Bagaimana caranya bersiap untuk membuat aplikasi Android?

Dilihat 1,7 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Aturlah peralatanmu:

  1. Install Eclipse, [CATATAN: Kamu dapat memilih IDE manapun, tetapi yang ini paling sering digunakan oleh orang-orang untuk membuat aplikasi Android]. Android Studio dan IntelliJ juga dua IDE yang bisa kamu coba. IDE: merupakan aplikasi software yang menyediakan fasilitas yang luas untuk programmer komputer untuk membuat aplikasi.
  2. Install ADT (Android Development Tools) plugin untuk Eclipse (aku mengansumsi kamu memilih Eclipse). 
  3. Perbaharui alat androidmu dengan menggunakan Android SDK Manager
  4. (pilihan) gunakan Android untuk menguji aplikasimu karena sangat tidak disarankan untuk bergantung sepenuhnya dengan emulator karena mungkin akan berjalan lebih lambat dari Androidmu. Emulator: merupakan alat mobil virtual yang dijalankan lewat komputer. Emulator dapat digunakan untuk menguji aplikasi Android tanpa menggunakan Android aslinya.
Bersiap untuk memulai:
Belajar Java: Java adalah bahasa pokok yang dipakai dihampir semua aplikasi Android. Java dan Javascript itu berbeda. Java dengan tingkat dasar dapat kamu baca disini. Namun, kamu harus tahu lebih dari itu untuk lebih memahami Java, jadi aku merekomendasikanmu untuk menonton dan mencoba mengerti video/tutorial dibawah ini sampai kamu mengerti bagaimana cara Java bekerja (Pernyataan If, Variabel, Mengembalikan Variabek, pernyataan For, syntax dasar, operasi mat dasar): Titik permulaan ini sangatlah berguna, baca setiap lembar dari sini dan cobalah untuk memahami apa yang dijelaskan. 
[LINK Video Tutorial: Java Tutorial for Beginners, Java Video Tutorial, Learning Java]

Tips sebelum memulai:

  1. Jangan pernah menyerah cuma gara-gara susah, akan selalu ada waktu dimana kamu tiba-tiba mengerti apa yang telah kamu pelajari. Kalau aku, hal itu terjadi begitu saja setelah aku memulai aplikasi itu selama seminggu. 
  2. Google-kan semuanya, kalau kamu punya masalah yang sama seperti orang lain, cukup Google-kan saja pertanyaamu dan lihat jawabannya, /r/androiddev juga bisa jadi sumber yang bagus.
  3. Ikuti Petunjuk Desain Android, melakukan ini akan mempermudahkanmu.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang