Bagaimana cara terbaik untuk membuat ayam bakar?

Dilihat 1,33 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Menyantap hidangan ayam bakar yang disajikan dengan sambal ayam bakar dan lalapan serta nasi hangat adalah sebuah kenikmatan tersendiri. 


Namun ada kalanya masakan ayam bakar kita rasanya tidak sama dengan ayam bakar yang disajikan di sejumlah rumah makan terkenal, seperti ayam bakar wong solo misalnya. 


Ayam bakar adalah salah satu makanan yang lezat dan disukai oleh banyak orang. Salah satu cara membuat ayam bakar yang tidak membosankan, lezat, dan menggugah selera adalah dengan membakarnya secara matang dan sempurna. 


ayam bakar wong solo


Mengolah hidangan ayam bakar hingga siap santap adalah kegiatan memasak yang mudah bagi sebagian orang, dan sulit serta ribet bagi sebagian yang lainnya. 


Dibutuhkan keahlian tersendiri dalam hal cara memasak ayam yang tepat sehingga menghasilkan hidangan ayam bakar yang sangat lezat. Membakar ayam yang tepat adalah di atas bara api, bukan di atas kobaran api. Karena kalau membakar di atas kobaran api, ayam yang dihasilkan adalah hangus di luar tapi masih mentah di bagian dalam. 

Selain itu, rasa ayam akan menjadi pahit. Kalau membakar di atas bara api, panas akan masuk hingga ke dalam daging ayam dan menjadikannya matang sempurna. 


Selain itu, untuk menghindari ayam hangus, saat membakar bisa kita beri alas daun pisang atau daun kunyit. Pemakaian alas daun ini selain untuk menghindari hangus pada bagian luar ayam, juga akan menambah aroma khas pada hasil bakaran Anda.


ayam dibakar


Bumbu Ayam Bakar yang Enak


Ada banyak cara untuk membuat ayam bakar dengan cita rasa terbaik, salah satunya adalah dengan merendamnya terlebih dulu dalam cairan bumbu. 


Perendaman dalam bumbu ini merupakan salah satu rangkaian proses untuk membuat hidangan ayam bakar terbaik dan terlezat, lengkap dengan bumbu dan sambal ayam bakar yang pedas, asin, manis, dan legit. Rasa ayam bakar yang lezat tergantung dari cara memasak ayam yang akan dibakar. 


Patokan ayam bakar yang lezat adalah tekstur daging ayam hasil pembakaran terasa empuk, juicy pada bagian dalam, serta crunchy di bagian luar. Selain itu, ayam bakar tersebut disajikan dalam balutan bumbu yang enak dan lezat untuk ayam bakar


Ada beberapa bahan bumbu yang dapat digunakan untuk menghasilkan hidangan ayam bakar bak restoran ternama. 


Bumbu-bumbu tersebut antara lain: 

  • bawang merah (usahakan yang jenis lokal karena aromanya lebih harum)
  • cabai merah (jumlahnya sesuai selera)
  • bawang putih
  • cabai rawit (juga sesuai selera)
  • lengkuas
  • kunyit
  • ketumbar
  • jahe
  • daun salam
  • air asam jawa
  • kecap manis
  • air perasan jeruk nipis
  • garam
  • gula pasir
  • gula kelapa
  • air kelapa
  • satu butir kelapa. 


Sedangkan untuk pengolahannya Anda dapat mencari di internet resep ayam bakar mana yang Anda inginkan. Karena di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali resep ayam bakar dari berbagai daerah. Masing-masing dengan ciri khasnya sendiri-sendiri.


ayam bakar kecap



Cara Membuat Ayam Bakar yang Lezat



Anda bisa mencari tips di internet tentang resep ayam bakar yang lezat. Biasanya dalam resep tersebut juga dilengkapi dengan sejumlah tips tentang cara membuat ayam bakar yang lezat. Anda juga dapat mengikuti beberapa tips cara memasak ayam bakar yang lezat dan nikmat. 


Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan: 


  • Setelah ayam dicuci bersih, sebelum dibakar di atas bara api, terlebih dulu rebus sebentar ayam menggunakan air kelapa. Hal ini akan membuat rasa daging ayam terasa lebih tasty dan gurih. 
  • Apabila ayam tersebut sebelumnya telah dibekukan dalam freezer, maka cara yang tepat memanggang ayam yang telah dibekukan adalah membiarkannya dulu meleleh dalam suhu ruangan, atau merendamnya dalam air kelapa terlebih dulu. Lalu rebus sebentar seperti langkah di atas. 
  • Setelah selesai direbus, rendam ayam dalam ramuan bumbu selama 30 menit hingga 1 jam agar rasa bumbu merasuk hingga ke daging bagian terdalam. Anda juga bisa merebus ayam dengan api kecil dalam ramuan bumbu. 
  • Sambil menunggu bumbu meresap, persiapkan bara api serta sambal ayam bakar. Sambal adalah bagian yang sangat penting dalam hidangan ini, karena ayam bakar yang tidak disertai dengan sambal akan terasa kurang nikmat dan afdol. 
  • Setelah itu lakukan pembakaran di atas bara api. Pastikan ayam benar-benar terbakar dan matang hingga daging bagian dalam. Namun jika sebelumnya ayam telah direbus, Anda hanya perlu singkat saja membakarnya, yang bertujuan memberikan aroma khas ayam bakar. Asal bagian luar sudah nampak terbakar sempurna, Anda bisa hentikan proses ini. 
  • Dan yang terakhir adalah penyajian. Sajikan ayam bakar dalam kondisi hangat lengkap dengan sambal, lalapan dan nasi putih. 



Jadi, jika Anda ingin membuat ayam bakar yang sangat lezat dan nikmat, pastikan semua bahan bumbu tersedia. Komposisinya tepat, serta ayam dibakar dengan sempurna. 


Karena meskipun Anda menggunakan cara terbaik untuk membuat ayam bakar, tetapi jika bahan bumbunya kurang dan komposisinya tidak tepat, serta pembakaran ayamnya tidak sempurna (kurang matang atau terlalu hangus) maka hidangan ayam bakar yang Anda hasilkan tidak akan terasa lezat dan nikmat.


resep ayam bakar


Beragam Resep Ayam Bakar


Indonesia kaya akan beragam sajian kuliner, dan salah satunya adalah ayam bakar. Di setiap daerah memiliki cara memasak ayam bakar yang berbeda-beda. Masing-masing memiliki ciri khasnya tersendiri. Sehingga menghadirkan beragam sajian ayam bakar yang nikmat nan lezat. 


Resep-resep tersebut tidak hanya berbeda dalam hal pembuatan bumbu ayam bakarnya saja, tetapi juga berbeda dalam hal sambal ayam bakar yang juga merupakan bagian penting dari sajian kuliner yang satu ini. Sambal yang pedas, manis, gurih, dan legit selalu dihidangkan bersama ayam bakar dan lalapan.


Ada banyak resep ayam bakar yang bisa Anda coba di rumah, antara lain resep ayam bakar kalasan, resep ayam bakar taliwang, resep ayam bakar kecap spesial, resep ayam bakar bumbu rujak, dan lain sebagainya. Semua ini adalah warisan kuliner bangsa Indonesia yang memang kaya akan beragam sajian kuliner dari berbagai daerah di Nusantara. Selamat mencoba dan salam kuliner Indonesia.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang