Bagaimana cara menghemat baterai Xiaomi Redmi 1S?

Dilihat 1,21 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Dewasa ini ponsel cerdas atau yang lebih sering disebut dengan smartphone menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Seperti yang kita ketahui bahwa kebutuhan utama yang bisa didapatkan dari smartphone yaitu untuk berkomunikasi. 


Namun saat ini banyak sekali keunggulan yang bisa didapatkan dari smartphone selain untuk berkomunikasi contohnya untuk menonton film, mendengarkan musik, bermain game, menulis nota pengingat, bahkan untuk mempelajari hal-hal baru dari internet. 


Melihat hal ini, perusahaan-perusahaan yang bergelut di balik pembuatan smartphone berlomba-lomba untuk menciptakan inovasi baru yang bisa menjadi keunggulan dari smartphone yang mereka buat. 


Mulai dari keunggulan layar smartphone yang lebih lebar, baterai tahan lama, tahan air, RAM yang tinggi, hingga jumlah kapasitas penyimpanan internal yang tinggi.


Pentingnya smartphone bagi kehidupan manusia masa kini 

Smartphone Ternama di Indonesia


Dunia gadget terutama smartphone saat ini ramai oleh beberapa merk keluaran terbaru. Di Indonesia sendiri, para vendor berlomba-lomba menciptakan smartphone yang nantinya akan digandrungi oleh para pecinta gadget. 


Saat ini, banyak sekali smartphone dari berbagai merk yang beredar di pasaran. Kita bisa dengan mudah menemukannya mulai dari merk yang populer seperti Samsung, iPhone, hingga merk-merk baru yang belum begitu populer seperti Infinix dan Luna. 


Namun, nampaknya saat ini ada satu merk dari smartphone yang begitu fenomenal dan menjadi incaran banyak pecinta gadget belakangan ini, yaitu smartphone Xiaomi. Bisa dikatakan kalau merk baru yang satu ini kini menjadi saingan merk-merk besar seperti Samsung dan Sony. 


Banyak hal yang menjadikan merk Xiaomi ini menjadi populer di kalangan para penggemar gadget karena harganya yang murah namun kualitasnya cukup baik. 


Berbagai merek smartphone ternama di Indonesia


Sudah menjadi hukum alam bahwa konsumen akan tergiur dengan produk dengan harga miring, sama halnya dengan ponsel pintar. 


Xiaomi menyuguhkan kualitas yang tidak kalah bagus dari merk smartphone ternama, dengan harga 1-2 juta saja Xiaomi low-end sudah bisa kita dapatkan. 


Selain itu, Xiaomi dikenal memiliki kelebihan, yaitu memiliki kapasitas baterai tahan lama. Tidak bisa dipungkiri, daya tahan baterai menjadi salah satu pertimbangan para konsumen saat hendak membeli smartphone. 


Hal ini disebabkan karena smartphone menjadi satu barang yang sangat penting yang selalu dibawa dan digunakan oleh banyak orang kemanapun mereka pergi. Memiliki ponsel dengan daya tahan baterai yang rendah memang merepotkan, terlebih jika sedang beraktivitas di luar ruangan yang memang tidak mudah menemukan slot untuk mengisi ulang daya ponsel. 


Keunggulan Xiaomi Redmi 1S


Keunggulan Xiaomi Redmi 1S


Xiaomi dikenal memiliki baterai dengan kapasitas yang cukup tinggi untuk harga yang bisa dibilang relatif murah. 


Salah satu smartphone Xiaomi yang banyak dicari dan digunakan oleh penggemarnya adalah Xiaomi Redmi 1S. Spesifikasi Xiaomi Redmi 1S cukup lengkap sehingga ponsel pintar ini banyak sekali diminati oleh masyarakat. 


Selain itu, dengan harga Xiaomi Redmi 1S yang cukup terjangkau yaitu berkisar pada harga 900 ribu saja, sudah dilengkapi fitur-fitur yang menakjubkan seperti pada lebar layar 4,7 inch, memori internal, dan RAM yang memadai hingga baterai berkapasitas 2000 mAh. 


Daya baterai Xiaomi Redmi 1S memiliki kapasitas 2000 mAh bisa dikatakan cukup untuk menopang kebutuhan para penggunanya. Anda dapat menggunakannya seharian hanya dengan sekali charge dengan penggunaan yang wajar. 


Xiaomi Redmi 1S juga sudah memiliki jaringan slot yang dikhususkan untuk masing-masing sim card, anda bisa menggunakan jaringan 3G pada Xiaomi Redmi 1S pada slot sim 1 sedangkan jaringan 2G untuk slot pada sim 2. 


Walaupun masih berlandaskan android kitkat 4.4, android pada smartphone Xiaomi Redmi 1S bisa diupgrade menjadi android lollipop dengan menggunakan aplikasi ataupun tidak perlu menggunakan aplikasi khusus.  


Cara menghemat baterai pada Xiaomi Redmi 1S


Cara Menghemat Baterai Xiaomi Redmi 1S


Bagaimanapun kelebihan suatu smartphone tertentu kapasitas baterai tahan lama tetap tergantung pada pemakaian yang digunakan oleh pemakainya. Jika anda banyak menggunakannya untuk beberapa aktivitas yang membutuhkan daya baterai yang besar tentunya daya tahan baterai akan cepat habis dalam waktu singkat. 


Seperti halnya jika smartphone anda digunakan untuk menonton film ataupun bermain game dalam waktu yang cukup lama akan bisa menguras kapasitas baterai anda menjadi cepat habis. 


Untuk menyiasatinya, ada beberapa cara menghemat baterai yang bisa anda lakukan, khususnya untuk Xiaomi Redmi 1S anda, yaitu:



1.  Mengurangi Kecerahan Display


Cara ini, selain digunakan untuk Xiaomi Redmi 1S, berlaku juga untuk semua tipe jika anda ingin meningkatkan daya tahan baterai ponsel anda. Mengatur kecerahan display pada angka yang tinggi tentunya akan mengurangi daya tahan baterai dan mengakibatkan baterai cepat habis. 


Aturlah tingkat kecerahan mendekati tingkat redup, anda bisa mengaturnya di pengaturan tampilan untuk mengatur tingkat kecerahan ponsel anda. Anda dapat mengaktifkan fitur auto brightness yang membuat ponsel anda mengatur kecerahan layar tergantung pada keadaan sekitar.



2.  Menonaktifkan Konektivitas yang Tidak Diperlukan


Xiaomi Redmi 1S dilengkapi dengan berbagai fitur seperti konektivitas data, Bluetooth, Wi-Fi, dan GPS. Menonaktifkan fitur-fitur tersebut pada saat tidak digunakan adalah salah satu cara menghemat baterai pada Xiaomi Redmi 1S. 


Anda bahkan bisa menonaktifkan fitur utama yang biasa digunakan seperti data dan Wi-Fi pada saat anda sedang tidur agar smartphone anda juga beristirahat.


Menonaktifkan mode getar dan efek suara


3.  Menonaktifkan Mode Getar dan Efek Suara


Tidak jauh berbeda dengan Xiaomi tipe lain, Redmi 1S juga dilengkapi dengan fitur khasnya yaitu mode getar dan efek suara pada dial touch pad dan screen lock. Mengatur mode getar dan efek suara seperti pada dial pad, touch sound, dan lockscreen pada Xiaomi Redmi 1S anda, bisa mengurangi daya tahan baterai. 


Anda bisa menonaktifkan fitur ini dengan sangat mudah, yaitu dengan masuk ke pengaturan di Xiaomi Redmi 1S anda, lalu masuk ke suara dan nonaktifkan mode getar dan efek suara pada dial pad, touch sounds, screen lock sound, dan vibrate on touch.



4.  Bersihkan File Sampah Secara Berkala


Membiarkan file sampah menumpuk dapat membuat daya baterai menjadi lebih cepat habis, selain itu hal ini juga dapat mengakibatkan kinerja smartphone anda menurun atau lag. File-file sampah ini berasal dari history browsing, cache dari aplikasi yang terinstall, dan file-file tidak berguna lainnya. 


Anda bisa membersihkan Xiaomi Redmi 1S anda dari file sampah. Caranya cukup mudah anda hanya perlu masuk ke pengaturan lalu pilih aplikasi keamanan dan pilih pembersih/cleaner, selanjutnya tekan tombol scan dan tunggu hingga ponsel anda selesai memindai. 


Jika anda lupa untuk membersihkan smartphone anda dari file sampah, smartphone tipe ini akan memberikan notifikasi kepada anda saat file sampah sudah cukup banyak untuk anda bersihkan, sehingga mempermudah untuk mengingatkan penggunanya.


Menggunakan fitur power saving

5.  Aktifkan Mode Power Saving


Seperti halnya laptop, Xiaomi Redmi 1S dilengkapi dengan fitur power saving untuk menghemat daya pakai baterai anda. Walaupun termasuk fitur yang cukup penting dalam menghemat pemakaian baterai, banyak pengguna smartphone Xiaomi tidak menghiraukan fitur ini. 


Saat anda mengaktifkan fitur ini, smartphone anda akan secara otomatis menyalakan mode power saving saat baterai Redmi 1S anda di bawah 60%. Cara mengaktifkannya pun cukup sederhana, dengan cara masuk ke security lalu masuk ke power battery saver lalu ubah menjadi switch on battery saver.


-


Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, anda bisa membuat daya tahan baterai Xiaomi Redmi 1S anda bertahan lebih lama dari biasanya. Kendati demikian, penggunaan smartphone yang terus-menerus akan lebih cepat membuat daya tahan baterai menurun dan membuatnya panas yang bisa mengakibatkan kondisi baterai lebih cepat rusak. 


Tanda-tanda kerusakan baterai salah satunya adalah Xiaomi Redmi tidak berhenti mengisi dayaSelain tidak baik untuk kondisi baterai, penggunaan smartphone yang terus menerus juga tidak baik untuk psikologis penggunanya yang cenderung akan menghiraukan keadaan sekitar karena merasa bisa menemukan dunianya sendiri. 


Untuk itu belajarlah menjadi pengguna yang bijak dengan mengetahui batasan-batasan baik dan buruk dalam menggunakan smartphone. 

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang