaga sampah dibuang setiap hari.
  • Bahan makanan yang akan diolah sebaiknya dicuci dengan menggunakan air bersih dan mengalir.
  • Mencuci tangan sehabis melakukan aktivitas dan terutama bila akan memberi makan pada anak.
  • Membersihkan lantai setiap hari dengan cara mengepel lantai dengan menggunakan pembersih lantai anti bakteri.
  • Usahakan tidak membeli makanan yang sudah masak dari luar.
  • Sebaiknya memasak sendiri sehingga kebersihannya terjamin.
diare


Diare pada anak bisa dilihat apabila anak buang air besar lebih encer dan terjadi terus menerus. biasanya selain cairan fases anak yang diare mengandung lendir dan terkadang terdapat darah hal ini tergantung dari penyebabnya. Kondisi ini bisa terjadi dan akan menimbulkan demam disertai dengan muntah ini merupakan gejala awal dari diare akut. Untuk para ibu yang mempunyai anak balita sebaiknya menjaga kebersihan lingkungan serta selalu cuci tangan apabila akan memberikan makanan pada anak. Penjelasan di atas hanyalah  langkah awal dari cara mengobati diare yang baru timbul bila terjadi secara terus-menerus sebaiknya hubungi dokter terdekat agar dapat pengobatan yang tepat. 

Apabila cara-cara di atas tidak bisa menghentikan diaremu, sebaiknya kamu menghubungi dokter yang terpercaya agar kamu bisa mendapatkan obat dan penanganan yang tepat. Namun bagaimana pun juga, tetaplah jaga kebersihan dan makanlah makanan yang sesuai dengan kekuatan lambung dan pencernaanmu agar terhindar dari penyakit ini.


Terjawab 10 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang