Bagaimana caranya membuat desain kamar tidur agar ruangan lebih kedap suara?

Dilihat 4,31 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Cara terbaik untuk menciptakan ruangan yang nyaman adalah dengan menerapkan bahan kedap suara pada dinding kamar. Karena bagaimana pun juga, ruangan yang nyaman dan menenangkan adalah tempat  yang ideal untuk beristirahat.  Coba saja bayangkan ketika ingin istirahat, tetapi malah terganggu dengan suara bising dari rumah sebelah, atau bahkan suara klakson mobil di luar. 


Kita bisa menemukan banyak cara untuk mendesain kamar tidur sederhana dengan cara menerapkan teknik desain ruangan minimalis. Penggunaan desain semacam itu dapat mengubah kamar tidur menjadi multi fungsi sebagai ruang kerja atau bahkan home teather untuk hiburan


Tentunya jika kamar tidur juga berfungsi sebagai tempat kita bekerja atau menonton film, maka ruangan harus didesain kedap suara. Lantas, bagaimana cara membuat ruangan kedap suara?


Cara Membuat Ruangan Kedap Suara

1. Penyekat Dinding Kamar


penyekat dinding kamar


Untuk membuat desain kamar tidur yang kedap suara, anda dapat memasukan penyekat ke dalam dinding kamar. Caranya yaitu dengan menyisipkan material penyekat tersebut melalui bukaan stop kontak jika memungkinkan. Jika cara tersebut cukup menyusahkan, kita bisa mencoba memasukkan dari bagian atas dinding. Tentu saja, pertimbangkan ukuran dan desainnya agar pas dan serasi.


Setelah semuanya beres, lalu tutup lubang dalam dinding dengan cor yang bagus di bagian atas. Cara membuat ruangan kedap suara seperti ini tidak membuat anda harus merombak desain kamar tidur yang sudah ada. Karena prinsipnya adalah anda meminimalisir ruang kosong di antara dinding. Sehingga secara tidak langsung gelombang suara yang merambat dapat diredam.


2. Gunakan Karpet Sebagai Peredam


cara membuat ruangan kedap suara


Jika memberi sekat di antara ruang dinding cukup repot untuk dilakukan seorang diri, alternatif lain adalah dengan menempelkan karpet pada dinding kamar. Karpet bisa menjadi salah satu alternatif bahan peredam suara. Selain itu, karpet memiliki jenis material yang lunak dan mudah diaplikasikan di dinding kamar. Sehingga anda bisa menyesuaikan desain kamar tidur sederhana yang sudah ada dengan warna karpet. 

Lalu, jenis karpet seperti apa yang bisa digunakan?

Anda bisa gunakan karpet besar yang digantung di dalam ruangan. Tentu tidak sembarang karpet. Kita harus menyesuaikannya dengan ukuran kamar yang akan diaplikasikan. Hal ini bisa menjadi pilihan yang lebih murah. 


3. Gunakan Rak Buku


desain kamar tidur sederhana


Beruntung bagi para pecinta buku. Karena ternyata, dengan meletakkan buku-di kamar dapat dijadikan alat peredam suara. Aplikasikan rak buku di dinding atau almari di sekitar dinding kamar. Selain itu, dinding yang terisi penuh dengan buku akan menambah estetika kamar kita. Memanfaatkan koleksi buku-buku kita ternyata bisa jadi salah satu pilihan menciptakan desain kamar tidur sederhana tetapi tetap estetik.


Selain tiga tips di atas, sebenarnya masih banyak pilihan untuk membuat desain kamar tidur. Setiap desain yang dipilih bisa disesuaikan dengan kebutuhan rumah anda. Selamat mencoba!

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang