Bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan alami?

Dilihat 1,11 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Memiliki wajah bersih nan mulus merupakan dambaan setiap orang terutama para wanita. 


Namun, ada banyak permasalahan yang membuat kulit wajah terlihat tidak menarik dan membuat seseorang tidak percaya diri. Beberapa permasalahan kulit wajah yang paling umum di antaranya seperti kulit wajah kusam, warna tidak merata, wajah berminyak, dan yang paling membuat jengkel adalah masalah jerawat


Untuk masalah yang terakhir ini, pasti semua orang pernah mengalaminya dan banyak orang yang rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk mengatasi dan menghilangkan bekas jerawat


Padahal kini banyak sekali cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dan cepat daripada menggunakan obat kimia yang belum tentu aman. Berikut ini, mari simak tips menghilangkan jerawat dengan cepat dan dijamin berhasil!


Permasalahan jerawat


Jerawat dan Jenis-jenisnya


Jerawat adalah suatu permasalahan wajah yang disebabkan karena pori-pori kulit tersumbat sehingga menyebabkan kantung nanah yang meradang. 


Mengapa pori-pori kulit bisa tersumbat dan menyebabkan jerawat? 


Hal ini karena sel-sel kulit mati yang ada di wajah kita menyumbat sekresi kulit yang seharusnya mengeluarkan minyak kotor pada wajah. JIka kotoran wajah berupa minyak tersebut tersumbat oleh sel-sel kulit mati dipermukaan kulit bisa menimbulkan jerawat. 


Untuk itu, permasalah jerawat juga sering dikaitkan dengan permasalah kebersihan wajah seseorang, karena biasanya sel-sel kulit mati yang bersifat kotor bisa berasal dari debu ataupun karena kurangnya kita menjaga kebersihan wajah. 


Jerawat sebenarnya bisa timbul di leher, punggung, atau bahkan kulit kepala. Namun, jerawat yang timbul di area wajah biasanya dianggap paling mengganggu karena bisa menurunkan rasa percaya diri. 


Ada banyak faktor penyebab jerawat di wajah, salah satunya bisa ditimbulkan karena produksi minyak yang berlebihan. Hal ini terjadi karena minyak yang berlebih di wajah dapat menyumbat pori-pori di kulit. 


Selain itu, jerawat bisa timbul karena bakteri, stres, bahkan alergi pada makanan atau minuman tertentu.


Apa itu jerawat?


Jerawat biasanya timbul pada saat seseorang mulai memasuki usia remaja.


Hal ini terjadi karena sejumlah perubahan hormon yang terjadi pada tubuh seseorang. Salah satunya adalah peningkatan kadar hormon androgen. Hormon inilah yang kemudian memicu kelenjar minyak di bawah permukaan kulit menghasilkan lebih banyak minyak yang cenderung mengakibatkan jerawat. 


Banyak tips menghilangkan jerawat baik secara alami maupun tidak. Namun sebelum mengetahui bagaimana cara menghilangkan jerawat, anda sebaiknya mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis jerawat yang muncul di kulit wajah anda. 


Jeni-jenis jerawat tersebut adalah sebagai berikut:


  • Jenis pertama adalah jenis jerawat biasa, jenis jerawat yang satu ini nampaknya pernah dialami oleh sebagian besar orang. Bentuknya kecil dan dan berwarna putih kemerahan. Jerawat ini timbul biasanya karena bakteri yang hidup di area tersembunyi di bawah permukaan kulit.
  • Jenis selanjutnya adalah jerawat batu. Jerawat batu memiliki ukuran yang lebih besar dan berwarna lebih merah juga terlihat meradang. Jerawat batu cenderung akan meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan, jerawat jenis ini diakibatkan oleh pertumbuhan sel yang tidak normal.
  • Selain jenis-jenis jerawat yang sudah umum, tidak banyak orang yang tahu jika komedo juga merupakan salah satu dari jenis jerawat. Komedo yang biasa timbul di ujung hidung ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak berlebih. Maka, cara menghilangkan jerawat dan komedo itu sama, karena komedo adalah salah satu jenis jerawat.

Cara mengatasi jerawat



Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya


Jerawat yang muncul sebaiknya tidak dibiarkan, saat jerawat mulai tumbuh sebaiknya anda bergegas mencari tahu cara menghilangkan jerawat. 


Memang ada beberapa orang yang menyarankan agar jerawat sebaiknya dibiarkan agar tidak semakin meradang. Tetapi sebaiknya anda melakukan sesuatu yang tepat agar jerawat tidak bertambah banyak dan juga tidak menimbulkan peradangan yang semakin parah. 


Berikut adalah beberapa cara tepat yang bisa anda praktekkan saat jerawat timbul di area wajah anda:



1. Menggunakan Baking Soda


Tips menghilangkan jerawat yang pertama adalah dengan menggunakan Baking soda. Bahan kue satu ini dipercaya dapat menetralkan keasaman kulit sehingga bisa mematikan bakteri penyebab jerawat. 


Selain itu, baking soda juga dapat menyerap minyak berlebih pada wajah anda. 


Caranya pun cukup mudah, anda hanya tinggal mencampurkan dua sendok makan baking soda dengan satu sendok makan air dan oleskan pada jerawat anda lalu diamkan kurang lebih selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. 



2. Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi


Kandungan flouride pada pasta gigi bisa mengeringkan jerawat yang sedang timbul serta mengurangi peradangan pada wajah. 


Caranya, anda tinggal mengoleskan langsung pasta gigi hanya pada jerawat saja lalu biarkan selama 2 jam atau bahkan semalaman, setelah itu bilas dengan air. 


Jerawat yang sedang timbul akan langsung kering pada keesokan harinya berkat pasta gigi.


Mengatasi jerawat dengan scrub gula

3. Scrub Gula

 

Selain biasa digunakan untuk menghaluskan bibir yang kering, scrub gula juga dipercaya bisa menyembuhkan jerawat yang muncul pada area wajah anda. 


Kandungan AHA dan glikolat pada gula dapat membersihkan wajah anda dari sel-sel kulit mati dan membunuh bakteri penyebab jerawat karena pada dasarnya, dinding sel bakteri tidak akan tahan terhadap gula. 


Caranya anda cukup mencampurkan 2 sendok makan gula dengan 1 sendok makan air lalu oleskan scrub pada jerawat atau seluruh area wajah selama 15 sampai 20 menit, setelah itu bilas dengan air hangat.



4. Menyembuhkan Jerawat dengan Es Batu


Tips menghilangkan jerawat yang selanjutnya adalah dengan menggunakan es batu. Caranya mudah, anda tinggal mengoleskan es batu yang sebelumnya sudah dibungkus dengan kain bersih pada jerawat anda, sebelumnya pastikan jika air yang digunakan untuk membuat es batu sudah steril. Ulangi proses ini sampai jerawat mengempis. 


Es batu bisa menghilangkan minyak berlebih pada wajah dan juga kotoran penyebab jerawat. Selain itu, es batu juga bisa berfungsi untuk mengurangi peradangan yang ditimbulkan oleh jerawat. 



Cara menghilangkan bekas jerawat dengan lemon

5. Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Lemon


Lemon dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dan cepat karena kandungannya dipercaya dapat mempercepat produksi kolagen pada kulit dan merangsang terbentuknya sel kulit baru. Selain itu, lemon juga efektif untuk mencerahkan kulit. 


Caranya dengan menyiapkan perasan air lemon lalu mengoleskannya pada area yang terdapat bekas jerawat. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air. 


Lakukan hal ini secara rutin setiap hari, dianjurkan agar selalu memakai pelembab wajah setelah menggunakan lemon untuk menghindari kulit wajah anda menjadi kering. 


6. Bawang Putih


Senyawa thiacremono yang terdapat pada bawang putih mampu membersihkan kulit dari bekas hitam dan bekas luka jerawat yang ada. 


Caranya pun sangat sederhana, anda tinggal mengoleskan bawang putih yang sebelumnya sudah dihaluskan terlebih dahulu langsung pada bekas jerawat anda. Diamkan beberapa menit sebelum akhirnya dibilas. 


Namun hati-hati bagi yang memiliki jenis kulit sensitif saat menggunakan bawang putih, bawang putih akan memberikan efek panas sehingga tidak direkomendasikan untuk kulit sensitif dan area jerawat di dekat mata.



7. Tomat


Kandungan vitamin A yang tinggi pada tomat dianggap bisa membantu menutrisi dan meremajakan kulit, terutama kulit wajah. Selain itu, tomat juga mampu membantu pertumbuhan sel kulit baru sehingga akan mengurangi bekas luka yang ada. 


Caranya sangat mudah, cukup dengan mengiris tipis tomat lalu meletakkannya pada area bekas jerawat. Biarkan selama 15 sampai 20 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan rutin ini minimal 2 minggu sekali agar hasilnya akan terlihat secara maksimal.


-


Itulah beberapa tips menghilangkan jerawat dan cara mengatasi bekas jerawat secara alami. Tenyata dengan bahan-bahan alami yang mudah didapat bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan jerawat dan juga bisa berguna untuk perawatan wajah kita. 


Menghilangkan bekas jerawat memang tidak mudah dan membutuhkan waktu, untuk itu alangkah baiknya jika kita bisa mencegah pertumbuhan jerawat sebelum jerawat muncul di area wajah dan bisa menurunkan rasa percaya diri. Membersihkan wajah secara rutin sebanyak dua kali sehari dan tidur yang cukup bisa mencegah jerawat muncul. 


Selain itu, menghindari stress, memakai make up yang cukup, banyak meminum air putih, rutin berolahraga, serta banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat dan protein juga dipercaya dapat membantu anda dalam mencegah munculnya jerawat. 


Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang ingin menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami. Selamat mencoba!!

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang