Bagaimana caramu mengatasi gangguan Bipolar sebagai seorang pengusaha?

Dilihat 522 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Saya di diagnosa mengalami gangguan Bipolar tipe 1 saat saya berumur 10 tahun dan saya telah menjadi dan bekerja sebagai entrepeunur setiap hari nya dalam seminggu selama 7 tahun . Banyak Entrepenuer itu memiliki Gangguan Bipolar , inilah sebabnya


Penting untuk mengetahui bagaimana cara mengendalikan gangguan anda

  • Berdasarkan DSM4 , orang yang sedang dalam kondisi maniak itu biasanya memiliki rasa yang sangat bahagia dan hiperaktif dan mudah memfokuskan pikiran kedalam suatu pekerjaan atau proyek . hal ini menyebabkan banyak manajer manajer atau kepala bagian mejadi untuk beberapa saat berani mengambil semua resiko dan mampu menyelesaikan tugas dan proyek atau bahkan masalah yang ada . Biasanya saya , jika dalam kondisi maniak , bisa tidak tidur selama 2 hari sampai 4 hari Hanya untuk memikirkan loncatan saya dari tempat yang aman dan stabil ke tempat yang penuh reisko dan tantangan .
  • Memiliki kondisi maniak ini bisa menjadi dorongan yang kuat untuk seseorang yang di haruskan mengamgbil keputusan dan resiko . Kondisi Maniak ini bisa di ibaratkan kondisi yang singkat dan datang tak di undang yang bahkan menjadi vital bagi perkembangan perusahaan atau suatu proyek besar. Berdasarkan pengalaman saya saat saya dalam kondisi ini adalah , Saya pernah membuat teman saya mengundurkan diri dari kuliah dan membuat dia membangun usaha dan perusahaan nya sendiri . Berdasarkan ini saya juga bisa menyimpulkan dengan kondisi maniak ini saya juga bisa menjadi orang yang sangat menarik dan etsentris sehingga dapat mempengaruhi orang lain juga .

Tadi adalah beberapa keunggulan yang di miliki oleh orang orang yang memiliki gangguan bipolar . Bagaimana dengan reisko menjadi seorang bipolar dan menjadi Manajer dalam waktu yang bersamaan?


Saat anda kembali ke diri anda yang normal , anda menjadi tidak bermotivasi .

  • Misalnya setelah beberapa minggu memikirkan dan terobsesi dengan rencana baru anda . Anda akan merasa kelelahan dan akhirnya tidak melakukan progres selama berbulan bulan dan akhirnya menyimpan rencana tersebut dan akhirnya terlupakan .Tak hanya itu , apabila rencana yang anda kerahkan itu berhasil pun , biasanya rencana yang datang nya dari seorang maniak itu bukan lah rencana yang terbaik . Misalnya anda ada di dalam suatu perkumpulan atau pertemuan , anda biasanya akan lebih terobsesi dengan pikiran anda dan rencana anda sendiri dari pada orang yang sebenarnya memiliki pemikiran yang rasional . Jadi yang anda biasa lakukan adalah membantah semua peringatan dan langsung menjalankan rencana anda yang biasanya akan kandas di tengah jalan karena alasan pertama dan juga karena rencana anda itu adalah rencana yang buruk
  • Setelah mengetahui hal tersebut , anak buah anda pastinya akan memiliki suatu pandangan yang buruk tentang anda . Dan bahkan akan suatu hari membantah anda dan mengecap anda sebagai pemimpin yang penuh dengan pilihan dan kebijakan yang buruk . Jadi kondisi maniak anda akhirnya membuat diri anda di pandang rendah dan anda akan kehilangan nama baik anda sebagai pemimpin yang memiliki emosi dan pikiran yang stabil

Jadi , bagaimana cara yang baik untuk meminimalisir dampak buruk Bipolar anda ?

beberapa saran yaitu dengan mengkonsumsi obat obatan seperti Zoloft , Lithium, Depakote, Ambilify, Diazepam, and Buspirone. Obat obatan ini memiliki kelebihan dan kelemahannya masing masing . misalnya , efek samping narkoba , atau kebalikannya , tidak ada efek sama sekali . lebih baik anda mendiskusikan ini dengan dokter medis anda .


Setelah itu , anda juga bisa melakukan meditasi , berdoa dan Mengintrospeksi diri . Contohnya dengan melakukan pernafasan dengan baik , anda sudah melakukan meditasi , dengan cara mengosongkan pikiran dan hanya menikmati waktu anda sendiri . Cara lain itu adalah untuk membaca buku . Saya merekomendasikan buku Mindfulness in Plain English oleh Gunaratana . Awal awal anda bisa gagal dalam bermeditasi , apalagi apabila anda berada dalam kondisi maniak yang sangat hiperaktif , tapi dengan latihan dan niat yang kuat , anda akan bisa mengendalikan kondisi anda dan menggunakan kondisi anda untuk hal yang lebih baik .


Puji lah diri anda untuk apapun yang anda lakukan , Rayakan keberhasilan anda , lakukan itu kepada dan untuk diri anda sendiri . Ini adalah cara yang baik untuk mengajar otak bahwa diri kita bukan orang yang berbeda dari orang lain , tapi bahwa perbedaan pada tubuh kita itu patut lah di hargai dan menjadi cara bagi tubuh kita untuk melakukan hal yang produktif.  Ini juga adalah cara yang baik untuk memberikan diri anda motivasi jika anda tidak berada dalam kondisi maniak.


Ingat hidup itu tidak akan menuntun anda kedalam jalan kesuksesan . Tapi anda harus berjuang dan kuat dan tangguh untuk mencapai nya . Dengan nia anda pasti bisa . Semoga Beruntung


Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang