Bagaimana caranya menjadi pengendara mobil balap pada umur 17 tahun?

Dilihat 1,41 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Balapan adalah salah satu olahraga yang mempertaruhkan nyawa. Bagaimana tidak, ada kesalahan sedikit pada mesin atau cara balapan anda, maka anda akan celaka. Meskipun tidak semua kecelakaan yang terjadi di sirkuit adalah kecelakaan besar, setidaknya seorang pembalap pernah mengalami patah tulang karena hal buruk itu. Baik pembalap mobil maupun motor memiliki resiko kehilangan nyawa mereka ketika balapan sedang berlangsung. 


Untuk belajar mengemudikan mobil ataupun motor saja butuh keberanian, apalagi jika ingin menjadi seorang pembalap. Bisa dilihat bahwa seseorang yang ingin menjadi pembalap berarti orang itu sangat menyukai balapan dan memiliki keberanian besar hingga membuat dirinya mengambil resiko besar. Tidak hanya laki-laki yang berani mengambil resiko tersebut, ada juga pembalap wanita yang hebat dan sanggup mengalahkan pembalap lain dalam hal kecepatan. 


macam balapan mobil


Macam-macam Ajang Balap Mobil Tingkat Internasional


Kejuaraan balap mobil pertama kali diselenggarakan di Paris pada tahun 1887, dimana jalan raya dijadikan sirkuitnya. Barulah pada tahun 1900 sirkuit balap pertama dibangun. Dan setelah itu, bermunculanlah kejuaraan balap mobil yang populer di seluruh dunia. 


Kejuaraan ini dikelola oleh organisasi bervariasi yang berbasis di negara tempat mereka beroperasi, seperti:


1. Formula One World Championship


Kejuaraan ini sering disebut dengan GP F1, kejuaraan kelas tertinggi di dunia balap mobil. Balapan disebut Grand Prix, yang pada umumnya dijalankan di sirkuit khusus. Berbagai tim terbaik, mobil tercepat, serta pembalap terhebat berada dalam kejuaraan ini. Tak heran jika anda pernah mendengar salah satu nama atau bahkan menjadi penggemar salah satu pembalap dalam seri formula. 


Dinamakan dengan seri formula, karena dalam kejuaraan ini ada beberapa syarat dan peraturan yang wajib dilakukan oleh pembalap dan juga mengenai perlengkapan mobil. Tak sembarang pembalap bisa mengikuti ajang ini. Hanya tim dan peserta yang memenuhi syarat dan sesuai dengan aturan yang bisa berpartisipasi. 


Karena kejuaraan ini adalah kelas tertinggi, sudah dapat dipastikan bahwa perhatian masyarakat yang menyukai dunia balap mobil akan tertuju pada ajang balap ini. Maka dari itu, ia dengan mudah mendapat sponsor besar oleh karena kepopularitasan tersebut.



2. FIA World Rally Championship


Kejuaraan ini memiliki berbagai lintasan terberat di dunia serta memiliki rangkaian acara yang cukup lama, yakni sekitar 2 sampai 4 hari. Bagi beberapa pembalap, kejuaraan ini adalah tantangan besar bagi mereka.



3. WTCC FIA World Touring Car Championship


Kepopularitasan kejuaraan ini berada di urutan ketiga setelah F1 dan World Rally. Balapan pertama diselenggarakan pada tahun 1987 yang dipromosikan oleh Eurosport. Perkembangan kejuaraan ini sangat pesat sehingga menjangkau hampir seluruh negara di dunia.


balap mobil terhebat

4. American Championship Car Racing


Memiliki kemiripan dengan F1, yakni pembalap profesional yang mengemudikan mobil dengan kursi tunggal. Sesuai dengan namanya, kejuaraan ini adalah balap mobil nasional di Amerika, dikenal juga dengan sebutan Indycars. 


Meskipun memiliki kemiripan dengan F1, mobil dalam balapan ini memiliki teknologi yang berbeda dari mobil F1. Hal tersebut dikarenakan terbatasnya biaya, mereka lebih menghabiskan banyak biaya untuk meningkatkan pembalap mobil.



5. Le Mans Series


Le Mans adalah salah satu kota di Perancis. Sirkut di kota tersebut cukup terkenal, sehingga beberapa kejuaraan dunia baik motor maupun mobil tak pernah mengeluarkan Le Mans dari daftar sirkuit. Seri Le Mans ini adalah kejuaraan balap mobil sport Eropa. Mobil-mobilnya dikelola oleh Automobile Club de l'Quest. Seri ini tetap dijaga agar tidak menjadi balapan kelas internasional. Hal ini dilakukan untuk menarik banyak tim sportscar ke seri. 



6. British Touring Car Championship


Balapan ini diselenggarakan di Inggris setiap tahunnya. Peraturan pada kejuaraan ini tidak tetap, selalu diperbaraui untuk mendapatkan desain dan mesin mobil dengan harga yang lebih murah dari tahun-tahun sebelumnya. Biasanya ajang balapan ini hanya diliput oleh televisi di seluruh Eropa dan Australia saja.


balap mobil terkenal


7. FIA GT3 European Championship


Target dari kejuaraan ini adalah pembalap mobil amatir. Umur dari balapn ini terbilang masih baru, terbentuk di tahun 2006. Tujuan dibentuknya kejuaraan ini adalah untuk meningkatkan partisipasi produsen di bidang olahraga balap serta membantu pengemudi amatir di Eropa.



8. The Rolex Sports Car Series


Berasal dari Amerika Utara dan diadakan pada tahun 2000, awalnya dinamakan dengan Grand American Road Racing Championship. Pada tahun 2002, Rolex menjadi sponsor utama mereka, kemudian memutuskan untuk mengganti namanya.



9. Asian Touring Car Championship


Perlombaan ini diadakan di berbagai negara di Asia, sesuai dengan namanya. Memang tidak terlalu popular, setidaknya Asia memiliki ajang balap sendiri. Sirkuit yang dilombakan adalah di Malaysia, China dan Indonesia.



10. FIA GT1 World Championship


Ini adalah kompetisi balap mobil sport yang dikembangkan oleh Stephane Ratel Organization. Kelompok ini terlibat dalam mendukung dan mempromosikan rangkaian balap mobil tersebut. Sirkuit yang diadakan balapan ini adalah Sirkuit Yas Marina, sirkuit Silverstone, Paul Ricard, sirkuit Potrero de los Funes, dan lain-lain. Ini diatur oleh FIA. Mobil-mobil yang digunakan dalam balapan ini adalah mobil grand tourer yang dirancang khusus untuk berkendara dalam jarak jauh.


cara menjadi pembalap mobil


Cara Menjadi Pembalap


Kamu harus belajar mengemudikan mobil balap, karena desain mobil balap berbeda dengan mobil biasa. Bukan cuma mobil dengan kursi tunggal. Kamu harus tahu bagaimana menangani mobil apapun. Mobil Kart akan sangat membantu karena responnya yang hampir instan dengan kemampuan menyetir dan menanganinya. 


Namun, itu masih belum cukup. Lagipula, kalau kamu mau masuk ke Formula One, mobil apapun yang pernah kamu kendarai hampir tidak ada gunanya. Kamu hanya perlu mengerem dengan sangat lambat, dan kamu harus terbiasa dengan pemikiran kalau kamu sampai di tikungan dengan kecepatan 100Km/jam, mungkin kamu tidak akan berhasil, tetapi kalau kecepatan 200Km/jam bisa berhasil, karena sayap depan mobil balap tersebut hanya akan bekerja dengan baik (mendorong mobil turun) pada kecepatan tinggi. Kuncinya adalah kamu harus terbiasa merasakan mengemudi mobil balap dengan kecepatan tinggi


Jika kamu merasa mampu menjadi pembalap, sebaiknya kamu bergabung di sekolah mengemudi sejak dini. Banyak pembalap yang kuketahui telah memulai balapan sejak kecil dan bergabung dengan sekolah mengemudi sejak usia belia. 


Lagipula, sekolah mengemudi yang baik akan membawamu ke beberapa latihan. Aku mengikuti sekolah Jim Russel dan latihan selama 2.5 minggu menggunakan mobil reli dengan instruktur di sampingmu dan dua lainnya dan 1/2 di kursi tunggal dengan instruktur memberimu pentunjuk melalui headphone pada helmmu. Itu sih, beberapa tahun lalu. Kurasa sekarang mereka telah mengubahnya dan memisahkan latihannya, tetapi kamu harus mengambil kedua latihannya.


Apabila di sekolah mengemudi kamu sudah dikira pantas untuk ke tahap lebih tinggi, maka pelatihmu akan mempromosikanmu kepada sebuah tim, yang kemudian akan membawamu ke suatu ajang balap. Kamu juga harus mengasah kemampuan balapmu dengan cara mengikuti lomba balap kecil-kecilan. Biasanya diadakan oleh perusahaan pembuat mobil atau bisa saja mereka juga mengadakan seleksi untuk salah satu tim.


pembalap terhebat


Itulah beberapa hal yang kuketahui mengenai cara menjadi pembalap mobil. Sebenarnya tidak ada kaitannya dengan usia, jika kemampuanmu sudah dianggap cukup dan mampu bersaing di ajang balapan, maka kesempatanmu untuk terjun ke dunia balap akan terbuka. Max Verstappen adalah pembalap termuda yang masuk ke dunia balap Internasional, dengan usia 17 tahun 166 hari. Apabila kamu yakin dengan kemampuanmu, sebaiknya kamu pergi ke salah satu negara di Amerika atau Eropa, peluangmu disana akan lebih besar.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang