Bagaimana cara mengobati gusi yang bengkak?

Dilihat 1,19 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Gusi menjadi bengkak karena adanya proses peradangan yang sedang berlangsung. Hal tersebut dapat dikarenakan adanya bakteri pengganggu yang masuk ke dalam gusimu atau bisa juga area tersebut tidak dibersihkan dengan baik yang menyebabkan peradangan gusi (dan mungkin periodontis juga) sehingga jaringan gusimu pada area tersebut menjadi bengkak. Hal ini dapat hilang setelah beberapa lama.


Yang paling utama, dalam situasi seperti ini, kamu harus mengunjungi dokter gigi. Mereka memiliki peralatan yang istimewa untuk membersihkan gusimu dan mereka juga bisa memberikan resep anti-mikroba untuk mengurangi peradangan. Ketika bengkaknya sudah berkurang, jika jaringan masih terasa agak gembung (kadang jaring dapat menjadi hiperplastik), kunjungi dokter gigimu dan akan memberikan perawatan agar ukuran gusimu kembali normal seperti semula.


Kamu bisa mengguankan air garam hangat, tapi resep anti-mikroba akan memberikan hasil yang jauh lebih baik. Kamu juga harus berhati - hati dalam menggunakan obat kumu dan membaca bahan - bahan yang diguankan pada labelnya. Menyikat gigi dengan sering bukan merupakan masalah. Alasan gusi menjadi bengkak adalah karena area tersebut tidak dibersihkan dengan benar. Obat - obatan dan kehamilan juga dapat menyebabkan gusi menjadi bengkak pada kondisi tertentu, tapi saya rasa masalahmu bukan ini.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang