Bagaimana cara saya memilih dokter spesialis kulit (dermatologis) yang bagus?

Dilihat 5,2 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1



Memiliki kulit wajah cerah, cantik, bebas jerawat, halus dan bersih menjadi impian setiap wanita. Membahas tentang kulit wajah, umumnya wanita modern akan berpikir tentang bagaimana cara mendapatkan kulit sehat, mulus, dan selalu terlihat awet muda. Namun sayangnya semakin bertambahnya usia, berbagai problem wajah pasti sering kita alami. Dari mulai jerawatan, beruntusan sampai wajah kusam, adalah permasalahan sepele yang tak jarang membuat anda jengkel bahkan malu untuk keluar rumah. Dari hal itulah maka biasanya banyak wanita memutuskan untuk melakukan perawatan kulit wajah.


Sebenarnya pemeliharaan kulit tidak hanya berlaku bagi kulit area wajah saja, namun juga berlaku untuk bagian tubuh lainnya, dari rambut sampai ujung kaki pun penting utuk mendapat perhatian lebih. Namun, karena wajah adalah bagian tubuh pertama yang biasa mendapat sorotan saat bertatap dengan orang lain, maka penampilan wajah menjadi penting untuk dijaga agar selalu terlihat prima dan membuat kepercayaan diri meningkat.


Banyak para wanita yang mulai melakukan perawatan kulit dengan cara yang berbeda, misalnya ada yang mulai dengan mulai berlangganan dengan krim-krim tertentu demi mendapatkan tipe kulit wajah idaman atau beberapa wanita lainnya akan memilih jalan sehat dengan berkonsultasi pada dermatologis atau biasa disebut dokter spesialis kulit. Memang, meskipun perawatan mahal tidak akan bisa membuat kulit selalu tampil muda, namun tentu saja perawatan tersebut dapat membantu menunda proses penuaan kulit. 


Bagi anda yang ingin melakukan perawatan kulit wajah, disarankan jangan asal langsung datang ke sembarang dokter, lebih baik anda mencari tahu dulu dokter spesialis kulit mana yang bagus dan benar-benar cocok dengan anda, sehingga hasilnya akan memuaskan. Nah, jadi bagaimana sih tips untuk mendapatkan dokter kulit yang bagus tersebut? Penasaran kan? Kalau begitu simak terus artikel ini sampai habis ya! 



Tips Ke Dokter Spesialis Kulit




Terkadang, menyerahkan perawatan kulit di tangan seorang dokter dapat menjadi hal yang sedikit menakutkan. Tetapi menemukan dermatologis yang bagus bukan merupakan hal yang sulit. Anda hanya perlu menanyakan pertanyaan yang tepat dan melakukan penelitian yang benar. Jika anda mengikuti saran di bawah ini, mungkin sekali anda akan dapat menemukan dokter kulit yang bagus dalam waktu yang singkat. Berikut beberapa tips yang bisa anda ikuti untuk menemukan dermatologis yang tepat untuk anda:

  • Bertanya kepada dokter umum anda

Langkah pertama untuk menemukan dokter kulit yang tepat adalah dengan bertanya kepada dokter umum yang biasa anda kunjungi. Dia mungkin tahu beberapa dermatologis yang bagus. Katakan kepadanya, dokter kulit seperti apa yang sedang anda cari – dermatologis spesialis kosmetik atau dermatologis secara umum.

Dermatologis secara umum maksudnya adalah dokter yang mengobati jerawat, ruam pada kulit serta masalah kulit lainnya seperti tahi lalat dan rosacea. Selain itu, jika anda memiliki bintik-bintik hitam dan kerutan, anda bisa meminta resep untuk anti penuaan (anti-aging). Namun jika anda memiliki bekas luka, goresan keriput yang dalam, atau perubahan warna kulit yang persisten, berkonsultasilah kepada dermatologis spesialis kosmetik. Perawatan dengan laser, suntikan, dan peeling (pengelupasan) mungkin akan ditawarkan oleh mereka. 


  • Berlisensi

Ketika memilih dokter kulit untuk melakukan satu perawatan kulit, pastikan bahwa dia secara medis berkualitas dalam segala bidang, dan juga harus ber lisensi (izin praktek). Lihatlah apakah mereka berprakterk di klinik mereka sendiri, selain berpraktek di rumah sakit. Sudah berapa lama pengalamannya dan lain sebagainya.


  • Bertanya kepada teman-teman anda.

Ada beberapa hal yang perlu anda tanyakan kepada teman–teman anda mengenai dermatologis yang mereka kunjungi. Apakah mereka bertemu dengan dokter yang ramah dan membantu? Apakah mereka ditawarkan lebih dari satu solusi untuk menangani masalah mereka? Apakah mereka bertemu dengan dokter yang berterus terang dan penuh dukungan saat melakukan dan setelah melakukan prosedur?

Tanyalah pada teman – teman anda apakah mereka sudah lama berlangganan dengan dokter kulit tersebut. Pertimbangkanlah rekomendasi yang mereka berikan.

Amati kulit teman anda. Kondisi kulit pasien dapat memberikan gambaran banyak mengenai dokter kulitnya. Apakah anda melihat perubahan yang baik pada kulit teman anda? Apakah kulitnya bercahaya? Jika dia melakukan botox, apakah wajah tampak terlihat alami atau tidak?


  • Iklan

Berhati - hatilah jika anda melihat banyak iklan mengenai dokter kulit tertentu. Dermatologis yang benar-benar bagus, tidak membutuhkan banyak iklan.


  • Cek situs dokter kulit tersebut

Jika dokter kulit pilihan anda memiliki situs, cobalah periksa sertifikasinya. Cek juga apakah dia fokus sebagai dermatologis spesialis kosmetik atau dermatologis secrs umum. Pada umumnya, seorang dermatologis yang baik memiliki satu spesialisasi, bukan keduanya. Jika anda menemukan dermatologis yang menawarkan botox atau perawatan laser sebagai spesifikasi tertentu, berarti dia lebih berpengalaman dibanding dengan seorang dermatologis yang menawarkan semua jenis perawatan kulit.


  • Biarkan dermatologis berbicara

Ketika anda menemui dokter kulit untuk pertama kalinya, ceritakan padanya mengenai masalah kulit yang anda hadapi dan dengar apa yang dia sarankan. Dan juga tentukan apa yang anda cari, perawatan kulit kosmetik atau hanya perawatan kulit secara umum. Anda perlu merasakan bagaimana cara dokter anda dalam melakukan pendekatan. Jika mereka merekomendasikan perawatan seperti pengelupasan kulit (peeling) untuk masalah yang sederhana, seperti perbedaan warna kulit, tanyakan alasannya mengapa mereka merekomendasikan perawatan tersebut. Selalu bertanyalah kepadanya jika anda memiliki keraguan. Jangan percayakan perawatan kulit anda dengan dermatologis tanpa mempunyai keyakinan 100%.

Ketahuilah seberapa sering mereka melakukan prosedur yang anda perlukan. Jika mereka lebih mengenal kondisi kulit anda, kemungkinan besar anda akan mendapatkan perawatan yang lebih baik.

  • Pengalaman

Semakin banyak pengalamaman seorang dokter, semakin tinggi kualitas yang akan dia berikan. Jika dokter tersebut sudah praktek lebih dari 5 tahun, anda bisa mengandalkannya.

  • Cek foto-foto yang ditunjukkan sebelum dan sesudah perawatan

Jangan tergesa - gesa dalam memutuskan setelah melihat hasil foto-foto yang menakjubkan dari kulit-kulit yang sempurna setelah perawatan, yang ditunjukkan kepada anda oleh dokter kulit. Berhati-hatilah. Selain itu, dalam era digital ini, sama sekali tidak sulit untuk mengubah gambar secara digital. Tanyakan kepada dokter kulit tersebut apakah nantinya anda akan mendapatkan hasil yang sama seperti foto yang dia tunjukkan. 




Nah itulah tips-tips yang perlu anda pertimbangkan sebelum pergi ke dokter spesialis kulit yang tepat. Pada intinya, anda bisa menemui dokter kulit dan berkonsultasi ketika anda memang harus melakukannya, jangan sampai anda mengeluarkan banyak uang untuk dokter kulit yang tidak cocok sama sekali dengan anda. Anda harus benar-benar teliti dalam hal ini agar hasil yang didapat benar-benar maksimal. Disamping itu, meskipun anda telah mengunjungi dokter kulit yang bagus untuk merawat kecantikan kulit anda, namun jangan lupa tetap melakukan perawatan dasar harian untuk kecantikan kulit wajah anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi siapapun yang sedang mencari dokter kecantikan kulit yang tepat. Good Luck!

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang