Apa saja penyakit yang menyebabkan lidah putih?

Dilihat 4,49 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kegiatan yang tidak pernah dilupakan oleh manusia setiap harinya adalah makan. Makan juga sangat berguna agar manusia memiliki energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Jika seseorang tidak makan atau hanya telat makan saja mereka tidak akan memiliki kekuatan yang bisa menyebabkan sakit. 


Namun di zaman yang modern ini, ada banyak sekali jenis makanan lezat yang sangat menggoda kita untuk memakannya, sehingga kini makan terkadang bukanlah sebuah kebutuhan dan telah menjadi gaya hidup. 


Sayangnya gaya hidup makan yang banyak dilakukan orang tidak sejalan dengan kebiasaan mereka menjaga kondisi tubuh. Sehingga mereka mudah sekali dihinggapi berbagai penyakit mulut seperti salah satunya adalah lidah putih


Mungkin sebagian orang menyepelekan kondisi ini namun bisa saja kondisi lidah putih bertambah parah jika tidak segera diobati. Sebenarnya adalah beberapa faktor yang menjadi penyebab lidah putih pada manusia.




Penyakit yang Menyebabkan Lidah Putih



Kondisi tubuh dan kebiasaan makanan yang buruk bukan hanya menjadi penyebab sariawan, ternyata permasalahan lainnya seperti lidah putih. Permasalahan lidah putih sering dirasakan oleh sebagian orang, mungkin diantara mereka menganggap bahwa gejala lidah putih bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. 


Namun sebenarnya gejala lidah putih sendiri bisa saja merupakan tanda-tanda penyakit tertentu yang patut diwaspadai. Seperti yang kita tahu bahwa lidah yang sehat berwarna pink dan ditutup oleh nodul-nodul putih yang disebut papila. 


Lalu apa yang menyebabkan lidah putih terjadi? 


Lidah putih terjadi karena papila pada lidah mengalami pertumbuhan yang berlebih dan mengalami pembengkakan. Lapisan putih muncul akibat bakteri, sisa-sisa makanan, atau karena sel-sel mati yang bersarang dan tersangkut diantara papila yang menyebabkannya meradang. 


Sebenarnya kondisi lidah putih memang tidak perlu terlalu dikhawatirkan karena biasanya bersifat sementara dan akan hilang dengan sendirinya. 


Namun kita harus tetap mewaspadai gejala lidah putih karena bisa saja itu merupakan indikasi beberapa penyakit serius seperti infeksi dan kondisi prakanker yang sangat berbahaya. 


Penyakit oral thrush

Berikut adalah beberapa penyakit yang bisa membuat lidah kita berwarna putih:


1. Oral thrush


Penyakit mulut ini disebut juga dengan nama candidiasis. Orasl thrush disebabkan oleh akumulasi atau pertumbuhan jamur yang terlalu cepat, jamur tersebut bernama candida albicans. 


Candida albicans adalah sejenis organisme normal yang sering ada di lapisan mulut namun dalam kondisi terlalu cepat tumbuh, jamur ini menyebabkan permasalahan mulut yang menyakitkan. 


Gejala dari penyakit ini di antaranya seperti menyebabkan sensasi terbakar atau perih dilidah dan munculnya plak putih yang terkadang juga berwarna merah. Terlebih plak yang dikarenakan oral thrush bisa sangat menyakitkan jika kita mencoba menghilangkannya dengan cara dikerik. 


Candidiasis lebih umum terjadi pada bayi dan juga orang tua. Beberapa orang juga mudah terkena penyakit ini seperti penderita diabetes, seseorang yang kekurangan zat besi, kekurangan vitamin B, sering minum antibiotik, lemahnya sistem kekebalan tubuh, dan sering memakai gigi palsu. 


Jika anda merasakan gejala ora thrush pada mulut segera untuk memeriksakan diri ke dokter karena penyakit mulut ini bisa bertahan lama jika tidak diobati dan akan membuat mulut anda terasa tidak nyaman.


Penyakit leokoplakia

2. Leukoplakia


Penyakit mulut yang juga bisa menjadi penyebab lidah putih adalah leukoplakia. Leukoplakia adalah suatu kondisi dimana terjadinya pembentukan bercak-bercak putih dalam mulut, termasuk juga lidah. 


Bercak putih yang diakibatkan oleh penyakit ini disebabkan oleh terlalu banyak sel dan protein keratin di sekitar mulut sehingga menimbulkan bercak-bercak putih. Pada kasus leukoplakia biasanya penderita tidak merasakan sakit, namun bercak putih di lidah tidak dapat hilang dengan hanya disikat atau dikorek. 


Lalu mengapa leukoplekia bisa terjadi? 


Leukoplakia terjadi ketika lidah mengalami iritasi yang biasanya ditemukan pada seseorang yang merokok dan seseorang yang terlalu banyak meminum alkohol. Penyakit ini sebenarnya tidak berbahaya tetapi bisa berubah menjadi kanker jika tidak diobati selama bertahun-tahun. Jika anda menemukan bercak pada lidah dan tidak hilang selama 2 minggu sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter.


Penyakit Oral Lichen Planus


3. Oral Lichen Planus


Oral lichen planus adalah sebuah gangguan kekebalan tubuh yang menimbulkan gejala berupa bercak dan garis putih berenda pada mulut juga lidah. 


Berbeda dengan leukoplekia yang tidak menimbulkan rasa sakit, penyakit ini akan menimbulkan sensai terbakar dan perih, gusi merah, mulut terasa tidak nyaman, dan munculnya plak yang menimbulkan rasa nyeri dibagian mulut. Pada umumnya oral lichen planus akan sembuh dengan sendirinya namun penyebab dari penyakit ini sering kali tidak diketahui oleh dokter. 


Oral lichen planus bisa dicegah dengan cara kita merawat kebersihan mulut dan gigi dengan benar, mengurangi asupan makanan yang mengiritasi mulut, serta menjauhkan diri dari kebiasaan meminum alkohol dan merokok.


Penyakit geographic tongue

4. Geographic Tongue


Berikutnya permasalahan mulut yang bisa menyebabkan lidah putih adalah geographic tongue. Penyakit ini adalah sebuah kondisi papila pada permukaan lidah hilang dan membentuk seperti pulau berwarna merah halus dengan pinggiran putih. 


Sama dengan oral lichen planus yang tidak diketahui penyebabnya, geographic tongue juga tidak diketahui secara jelas apa penyebabnya. Ada beberapa ahli yang menyebutkan bahwa penyakit ini ditimbulkan karena faktor genetik atau juga karena kondisi kulit kronis (psoriasis) tetapi pendapat ini membutuhkan penelitian lebih lanjut. 


Namun anda tidak perlu merasa terlalu khawatir karena geographic tongue tidak menyebabkan masalah kesehatan seperti kanker atau infeksi hanya saja penyakit ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman di mulut penderitanya.


Cara menghilangkan lidah putih


Cara Menghilangkan Lidah Putih


Mengalami permasalahan mulut berupa timbulnya gejala lidah putih memang akan terasa tidak nyaman di mulut. Anda pun sebaiknya jangan menganggap lidah putih sebagai hal yang sepele, untuk itu anda harus melakukan beberapa penanganan yang tepat untuk dapat mengobatinya. 


Jika anda memutuskan untuk menemui dokter setelah mengalami gejala, itu akan lebih baik. Namun anda juga bisa melakukan beberapa cara untuk dapat menyingkirkan lidah putih di rumah. 


Berikut adalah cara mudah untuk menghilangkan lidah putih:


  • Sikatlah permukaan lidah yang berwarna putih menggunakan sikat gigi.
  • Keriklah lidah menggunakan pengerik khusus untuk lidah.
  • Berkumur menggunakan air garam atau antiseptik khusus mulut.
  • Gosoklah lidah menggunakan ramuan alami, seperti campuran air jeruk lemon dan kunyit, atapun campran air jeruk lemon dan soda kue.

Jika memang gejala lidah putih tidak segera hilang dalam 2 minggu, sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan juga mendapatkan penangan medis yang tepat. 


Jika infeksi atapun prakanker terdeteksi sebagai penyebab lidah putih, anda tetap telah melakukan hal yang tepat untuk memeriksakan diri sejak awal sehingga peluang untuk sembuh menjadi lebih besar.


-


Umumnya, banyak orang yang menyepelekan gejala lidah putih dan beranggapan bahwa lidah putih dapat sembuh dengan sendirinya. Seharusnya lidah putih tetap mendapat penanganan yang tepat dari anda dan mungkin memerlukan pemeriksaan ke dokter bila perlu. 


Untuk dapat terhindar dari penyakit ini anda bisa melakukan beberapa hal di antaranya, mengubah pola hidup, berhenti merokok, kurangi konsumsi alkohol, menjaga kebersihan mulut, gigi, dan lidah, serta selalu menjaga kondisi tubuh dengan menghindari dehidrasi. 


Intinya, faktor yang bisa memberikan resiko besar pada kita untuk terkena lidah putih adalah gaya hidup kita yang kurang baik. Cara terbaik untuk tetap sehat adalah dengan menjalani gaya hidup sehat, agar kesehatan semua anggota tubuh kita selalu terjaga. 

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang