Bagaimana cara yang efektif dan mudah untuk mempelajari bahasa korea?

Dilihat 3,87 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1



Demam Korea. Ya, sekarang ini di mana-mana, khususnya Asia, tidak terkecuali Indonesia sedang dilanda demam Korea. Mulai dari drama Korea, K-Pop, gaya berbusana sampai kepada cara berbicara. Satu hal yang menarik, demam Korea juga memicu banyak orang untuk mempelajari Bahasa Korea. Kenyataannya saat ini, bahasa Korea menjadi salah satu bahasa yang populer di Indonesia, terutama untuk para remaja. Bisa dibilang mempelajari bahasa Korea sedang menjadi sebuah trend di kalangan mereka. Hal ini tidak terlepas dari demam K-Pop yang sedang melanda.


Tak dapat dipungkiri, belajar bahasa Korea untuk pemula memang tidak semudah belajar bahasa lainnya, seperti Bahasa Inggris. Selain harus memperkaya kosakata, kita juga dituntut untuk memahami tulisan aksara Korea (Hangeul), yang tentunya sangat berbeda jauh dengan huruf-huruf yang digunakan dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Selain huruf yang berbeda, cara pengucapan kata dan intonasi yang digunakan dalam percakapan bahasa Korea pun juga memiliki ciri khas tersendiri. Oleh karenanya tak salah jika ada yang bilang bahasa Korea cukup sulit. Namun, jangan berkecil hati selama ada tekad dan kemauan semua hal pasti bisa dipelajari. 

Jadi sebenarnya hal-hal apa saja sih yang dapat dilakukan – khususnya bagi pemula - ketika mempelajari bahasa negeri Ginseng ini agar terasa lebih mudah dan menyenangkan? Nah, untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini ya :)


Langkah Awal Mempelajari Bahasa Korea




Belajar bahasa Korea untuk pemula memang dirasa tidak mudah pada awalnya, pastinya akan ditemukan berbagai hambatan. Namun, jika disertai usaha maksimal dan kegigihan pasti akan membuahkan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Berikut ini adalah beberapa cara efektif untuk belajar bahasa Korea yang dapat dilakukan oleh pemula :

  • Mendengarkan musik – Aktivitas ini sangat membantu para pemula untuk belajar bahasa Korea secara menyenangkan. Musik biasanya memiliki bahasa yang lebih sederhana. Bernyanyi sambil mendengarkan musik sangat membantu memperkaya kosa kata dengan lebih cepat.  
  • Menonton Drama Korea - Dengan menonton drama atau sitkom, Anda dapat membiasakan diri untuk mendengar dan belajar banyak frasa atau kosakata yang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Carilah film drama yang ringan, sehingga tidak terlalu sulit untuk diikuti. 
  • Memakai/Menggunakan terjemahan. (baca: subtitle) – Mungkin awalnya kita semua pasti menggunakan subtitle untuk membantu memahami dialog dalam film, apalagi jika terdapat dua subtitle (Indonesia dan Hangeul). Namun sesekali latihlah diri untuk tidak selalu melihat subtitle tersebut, sehingga dapat melatih pendengaran dan ingatan akan kata-kata yang harus dipahami. 
  • Jangan malas untuk membuka kamus – Jika ada kosakata yang kurang jelas, lekaslah membuka kamus atau manfaatkan Google Translate yang bisa diakses dengan mudah. Hal ini tentunya dapat menambah kosakata secara cepat. Jangan pernah malas untuk menghafal kosakata baru. Karena semakin banyak jumlah kosakata yang Anda ketahui, maka akan semakin mudah untuk mengikuti proses belajar selanjutnya. 
  • Pelajari cara membaca Hangeul dan cara menulisnya - Hal yang paling mendasar ketika belajar bahasa Korea adalah mengenal dan mempelajari huruf Korea (hangeul). Anda harus belajar keras bagaimana cara membaca yang benar dan menuliskan huruf-huruf hangeul satu persatu. Dilanjutkan dengan proses membaca kalimat atau tulisan yang lebih panjang. Banyak majalah , koran, buku elektronik ataupun blog berbahasa korea yang bisa dicoba untuk latihan membaca.  
  • Belajar tata bahasa Korea secara bertahap – Memiliki target hafalan dan penguasaan kosakata, merupakan salah satu kunci belajar bahasa Korea untuk pemula. Seorang pemula harus mempunyai target tertentu menghafal kosakata setiap hari. Jika hafalan kosakata sudah cukup banyak, Anda bisa beranjak ke tahap berikutnya yaitu mempelajari tata bahasa. Anda dapat mulai belajar bagaimana membentuk sebuah kalimat, baik itu kalimat tanya, kalimat perintah, kalimat lampau dan yang lainnya. Tata bahasa Korea yang lengkap dapat Anda pelajari melalui buku-buku, melalui kamus atau melalui situs-situs belajar di Internet. 
  • Melatih pendengaran - Untuk melatih pendengaran, sangat disarankan untuk sering menyimak dan mendengarkan percakapan bahasa Korea secara langsung. Seperti yang telah disebutkan, melatih pendengaran dapat dilakukan dengan cara menonton film Korea, mendengar nyanyian, atau bisa juga dengan mendengarkan kosakata Bahasa Korea dalam format mp3.  
  • Latihan Berbicara Menggunakan Bahasa Korea – Jangan sungkan, ragu ataupun malu untuk latihan berbicara bahasa Korea secara langsung. Pelajari cara pelafalan yang benar, cara pengucapan kata, perbedaan dialek, intonasi, atau ekspresi. Latihan praktek ini tidak perlu dilakukan jauh-jauh dengan pergi ke Korea, praktek bicara dapat dilakukan dengan keluarga, teman, bahkan kalau bisa Anda dapat mencari kenalan orang Korea asli. Belajar bahasa membutuhkan praktek, bukan sekedar teori, oleh karenanya sebagai pemula harus memiliki keberanian untuk praktek berbicara secara langsung. Dengan praktek, dapat melatih kemampuan berbicara agar semakin lancar dan mengetahui di mana letak kelemahan yang perlu diperbaiki.  
  • Mengikuti kursus – Jika semua cara di atas telah dilakukan, maka jika Anda memiliki keinginan untuk lebih mempertajam kemampuan berbahasa Korea, Anda dapat mencari tempat-tempat kursus atau les bahasa Korea. Sebaiknya carilah tempat kursus yang tidak hanya belajar teori, namun diiringi dengan praktek latihan untuk berbicara secara langsung. 



Itulah beberapa langkah awal sederhana yang dapat dilakukan untuk belajar Bahasa Korea bagi seorang pemula. Yang paling penting dari semua tahap diatas adalah adanya niat yang kuat dan tekad yang mantap. Jangan takut mencoba dan tidak usah merasa malu. Jika ada kesempatan, siapa tau Anda bisa berkunjung  langsung ke Korea untuk praktekkan ilmu bahasa Anda ;) Satu hal yang perlu diingat, sebaiknya belajar Bahasa Korea bukan karena ikut arus trend dilanda demam Korea ya. Niat untuk belajar apapun, termasuk bahasa, harus datang dari dasar hati sehingga akan terasa mudah untuk menjalaninya. Selamat Belajar!


Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang