Bagaimana cara menyembuhkan sembelit kronis tanpa obat?

Dilihat 752 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Pasti anda pernah merasa di kala sakit, kesehatan begitu berharga bagi anda. Ya, kesehatan adalah anugerah yang tanpa kita sadari jarang kita syukuri. Dengan kesehatan kita bisa melakukan banyak hal tanpa perlu merasa sangat lelah ataupun kesakitan. Tapi manusia sering lalai dalam menjaga kesehatannya, banyak orang yang kini lebih memilih menjalani gaya hidup yang belum tentu sehat. 


Salah satu penyakit yang sering dianggap remeh namun cukup menyiksa adalah saat anda merasakannya kondisi sembelit. Penyakit sembelit ini cukup merepotkan dan bahkan bisa menjadi bertambah parah jika kita terlalu lama membiarkannya. Banyak orang yang bahkan berkembang penyakitnya menjadi wasir atau ambeien. 


Dalam artikel kali ini, saya akan menjelaskan beberapa cara melancarkan BAB secara alami. Semoga artikel ini bisa berguna bagi anda dalam mengatasi sembelit


Sembelit


Apa itu Sembelit?


Pernahkah kita mengalami kondisi susah buang air besar (BAB) yang disertai dengan perasaan sakit dan tidak nyaman pada perut? Itu adalah satu satu tanda dari sembelit. Sembelit bukanlah kondisi yang jarang terjadi, hampir setiap orang pernah mengalaminya, mulai dari anak anak sampai lansia sekalipun bisa merasakan sembelit. Sembelit biasanya sering dialami oleh lansia, wanita, terutama wanita hamil dibandingkan dengan laki-laki. 


Sembelit atau dalam istilah medis disebut dengan konstipasi adalah suatu kondisi dimana buang air besar menjadi lebih jarang dari biasanya dikarenakan tinja atau feses yang kering dan keras sehingga sangat sulit untuk dikeluarkan serta akan menimbulkan rasa sakit ketika buang air besar. 


Normalnya seseorang buang air besar itu 1-2 kali dalam sehari, sedangkan bila orang dewasa buang air besarnya kurang dari 3x dalam seminggu dan pada anak-anak dalam 5 hari atau lebih tidak buang air besar, kondisi tersebut bisa dikatakan sebagai sembelit. 


Bila kita mengalami sembelit, jangan menganggapnya remeh segeralah mencari cara melancarkan BAB karena kotoran yang menumpuk di usus besar akan menimbulkan masalah bagi kesehatan kita. 


Jika dibiarkan berlarut-larut, konsekuensi terburuk dari sembelit parah bisa menimbulkan komplikasi penyakit lainnya seperti: hemoroid atau wasir, yaitu suatu kondisi ketika feses membatu dalam usus akibat dari menumpuknya feses yang tidak bisa bergerak ke daerah anus. 



Akibatnya, kulit di sekitar anus menjadi luka karena feses yang terlalu keras, hal ini juga bisa menyebabkan bagian rectum ikut keluar ke anus karena tekanan yang kuat saat seseorang mengejan untuk mengeluarkan feses yang keras. 


Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara mengatasi sembelit.


Cara mengatasi sembelit


Penyebab Sembelit


Untuk mencegah kondisi sembelit ini menyerang anda, tentunya anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja yang bisa menyebabkan sembelit. Salah satu penyebab sembelit yang paling umum diketahui semua orang adalah akibat pola makan yang buruk. 

Jika anda jarang mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung serat, biasanya anda akan mudah terkena sembelit. 


Selain itu, ternyata ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab utama sembelit. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:


  • Kurangnya cairan atau tidak cukup minum sehingga mengakibatkan feses menjadi keras dan sulit untuk keluar.
  • Kurang olahraga atau gerak fisik, bila kita aktif bergerak fleksibilitas usus pun akan ada pada tingkat yang baik sehingga sembelit bisa dicegah.
  • Faktor usia, pada usia lanjut usus akan kekurangan elastisitasnya.
  • Akibat stres, stres juga bisa mempengaruhi kinerja sistem pencernaan, sembelit bisa terjadi bila sistem pencernaan tidak lancar. Untuk itu mengurangi stres bisa menjadi salah satu cara melancarkan BAB
  • Pola makan tidak sehat seperti diet yang buruk, anda perlu mengatur pola makan dengan teratur dan diet sehat yang benar serta seimbang agar usus pun selalu terjaga kesehatannya.
  • Kehamilan, pada wanita hamil terjadi pelambatan gerakan usus sehingga berpotensi menyebabkan susah buang air besar.
  • Kondisi penyakit tertentu, seperti: tifus, hernia, kanker usus, dan lain-lain.
  • Adanya perubahan kegiatan rutinitas, terutama disaat bepergian. Adanya perubahan pada waktu makan, waktu tidur, begitu juga waktu buang air besar.
  • Kekurangan vitamin C pada tubuh.
  • Sering menahan buang air besar, sering mengacuhkan dorongan untuk buang air besar karena merasa sedang tanggung dan tidak mau mengganggu aktivitas kerja.
  • Sering mengkonsumsi makanan beku, makanan cepat saji, daging, makanan rendah serat namun tinggi lemak. Hal ini akan memperparah kondisi sembelit.

Dengan mengetahui penyebab terjadinya sembelit, maka kita dapat berusaha untuk mengatasi sembelit, sembelit harus segera diatasi dan disembuhkan sebab bila feses terus-menerus tertahan di usus, usus pun tidak akan maksimal untuk menyerap sari-sari makanan, sehingga menyebabkan tubuh menjadi lemas. 


Beberapa macam sembelit



Jenis-jenis dan Gejala Sembelit


Ada 3 jenis sembelit yang bisa dialami oleh seseorang, di antaranya adalah:

 

  • Sembelit kronis: adalah kondisi perubahan buang air besar untuk jangka waktu panjang yang biasanya akibat kurang aktivitas fisik atau kebiasaan makan yang salah. 
  • Sembelit parah: jika buang air besarnya kurang dari 1x dalam seminggu yang biasanya memerlukan pengosongan usus dan pemeriksaan. 
  • Sembelit akut: adanya perubahan mendadak dalam buang air besar yang biasanya jadi sinyal adanya masalah serius di usus seperti tumor usus besar sehingga memerlukan perhatian medis. 

Tiap penderita bisa mengalami sembelit yang berbeda-beda tingkat keparahannya. Begitu juga waktunya, ada yang mengalami sembelit dalam waktu singkat dan ada juga yang mengalaminya dalam jangka waktu panjang atau kronis. 


Sembelit kronis biasanya menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman yang bisa mengganggu kemampuan mereka untuk melaksanakan tugas sehari-hari. 


Sembelit bisa dikatakan kronis bila dalam 3 bulan terakhir mengalami 2 atau lebih dari gejala-gejala di bawah ini:


  • Buang air besar kurang dari 3 minggu 
  • Memiliki kotoran kental atau keras dan berbentuk bulat bulat kecil. 
  • Perut akan terlihat seperti orang hamil dan terasa sangat mulas. 
  • Merasa seakan-akan ada sesuatu yang menghalangi di daerah ujung dubur sehingga menghalangi atau menyebabkan kesulitan mengeluarkan feses.
  • Membutuhkan bantuan untuk mengosongkan dubur, seperti menggunakan tangan untuk menekan perut dan menggunakan jari untuk menghilangkan kotoran dari dubur. 
  • Merasa seakan-akan tidak bisa benar-benar mengosongkan tinja dari dubur, merasa BAB selalu tidak tuntas. 

Perlu mengkonsumsi makanan berserat


Menyembuhkan Sembelit Kronis Tanpa Obat

Lalu, bagaimana cara menyembuhkan sembelit kronis tanpa obat? 

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menyembuhkan sembelit yang kronis tanpa obat, yaitu dengan:


1. Perbanyak Makanan Mengandung Serat


Memperbanyak makan, makanan yang banyak mengandung serat tinggi seperti mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan (terutama papaya), adalah cara melancarkan BAB yang paling pertama. Makanan berserat akan membantu tubuh membentuk feses yang sehat yaitu yang tidak terlalu cair dan juga tidak terlalu keras.



2. Minum Cukup Air Putih Setiap Harinya


Sembelit akan menyebabkan kotoran mengeras dan kering, ketika sisa makanan melewati usus besar air dari sisa makanan tersebut akan diserap sepenuhnya jika kita mengalami dehidrasi, sehingga menyebabkan kita sembelit. 


Jika kita minum air yang cukup, usus besar akan menyerap lebih sedikit air dari sisa makanan sehingga kotoran dalam usus menjadi lebih lunak. Selain itu dengan minum air yang banyak akan membuat gluten atau makanan lain cepat keluar dengan bantuan air. 


Minumlah air yang cukup sekitar 8 sampai 10 gelas perhari atau sekitar 2 liter.


Cukup minum air putih setiap harinya


3. Perbanyak Olah Raga dan Latihan Bernafas


Dengan memperbanyak aktifitas fisik atau olahraga akan memberi manfaat yang baik pada tubuh karena akan mempercepat metabolisme tubuh sehingga makanan dapat dicerna dengan cepat sehingga tidak akan menimbulkan sembelit.



4. Menghindari Makanan yang Mengandung Gluten.


Gluten merupakan sejenis protein yang terdapat dalam berbagai biji-bijian, seperti gandum, barley, rye dan sejenisnya. 

Karena pada dasarnya manusia tidak bisa mencerna gluten dengan baik, maka memakan makanan yang banyak mengandung gluten akan sulit dicerna dalam tubuh yang akhirnya menahan saluran cerna kita dan menimbulkan sembelit.


-

Itulah beberapa cara untuk menyembuhkan sembelit tanpa menggunakan obat. Mulai sekarang kita harus bisa menjaga pola makan kita dan juga pastikan untuk meminum air putih yang cukup setiap harinya agar kita terhindar dari sembelit. 


Penting juga untuk mengonsumsi makanan berserat setiap harinya agar pergerakan usus menjadi lancar dan mempermudah untuk melakukan buang air besar setiap harinya. Semoga bermanfaat!!

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang