Bagaimana cara seseorang berdiet (menghilang berat badan) jika memakai kursi roda ?

Dilihat 623 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kursi roda merupakan pilihan terbaik agar dapat hidup lebih mandiri bagi mereka yang mengalami hambatan pada kemampuan mobilitas secara jangka panjang. Tapi, bagaimana jika pemakai kursi roda ingin menurunkan berat badan mereka?

Menjadi seorang penyandang cacat bukan berarti anda terjebak dengan kelebihan berat badan. Meski disabilitas dapat membatasi jenis aktivitas fisik yang bisa anda lakukan, masih ada sejumlah cara yang dapat anda lakukan untuk tetap aktif, mengelola rasa sakit sekaligus menurunkan berat badan.

Cara diet apa, sih yang tepat untuk menurunkan berat badan secara efektif bagi pengguna kursi roda?

Yuk, langsung saja baca artikel ini sampai selesai! ^^


cara diet terbaik

Diet dengan Kursi Roda?

Ini adalah hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Terutama bagi mereka yang mengunakan kursi roda. Saya kehilangan sekitar 20 kilo dalam satu bulan. 

Saya pikir saya kehilangan berat badan saya dengan cepat karena itu "berat badan air". Saya menggunakan steroid untuk beberapa bulan, yang mana membuat tubuh saya bengkak seperti balon yang diisi air. Hal itu merupakan motivasi menurunkan berat badan bagi saya, saya berhenti mengkonsumsi semua produk susu, kecuali yogurt. 

Di India, saya tidak bisa menemukan susu rendah lemak atau susu yang mengandung lemak dua persen, susu disini semuanya mengandung lemak yang tinggi, jadi saya berhenti meminum susu, berhenti mengkonsumsi mentega, dan juga keju untuk alasan yang sama. Saya mengkonsumsi yogurt yang dicampur dengan air sehingga menjadi sebuah minuman yang disebut "Chaas". Ibu saya menambahkan garam pada minuman itu (chaas) dan menghangatkannya, serta ditambahkan jintan halus.  Saya juga berhenti memakan sesuatu yang terbuat dari tepung. Makanan yang terbuat dari tepung mempunyai karbohidrat sederhana. 

Pada dasarnya tubuh mencerna makanan dengan cepat, membuat anda cepat lapar, yang menyebabkan anda makan berlebihan. Karbohidrat sederhana lainnya dapat ditemukan pada kue, permen, atau sesuatu yang terbuat dari gula halus. Saya membatasi asupan gula saya. Saya berhenti memakan sesuatu yang terbuat dari gula halus, sebisa saya. Jika saya ingin sesuatu yang manis, saya akan memakan sesuatu yang manis yang terbuat dari jaggery -{gula tradisional india, mirip dengan gula jawa/merah}-, atau saya mengkonsumsi kurma. Itulah yang saya makan.

Saya makan cukup banyak kacang Lentil (kacang miju-muji), kacang buncis dan kecambah (toge), Yang saya singkat dengan LBS. 

LBS memiliki banyak protein, isinya padat dan rasanya sangat enak. Saya mengkonsumsi semangkok kecil LBS setiap hari, secara bergantian setiap hari. Untuk menambah rasa, ibu saya menaburkan beberapa garam masala  -{racikan rempah khas India}-, serta menambahkan potongan tomat dan irisan bawang yang berbentuk dadu.

Saya banyak makan buah dan sayuran segar setiap hari. Orang-orang yang berkursi roda, kadang-kadang memiliki masalah pada usus besar, kadang-kadang jika anda tidak memakan buah dan sayuran (serat)setiap hari, itu kan menyebabkan gas dan sembelit, yang mana sangat menyakitkan. Serat dalam buah dan sayuran dapat membantu mengaturnya. Juga mereka dapat membuat anda kenyang dan anda tidak perlu merasa bersalah jika anda memakannya setiap saat. 

Ukuran yang makanan yang sedang (tidak berlebihan) adalah kunci menurunkan berat badan.


cara menurunkan berat badan dengan cepat


Saya memakan sesuatu yang terbuat dari tepung gandum utuh (whole wheat floor). Tepung gandum utuh merupakan karbohidrat kompleks. Itu akan membuat orang kenyang dalam waktu yang lama. Anda tidak harus makan banyak jika anda memakan roti gandum utuh, pasta, Rotis -{roti khas India yang berbentuk bundar, ipih, dan tidak mengembang}-  dan/atau sesuatu yang dipanggang. 

Saya meminum banyak sup, dengan sayur-sayuran. Ibu saya membuatkan saya sup setiap hari, itu hanya sup sederhana dengan air sebagai cairan dasar, sayuran (seperti bayam), dan dia menambahkan garam, cabe, irisan bawang berbentuk dadu, dan merica untuk rasanya. Makanan itu tidak berat, tetapi cukup ringan.

Saya meminum jus. Baiklah, saya benci bagian ini. Saya meminum jus buah-buahan selama dua bulan berturut-turut , setiap pagi. 

Ini adalah hal yang paling buruk yang pernah ada. Saya benci jus sayuran. Tetapi hal itu membantu membersihkan racun dari tubuh saya, dan membuat kulit saya lebih cerah. Saya pikir itu membantu menurunkan berat badan saya juga, tetapi saya tidak bisa menjamin untuk itu. 

Saya meminum banyak air. Hal itu sangat penting, bahkan jika anda tidak sedang mengikuti cara berdiet, tetap harus minum banyak air. Hal itu akan membantu melenyapkan lemak dari tubuh (ini adalah alasan saya untuk minum banyak air) 


Beberapa peraturan yang perlu diikuti

Saya makan lima - tujuh porsi kecil sehari. Tidak peduli apapun itu, tetapi saya tidak akan pernah kelaparan. Tidak masalah saya akan jika saya harus makan sepuluh hai sekali, tetapi saya tidak akan makan dalam porsi yang sangat  besar. Mereka itu makanan kecil, seperti sedikit buah di pagi hari, beberapa jam kemudian segenggam kacang, kemudian beberapa LBS , dan lain sebagainya.

Saya berolahraga setidaknya beberapa jam sehari. Saya pergi untuk terapi kira-kira empat-lima jam sehari, jadi saya berfikir bahwa saya kehilangan berat badan karena saya melakukan  olah raga rutin yang sangat serius yang saya jalani. Push up, (berusaha) Pull Up, berlutut, berjalan, angkat berat , sit up, dan lain sebagainya.

Saya kadang-kadang berbuat curang dan memakan sepotong coklat hitam, mungkin dua kali dalam seminggu. Tidak lebih dari itu.

Ada  cara/aturan  yang sulit dari ibu saya, saya tidak mengikutinya lagi, tetapi saya mengikuti olah raga rutin. Saya sudah kehilangan lemak tubuh dan memiliki otot tanpa lemak, terutama di lengan saya. 


diet yang efektif


Dari semuanya,  yang saya pikirkan tentang diet yang benar adalah ; anda harus makan secukupnya, olah raga dengan benar, dan minum banyak air.

Itulah kunci menurunkan berat badan yang efektif, efisien dan sehat baik bagi pengguna kursi roda maupun yang normal. Selamat mencoba! :)


Baca juga:
Cara diet yang menarik - Galena

Cara terbaik menurunkan berat badan dirumah - Galena

Solusi diet jika tidak punya cukup waktu untuk melakukannya - Galena

Terjawab 12 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang