Bagaimana cara meredakan gatal yang disebabkan oleh pertumbuhan rambut setelah dicukur?

Dilihat 579 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kaki yang gatal setelah dicukur merupakan masalah yang sering dihadapi oleh para wanita. Goresan yang menyakitkan bisa membuat bahkan wanita yang paling rasional sekalipun menjadi frustasi dan meneteskan air mata. Rasa gatal yang timbul setelah bercukur bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya karena kulit yang kering. Kadang setelah ruam juga bisa muncul setelah bercukur.


Ada beberapa cara dan teknik yang dapat digunakan untuk mengobati dan mencegah masalah ini. 


Penyebab Gatal 


Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kulit menjadi gatal dan berruam setelah dicukur. Penyebabnya bisa dari kulitmu sendiri atau karena kesalahan bercukur. 


  • Kulit kering : Kalau kulitmu kering, meneka benda apapun ke kulitmu dapat menyebabkan iritasi kulit, termasuk ketika kamu mengeringkan kulit dengan handuk sehabis mandi.
  • Kulit sensitif : Orang yang kulit yang sensitif gampang mengalami iritasi kulit. Ruam yang muncul setelah mencukur bulu rambut merupakan masalah yang umum bagi orang dengan kulit sensitiv. 
  • Pisau cukur yang tumpul : Menggunakan pisau cukur yang tumpul bisa menyebabkan kamu menekan kulit terlalu keras ketika bercukur, yang dapat menyebabkan kaki menjadi gatal serta muncul ruam di kulit. Jangan gunakan pisau cukur yang tumpul. Jika kamu menekan pisau cukur terlalu keras ke kulit, hal tersebut hanya akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan hasil cukur pun tidak akan sempurna.

Penanganan


Ada banyak cara untuk menghentikan rasa gatal pada kaki setelah bercukur. Kamu juga bisa menemukan banyak obat - obatan di pasaran, serta pengobatan yang alami :

  • Obat - obatan. Kamu bisa menemukan losion, krim atau obat semprot yang bisa meredakan rasa gatal pada kaki setelah bercukur. Pilihlah produk yang mengandung Camphor Menthol Phenol Pramoxine Diphenhydramine Benzocaine. Krim anti gatal yang mengandung 1% hydrocortisone juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa gatal, terutama jika timbul ruam setelah bercukur. 
  • Pengobatan alami. Bahan alami juga dapat digunakan untuk meredakan rasa gatal pada kaki setelah bercukur, bahkan jika sudah timbul ruam pada kulit. Bahan - bahan tersebut dapat digunakan dalam bentuk losion, krim, obat sempot atau langsung diaplikasikan ke kulit. Lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi iritasi kulit, termasuk kulit yang terbakar. Getah dari tanaman lidah buaya dapat langsung diaplikasikan pada kulit yang bermasalah. Bahan alami lain yang dapat membantu mengatasi masalah ini adalah oatmeal. Mandi dengan menggunakan oatmeal dapat membantu meredakan rasa gatal serta ruam pada kulit, termasuk yang disebabkan oleh sengatan lebih. Minyak vitamin E biasanya dapat ditemukan pada produk - produk perawatan kulit. Minyak vitamin E merupakan pelembab kulit alami dan dapat meredakan iritasi kulit serta menangani kulit kering dengan cepat.

Pencegahan 


Ada banyak teknik untuk mencegah rasa gatal pada kaki setelah bercukur. Lakukan teknik di bawah ini sebelum dan setelah bercukur:

  • Gunakan air hangat untuk mencukur kaki. Air hangat meningkatkan kelembaban kulit dan membantu melembutkan serta menipiskan bulu sehingga bercukur menjadi lebih mudah.
  • Pastikan kamu melakukan pengelupasan kulit sebelum dan sesudah bercukur. Mengelupaskan kulit sebelum bercukur menyingkirkan sel kulit mati serta meluruskan bulu dan dan menjadikan hasil cukur lebih merata. Mengelupaskan kulit setelah bercukur menyingkirkan adanya sumbatan - sumbatan yang diakibatkan oleh produk yang digunakan saat bercukur.
  • Selalu gunakan krim untuk bercukur atau produk sejenis untuk melembabkan kulit. Jangan hanya menggunakan air, meskipun kamu menggunakan sabun. Hal ini tidak disarankan karena dapat membuat kulit menjadi kering. Kalau kamu suka menggunakan sabun untuk bercukur, cobalah gunakan sabun susu kambing yang dapat menetralisir pH kulitmu. Kalau kamu memiliki kulit yang sensitif, gunakan produk yang mengandung lidah buaya. Biarkan krim cukur pada kulitmu selama tiga menit untuk melembutkan bulu. 
  • Cukur dengan arah sesuai pertumbuhan bulu. Kalau kamu mencukur dengan arah yang berlawanan, maka dapat menyebabkan iritasi kulit. 
  • Gunakan pisau cukur yang tajam agar kamu tidak harus terlalu menekan pisau cukur ke kulit.
  • Gunakan pelembab yang tidak mengandung parfum, pewarna atau alkohol karena bisa membuat kulit menjadi kering dan menyebabkan iritasi kulit. 

Kalau timbul ruam pada kulit yang tidak hilang dalam beberapa hari, segera kunjungi dokter. Ruam bisa jadi tanda dapat masalah yang lebih besar seperti infeksi kulit, eksema, atau infeksi staph.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang