Bagaimana cara terbaik mempelajari anatomi manusia?

Dilihat 358 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Manusia merupakan makhluk hidup yang terdiri atas organ-organ, jaringan-jaringan, dan juga terdiri atas sel-sel. Untuk memahami anatomi manusia lebih lanjut kamu harus mengetahui pengertian anatomi itu sendiri. Anatomi manusia adalah sebuah bidang yang khusus mempelajari struktur tubuh manusia dimana menyangkut organ tubuh manusia, jaringan, dan sel. Anatomi disebut juga dengan antropotami yang mempelajari susunan tubuh makhluk hidup khususnya manusia. Manusia hidup berdasarkan susunan organ tubuh  yang membentuk subuah sistem yang mempunyai fungsi masing-masing. Jika salah satu susunan atau sistem tidak lengkap maka tidak akan sempurna dengan kata lain akan menjadi cacat atau mempunyai kelainan. Bidang yang mendalami anatomi tubuh manusia yaitu kedokteran dan fisioterapi kedua bidang ini mempelajari secara mendalam tentang anatomi tubuh manusia. pengertian anatomi secara umum adalah cabang dari biologi yang berhubungan dengan struktur dan organisasi dari makhluk hidup.

Bagaimana cara terbaik untuk mempelajari anatomi manusia? 


natomi manusia

Anatomi Tubuh Manusia


Untuk mempelajari anatomi tubuh manusia dengan mudah kamu harus mengaetahui fungsi dan sistem yang ada pada tubuh manusia antara lain:


A. Anatomi bagian kerangka

tubuh manusia terdiri dari susunan tulang yang menopang tubuh yang berkaitan satu sama lain. dalam kerangka kepala terdapat 8 buah tulang, kerangka dada 25 buah tulang, wajah 14 tulang, tulang belakang dan pinggul mempunyai 26 buah tulang, dan pada lidah terdapat 1 buah tulang. Tulang yang paling banyak di daerah kaki terdapat 62 buah tulang. adapun manfaat dari kerangka itu sendiri antara lain:

  • Memberikan bentuk pada bangunan tubuh sehingga tubuh akan terbentuk dengan sempurna.
  • Melindung alat tubuh yang fatal diantaranya jantung, paru-paru, hati, dan ginjal.
  • Sebagai tempat untuk menempelkan otot-otot di dalam tubuh.
  • Sebagai kerangka pada tubuh agar tidak roboh.

anatomi


B. Anatomi bagian otot

Anatomi tubuh manusia bagian otot merupakan jaringan yang ada pada tubuh manusia berupa alat penggerak aktif yang mampu menggerakkan tulang. Otot berfungsi untuk menggerakkan tubuh agar bisa bergerak dengan baik sehingga mampu melakukan aktivitas dan dapat mengangkat beban, berjalan, dan menggerakkan anggota tubuh yang lain. Adapun fungsi otot pada tubuh manusia antara lain:

  • Otot-otot dapat mempertahankan postur dan dapat menjaga keselarasan bersama dalam bergerak. Otot yang berkaitan denga postur dapat menghasilkan jumlah kekuatan rendah yang disebut sebagai tonik.
  • Otot dapat melakukan gerakan sehingga menghasilkan gerakan yang sempurna rangka otot tersusun secara berpasangan di sisi berlawanan dari sendi. Apabila otot berkontraksi maka otot pasangannya harus rileks hal ini akan menghasilkan gerakan. Gerakkan tersebut dinamakan penggerak.
  • Otot dapat membangkitkan kehangatan dimana suhu inti tubuh apabila dalam keadaan menggigil yang merupakan respon tidak sengaja dimana otot dapat bergerak secara cepat untuk menghasilkan panas.

Macam-macam otot pada manusia terdiri dari 3 bagian, antara lain:

  • Otot polos yaitu otot yang bekerja tanpa kesadaran yang dipengaruhi sistem saraf dimana otot polos dibentuk dari sel yang berbentuk gelondong. Ciri dari otot polos berbentuk seperti perahu, terletak pada bagian organ dalam, memiliki waktu kontraksi sekitar 3 sampai 180 detik, pergerakkannya lambat mudah lelah, dan dipengaruhi oleh sistem syaraf otonom.
  • Otot jantung merupakan otot yang bekerja terus menerus tanpa adanya istirahat. Otot ini merupakan perpaduan dari otot lurik dan otot polos. Ciri dari otot jantung berbentuk silindris, memiliki sinsitium atau percabangan, memiliki satu nucleus, dan terletak pada bagian jantung.
  • Otot lurik yaitu otot yang menempel pada bagian rangka tubuh yang digunakan untuk bergerak. Otot lurik ini menempel pada rangka sehinga sering disebut otot rangka.Cirinya berbentuk silindris, menempel pada rangka, cepat, dan mudah lelah.

        anatomi otot manusia


C. Anatomi sistem peredaran darah

Sistem peredaran darah pada tubuh manusia atau yang disebut kardiovaskular yaitu suatu  sistem yang memindahkan zat ke dan dari sel dimana sistem ini dapat menolong stabilitasi suhu dan PH tubuh. Sistem peredaran darah mempunyai fungsi untuk memompa darah keseluruh tubuh. Sistem peredaran darah terlatak pada organ jantung. Sedangkan bagian jantung terdiri dari 4 ruang yaitu serimbi kiri, serimbi kanan, bilik kiri, dan bilik kanan. serimbi kiri dan serimbi kanan saling berhubungan demikian juga dengan bilik kiri dan bilik kanan saling berhubungan satu dengan yang lain. 

Ada dua jenis sistem peredaran darah antara lain:

  • Sistem peredaran darah terbuka.
  • Sistem peredaran darah tertutup.

D. Anatomi sistem pernapasan

bagian pernapasan pada tubuh manusia terdapat pada paru-paru yang berfungsi untuk menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida dan uap air. Dalam proses pernapasan oksegen merupakan zat utama yang dibutuhkan dimana oksigen diperoleh dari udara dilingkungan sekitar. Sistem pernapasan pada manusia terdiri dari dua bagian yaitu saluran pernapasan dan mekanisme pernapasan. saluran pernapasan atau tractus respiratorius ( respiratory tract) adalah bagian tubuh manusia yang berfungsi sebagai tempat lintasan dan tempat pertukaran gas yang diperlukan untuk proses pernapasan. Saluran ini terdiri dari hidung atau mulut dan berakhir pada paru-paru.

Alat pernapasan manusia terdiri dari:


       anatomi


  • Hidung (cavum nasalis) merupakan salah satu alat pernapasan manusia yang berfungsi sebagai alat untuk menghirup udara, penyaringan udara yang akan masuk ke paru-paru, dan sebagai indra penciuman.
  • Tekak (faring) merupakan persimpangan antara rongga hidung ke tenggorokan (saluran pernapasan) dan rongga mulut ke kerongkongan (saluran pencernaan). pada bagian belakang faring terdapat laring atau disebut dengan pangkal tenggorokan pada laring terdapat pita suara dan epiglotis atau katup pangkal tenggorokan.
  • Tenggorokan (trakea) berbentuk pipa dengan panjang kurang lebih 10 cm yang terdiri dari lapisan paling luar yang terdapat jaringan ikat, lapisan tengah terdapat otot polos dan cicin tulang rawan yang berbentuk huruf c, dan lapisan terdalam yang terdiri atas jaringan epitelium bersilia yang menghasilkan banyak lendir yang berfungsi untuk menangkap debu dan mikroorganisme yang masuk saat menghirup udara.
  • Cabang tenggorokan (bronkus) merupakan cabang batang tenggorokan ada dua bagian yang satu menuju paru-paru sebelah kanan dan yang satu menuju ke paru-paru sebelah kiri.
  • Paru-paru terletak pada rongga dada.

F. Anatomi sistem pencernaan

sistem pencernaan merupakan bagian organ tubuh manusia yang berfungsi menerima atau mencerna makanan. Proses pencernaan makanan menyerap zat-zat gizi  yang dibawa ke dalam aliran darah dan membuang bagian yang tidak bisa tercerna oleh tubuh. sistem ini berlangsung dengan dimulai dari mulut, tenggorokan, kerongkongan, lambung, usus kecil, usus besar, rektum dan berakhir ke anus.


anatomi manusia


G. Anatomi sistem indra

Indra pada manusia berfungsi untuk menerima rangsangan dari lingkungan sekitar ada 5 indra yang terdapat pada tubuh manusia atau sering disebut dengan panca indra. kelima indra tersebut antara lain:

  • Indra penglihatan.
  • Indra penciuman.
  • Indra pendengaran.
  • Indra pengecap.
  • Indra peraba. 

H. Anatomi sistem limfa

Apabila terjadi infeksi maka limfa ini dapat menghasilakn antibodi. Limfa berfungsi untuk mengembalikan cairan dan protein menuju peredaran darah, menghancurkan, dan menyaring mikroorganisme.


I. Anatomi sistem ekskresi

Sistem ekskresi pada organ tubuh manusia terdiri dari ginjal, hati, kulit, dan paru-paru.  Pada ginjal berfungsi mengeluarkan urine, pada hati mengeluarkan zat yang berwarna empedu ( ure ), sedangkan kulit mengeluarkan keringat, dan pada paru-paru mengeluarkan karbondioksida ( CO2) dan uap air.


J. Anatomi sistem saraf

pada saraf terdapat saraf pusat dan tepi sistem saraf pusat terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang sedangkan pada saraf tepi terdiri dari sisten saraf otonom dan somatis. sistem saraf tersebut mempunyai fungsi untuk menyampaikan rangsangan dari reseptor untuk direspon oleh tubuh. Ada beberapa komponen penting pada sistem ini  reseptor, penghantar impus, dan efektor.

       

K. Anatomi sistem reproduksi

Anatomi tubuh manusia sistem reproduksi pada manusia mempunyai fungsi untuk perkembangbiakan. Pada perempuan terdapat ovarium yang berfungsi menghasilkan ovum dan hormon. Sedangkan alat reproduksi perempuan terdiri dari rahim, indung telur, dan liang senggama. Indung telur merupakan kelenjar kelamin yang berfungsi untuk memproduksi sel-sel telur. Pada laki-laki terdapat testis yang berfungsi sebagai penghasil hormon testosteron.



Mempelajari Anatomi Tubuh Manusia


Anatomi manusia bisa dipelajari dengan mudah apabila kamu mendalaminya secara mendetail. Cara mempelajari anatomi tubuh manusia dengan baik antara lain:

  • Membuat tahapan-tahapan awal dari kerangka sampai organ-organ dalam manusia.
  • Melihat gambar tentang susunan organ tubuh manusia.
  • Mencoba menguraikan susunan organ tubuh manusia satu persatu.
  • Mencoba menjelaskan anatomi tubuh manusia dengan bagan atau gambar.
  • Menguasai materi dengan menarik garis besar atau kesimpulan secara. Menyeluruh tentang anotomi manusia dari awal sampai akhir.
  • Jika memungkinkan praktek secara langsung dengan ahlinya.

Pengertian anantomi berasal dari bahasa Yunani yang berarti memotong atau menyayat karena dalam ilmu anatomilah orang belajar memotong dan menyayat dengan tujuan untuk mengetahui sturktur tubuh makhuluk hidup.

Demikian penjelasan tentang sistem anatomi tubuh manusia dimana susunan dan struktur anatomi masih banyak lagi. Anatomi tidak hanya meliputi manusia saja, tapi anatomi hewan yang mempunyai struktur tubuh dan susunan tubuh juga perlu dipelajari. Untuk dapat mempelajari anatomi manusia dengan baik, kamu harus mengetahui semua susunan yang ada pada tubuh manusia, bisa dengan menggunakan penjelasan gambar ataupun bagan. Semoga penjelasan ini bermanfaat!

Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang