Bagaimana caraku mendesain rumahku sendiri tanpa seorang arsitek?

Dilihat 935 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

galena gambar desain rumah


Siapapun pasti punya keinginan untuk memiliki hunian yang nyaman untuk ditempati untuk anda dan keluarga anda. Kita pun pasti memiliki bayangan tersendiri tentang rumah idaman kita. Biasanya disini kita menggunakan jasa seorang arsitek yang akan memberi bantuan untuk menggambar desain rumah kita. Hasil desain gambar pun pastilah sangat memuaskan. 


Namun satu hal yang harus anda pertimbangkan adalah biaya yang harus anda keluarkan. Menyewa jasa arsitek untuk menggambar desain rumah tentulah tidak murah. Harga yang dipasang untuk jasa arsitek ini pun bervariasi, tergantung dengan seperti apa gambaran rumah yang kita inginkan. Namun bukan berarti anda tidak bisa membuat desain rumah anda sendiri, walaupun masih harus berkonsultasi dengan arsitek. 


Mungkin beberapa dari anda berpikir bahwa hal ini adalah hal yang sulit dan tak mungkin dilakukan oleh orang awam yang tidak memiliki keahlian dibidang tersebut. Namun anda tidak perlu khawatir. Disini saya akan membantu anda menjelaskan cara membuat desain rumah tanpa bantuan seorang arsitek.



Cara Membuat Gambar Desain Rumah Sendiri


galena denah rumah

 

Mendesain rumah sendiri akan memberi kepuasan dan kesenangan tersendiri, yang tidak akan anda dapatkan dengan membagikan kerjaan lainnya didunia ini. Jika anda berniat melakukannya, mendesain rumah sendiri bukanlah hal yang mustahil.


Mendesain rumah sendiri juga bukanlah suatu hal yang mudah dan bukan sesuatu yang bisa dilakukan secara instan dan hanya dengan sekali duduk. Ada banyak proses yang harus kita lakukan dan rencana yang harus anda persiapkan untuk mendapatkan hasil rumah sesuai dengan yang anda inginkan. 


Untuk mendapatkan hasil desain yang sesuai dengan gambaran rumah yang anda inginkan, berikut beberapa cara yang bisa anda ikuti:


  1. Pertama anda harus menentukan visi. Visi disini adalah dengan menentukan seperti apa rumah yang anda inginkan. Anda juga bisa membuat daftar seperti jumlah kamar yang diinginkan, kamar mandi dan ruang apa saja yang anda akan buat dalam rumah tersebut. Setelah itu, anda bisa membuat gambaran kasar rumah anda. Seperti menata letak ruangan kamar tidur, kamar mandi dan sebagainya. Untuk memantapkan rancangan rumah, mengunjungi pameran rumah sebagai cara untuk menambah ide juga bisa membantu atau menggunakan media lain seperti mengambil refrensi dari internet juga bisa sangat membantu.
  2. Langkah selanjutnya di sini anda bisa mengembangkan rancangan rumah. Dalam hal ini anda bisa mulai membuat sketsa rumah anda dan setelah itu barulah anda bisa melanjutkannya ke tahap membuat denah rumah.


Jika dilihat lagi tidak terlalu sulit untuk membuat rancangan rumah anda sendiri. Semuanya hanya perlu direncanakan dengan matang dan benar-benar tepat agar tidak ada kesalahan sebelum rancangan anda digunakan untuk membangun rumah masa depan anda. 


Karena itulah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain rumah anda:


  1. Desain Denah Rumah. Tidak perlu latar belakang teknik mesin untuk menyelesaikan desain denah rumahmu. Pertama-tama, siapkan sketsa kasar yang sesuai dengan keinginanmu. Siapapun, yang dapat mengoperasikan komputer dapat mengunduh aplikasi mendesain rumah seperti Home Architecture/Software (perangkat lunak) yang mirip. Kalau kamu tidak bisa mendapatkannya, unduhlah Smart Draw versi trial. Software ini tidaklah seberat Auto Cad, dengan latihan satu jam saja kamu dapat menggambar desain denah rumahmu dengan komputer. Dengan bantuan aplikasi desain rumah hal ini dapat membantu anda dalam membangun rancangan desain rumah anda, tetapi juga mempertimbangkan hal-hal seperti struktur bangunan, aliran air, kemiringan, dan sebagainya.

    galena aplikasi desain rumah

  2. Smart Draw Visual Processor merupakan software terbaik untuk Sipil/Elektris/Mekanis dan orang-orang non-teknik, karena program ini berguna untuk mempersiapkan sebuah Grafik Organisasi dan diagram jaringan lainnya (Setiap jenis Grafik yang telah dibuat ada di Library-nya, kita harus mencarinya dan memilihnya sesuai dengan apa yang kita butuhkan).
    Lima hal penting yang perlu diingat saat mendesain denah rumah:
    (a) Coba buat pintu utama menghadap Timur, Barat dan Utara (Kedua  pintu utama dan gerbang bisa diletakkan di ketiga arah ini, tetapi pintu utama dan gerbang tidak boleh digaris yang sama. Pintu utama bisa menghadap Timur dan gerbang juga bisa menghadap Utara).
    (b) Jangan letakkan Toilet empat sudut bangunan manapun. Satu dinding Toilet harus menjadi dinding luar / dinding luar saluran ventilasi.
    (c) Letakkan Kamar Tidur Utama dibagian barat daya bangunan.
    (d) Lokasi dapur itu dibagian tenggara bangunan.
    (e) Lokasi Ruang Pooja dibagian timur laut bangunan. Kalau keluargamu itu Vegetarian kamu dapat meletakkan Ruang Pooja di timur lautnya dapur. Setelah memiliki Ruangan Pooja di dalam dapur, jangan masak masakan Non-Vegetarian di dapurmu.
    Sekarang, kamu dapat menyelesaikan Desain Denah Rumahmu.
  3. Kalkulasi Beban pada Pelat:
    (a) Kalkulasi Beban hidup pada Pelat = 300kg/m2 untuk Bangunan Perumahan dan 500kg/m2 untuk Bangunan Komersial sesuai dengan Kode Bangunan Nasional. Beban Hidup adalah berat penghuni rumah, Perabotan dan barang-barang lainnya, yang dapat dipindahkan dari suatu lokasi ke lokasi lainnya.
    (b) Kalkulasi Beban Mati pada Pelat = Berat Pelat + Berat Finishing Lantai. Ini akan menjadi berat Pelat untuk 1m2 area dan Finishing Lantai didalamnya. Dalam menghitung beban mati pada Pelat, biasanya 2500kg akan diambil sebagai berat 1m3 R.C.C. 

    Beban yang dihitung untuk memperkirakan desain Pelat = Beban Hidup pada Pelat + Beban Mati Pelat

  4. Konsep / Alasan untuk mempertimbangkan Faktor Keselamatan. Kita dapat melihat bangunan perumahan itu dekat dengan jalan utama dan stadiun akan sangat ramai saat festival, kunjungan VIP saat ada acara olahraga di stadiun. Jadi, ketika menghitung total beban hidup dan beban mati pada bangunan perumahan, pasti akan selalu sekitar 500kg dalam 1m2 area pelat tersebut. Jadi, kita mendesain pelat yang dapat menahan berat 1000kg dalam 1m2 area pelat itu dengan mempertimbangkan faktor keselamatan dengan 2, karena beban hidup yang tidak diketahui diatas. Faktor Keselamatan akan sekitar 2 per 3 Tingkat Kota/Desa/Kotamadya/area tahsil, tetapi menurut lokasi bangunan di kota metropolitan, dekat jalur kereta api, jalan raya nasional memiliki tingkat kemacetan tinggi dan dekat bandara, maka dari itu faktor keselamatan akan dipertimbangkan menjadi 5. Getaran dalam tingkat tanah natural dikarenakan kereta api yang berjalan di atas tanah & jalur kereta api bawah tanah, kemacetan di jalan raya dan bandara juga perlu dipertimbangkan.


-


Itulah beberapa hal yang bisa lakukan untuk membuat desain gambar rumah anda sendiri. Mungkin membuat desain gambar sendiri sedikit lebih rumit, tapi membuat desain rumah masa depan anda sendiri memberi kepuasan tersendiri untuk anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil! ^^

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang