Bagaimana cara menyembuhkan infeksi saluran kencing secara permanen?

Dilihat 431 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1


Penyakit infeksi saluran kemih merupakan salah satu penyakit yang menyerang saluran kemih. Saluran kemih memiliki tugas yang penting yaitu untuk membuang atau mengeluarkan urin dari dalam tubuh. Infeksi saluran kemih (ISK) adalah kondisi ketika organ yang termasuk ke dalam sistem kemih, yaitu ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra, mengalami infeksi.  Penderita  infeksi saluran kemih biasanya akan mengalami rasa sakit, perih dan panas pada saat buang air kecil.

Infeksi saluran kencing dapat terjadi pada siapa saja. Akan tetapi, karena tubuh wanita memiliki saluran uretra yang lebih pendek, maka wanita lebih rentan mengalami infeksi saluran kemih, penyebab umumnya adalah oleh bakteri, namun dapat juga disebabkan oleh virus ataupun jamur.  Hal  ini dikarenakan jarak lubang untuk buang air kecil wanita lebih dekat dengan anus yang mana kondisi tersebut membuat kotoran dari anus dapat merambat ke bagian kemaluan wanita. Wanita yang sering membersihkan dari arah belakang ke depan setelah buang air kecil memiliki resiko tinggi untuk terkena penyakit infeksi saluran kemih.

Selama infeksi tergolong ringan dan anda tidak berisiko tinggi untuk mengalami komplikasi, perawatan di rumah sakit tidak diperlukan. Selain antibiotik, obat pereda rasa sakit, seperti parasetamol, terkadang juga diperlukan untuk menghilangkan rasa nyeri yang disebabkan ISK.

Antibiotik atau obat kimia bukanlah satu-satunya obat infeksi saluran kemih, terkadang pengobatan sederhana juga cukup membantu dalam masalah ini, meskipun konsultasi dengan dokter juga tetap dibutuhkan. 


Cara Penyembuhan Infeksi Saluran Kencing

Dalam penyembuhannya, ISK akan makin cepat berhasil jika ditunjang dengan langkah-langkah yang dapat anda  lakukan di rumah, di antaranya:


  • Pergilah ke Dokter.

Langkah awal dan utama yang harus anda ambil adalah pergi ke dokter untuk memastikan apakah anda benar terkena penyakit infeksi saluran kencing. Setelah terdiagnosis, dokter akan mengetahui kuman jenis apa yang menyerang saluran kencing anda dan ia akan memberikan jenis antibiotik yang tepat untuk anda. Ingat untuk tidak minum antibiotik atas resep anda sendiri.


  • Minum Banyak Air Putih


Dokter selalu menyarankan orang yang terinfeksi saluran kemih  harus meminum banyak air.  Meminum air sangat bergunadalam masalah ini karena air membantu menghilangkan dan mencuci saluran yang tertutupi oleh bakteri. Asupan air harus menurut kebutuhan dan saran dokter.   Penderita peradangan  saluran kencing harus rajin minum air putih, karena penyakit ini terjadi pada mereka yang kurang minum air putih.  Minumlah banyak air, karena dengan anda sering buang air kecil, maka bakteri akan terbuang dan sulit berkembang biak. Sebagai patokannya, dianjurkan meminum air putih 30 ml untuk satu kilo berat badan. Misalnya anda mempunyai berat badan 60 kg, dianjurkan minum air putih sebanyak 1,8 liter tiap hari. Selain perbanyak minum air putih, sebaiknya anda juga menghindari makanan yang sifatnya panas seperti kopi, makanan pedas dan banyak bumbunya, makanan yang manis, berlemak dan daging yang berlebihan.


  • Vitamin C

Vitamin C dipercaya dapat  membantu mengobati masalah ISK. Vitamin C membuat urin menjadi lebih asam. Hal ini akan menghalangi pertumbuhan bakteri dan kuman lain yang berujung pada infeksi. Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung Vitamin C dapat mengurangi penempelan bakteri pada saluran kencing anda.


  • Pertimbangkan Solusi Herbal

Penderita juga  dapat mempertimbangkan pengobatan alami (herbal) karena penggunaan obat tradisional diklain lebih aman dari efek samping yang merugikan kesehatan.  Namun penting diperhatikan bahwa  menggunakan pengobatan alami adalah untuk menjaga keseimbangan dan tidak digunakan untuk jangka waktu lama, karena dapat menyebabkan infeksi ginjal.  Dipercaya terdapat  3 ramuan obat infeksi saluran kemih alami yaitu ramuan kumis kucing, ramuan rambut jagung. dan jus  cranberry.  Khasiat ketiga ramuan tersebut adalah sama yaitu sebagai anti bakteri dan anti radang.

1.  Ramuan Kumis Kucing


Obat infeksi saluran kemih trandisional pada wanita dan pria yang pertama yaitu dengan ramuan kumis kucing. Ramuan ini baik untuk infeksi atau peradangan saluran kencing secara menyeluruh. Untuk membuat ramuan ini, dengan menyiapkan bahan-bahannya, yaitu : 30 gram kumis kucing segar atau 15 gram yang kering, 20 gram akar alang-alang segar dan 15 gram bunga kenanga kering.Cara membuatnya, yaitu : rebus semua bahan kedalam 4 gelas air, hingga air menjadi 2 gelas. Minum segelas dua kali sehari sampai sembuh. Jika belum sembuh dalam 3 hari, sebaiknya periksakan ke rumah sakit atau dokter.


2.  Rambut Jagung


Obat herbal berikutnya adalah ramuan rambut jagung. Ramuan rambut jagung ini bersifat diuretik dan baik untuk mengurangi peradangan saluran kencing. Selain itu manfaatnya untuk membunuh bakteri penyebab infeksi. Bahan-bahanya : rambut jagung dari 2 buah jagung dan 10 gram akar alang-alang kering. Cara membuatnya : rebus semua bahan dalam 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Minum 2 kali sehari untuk infeksi atau radang yang ringan. Minum 4 kali sehari untuk infeksi atau peradangan yang berat. Apabila anda dalam 3 hari belum sembuh, periksakan ke rumah sakit atau dokter terdekat.


3.  Jus Cranberry


Sebuah studi menemukan cara baru bagaimana kandungan kimia dalam buah cranberry dapat mengubah perilaku bakteri, dengan kata lain berperan potensial untuk derivatif dalam implan. Sejak dahulu ada mitos yang mengatakan walaupun beberapa ahli mengatakan itu belum mempunyai dasar fakta bahwa dengan mengkonsumsi buah ini juga dapat mencegah infeksi saluran kemih (ISK). Khasiat buah cranberry ialah dapat menghambat bakteri yang menempel pada dinding saluran kemih, yang dikenal dengan PAC (proanthocyanidins). Meningkatnya konsentrasi ekstrak juga mengurangi produksi bakteri dari urease, enzim yang berkontribusi terhadap infeksi virulensi.


  • Gaya Hidup Sehat

           

Gaya hidup dan kebiasaan tidak baik  sering menyebabkan masalah infeksi saluran kencing. Mengganti kebiaaan yang kurang baik ke sesuatu yang lebih sehat atau positif akan membantu menyelesaikan masalah ISK dengan cepat. Berikut ini adalah beberapa langkah pencegahan yang dapat anda lakukan  untuk mengurangi resiko anda terkena penyakit infeksi saluran kemih.

1.  Kurangi atau hilangkan kebiasaan merokok 

2. Usahakan untuk menghindari celana yang ketat. Gunakan pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun dan hindari pemakaian pakaian dalam berbahan nilon dan pakaian yang ketat.

3.  Bagi wanita sebaiknya  gunakan produk kewanitaan tanpa aroma. Selalu jaga organ kewanitaan anda tetap kering. Keringkan organ kewanitaan anda setiap kali selesai berkemih atau buang air besar dengan tissue dan hindar mencuci organ kewanitaan anda dari arah belakang (bokong) ke depan, namun lakukanlah dengan arah yang sebaliknya. Kebiasaan memakai panty liner juga dapat membuat organ kewanitaan lembap dan menjadi sumber infeksi saluran kencing

4.  Biasakan mandi dengan air yang mengalir dan jangan beremdam di bak mandi

5.  Jangan  tahan keinginan anda untuk kencing karena dengan mengosongkan kandung kemih, anda dapat mencegah bakteri untuk makin berkembang biak.


  • Gunakan panas di masalah infeksi saluran kencing


Dokter dan ahli medis menyarankan bahwa penggunaan bantalan panas di sekitar bagian pribadi akan membantu mengurangi pembengkakan, rasa terbakar dan rasa sakit. Namun ddemikian penggunaannya harus mengikuti petunjuk yang benar dan jangan gunakan langsung di kulit dan harus sesuai  dengan intensitas normal dengan durasi tidak lebih dari lima belas menit.


  • Perhatikan  Makanan Anda

Laporan medis mengakatakan jika makanan cepat saji, alkohol, dan makanan pedas lainnya harus dikurangi pada kasus infeksi saluran kencing. Karena makanan Ini akan menjadi beban bagi kandung kemih dan berujung ke masalah lain.  Makanan-makanan pendukung yang dapat digunakan sebagai cara mengobati infeksi saluran kencing antara lain: diet vegetarian atau perbanyak konsumsi sayuran, yakni kacang merah, kacang polong, seledri, wortel, waluh , kentang dan kulitnya, asparagus, jamur,  jus jeruk nipis, daun tanaman jombang dan sayur rambut jagung.


Dahulu, penyakit saluran kencing merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Untungnya, jaman sekarang setelah ditemukannya antibiotik, penyakit ini menjadi mudah ditangani dan kemungkinan kesembuhannya sangat besar bila mendapatkan penanganan yang tepat.  Mengenali ciri-ciri infeksi saluran kencing sedari dini dapat membantu dokter dan diri anda untuk mendiagnosis penyakit ini dan menyembuhkannya. Jangan ragu atau malas untuk berkunjung ke dokter, karena penyakit ini mutlak membutuhkan penanganan yang tepat dari tenaga kesehatan yang kompeten. Selain obat dokter, anda juga dapat mengatasi gejala dan menghindari infeksi saluran kencing berulang dengan melakukan cara-cara yang telah kami uraikan di atas. Demikianlah informasi cara mengobati infeksi saluran kencing, semoga bermanfaat dan salam sehat!


Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang