Bagaimana caranya kapal perang pada abad ke-16 berperang melawan kapal perang abad pertengahan sebelum adanya meriam?

Dilihat 640 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Pada beberapa abad silam, peperangan yang terjadi antar kubu/negara umumnya masih dilakukan melalui jalur darat atau laut. Sejak ribuan tahun yang lalu, bangsa-bangsa kuno seperti Mesir, Yunani, Persia, dan Romawi telah memiliki armada atau angkatan laut.Kendati alat-alat yang digunakan masih belum diwarnai dengan teknologi canggih, perbedaan pada alat perang yang digunakan pada tipe kapal dari abad yang berbeda tentunya akan mempengaruhi taktik dan strategi mereka. Kapal dengan peralatan perang yang lebih canggih akan memiliki peluang lebih besar untuk menang. 


Kapal perang saat itu disebut dengan galley yang berlayar dengan menggunakan bantuan angin. Kapal ini juga menggunakan tenaga manusia untuk mendayung. Ada sekitar 50 pendayung dalam kapal ini, masing-masing baris diisi 25 orang. Kecepatan tertinggi kapal ini diperkirakan hingga 9,5 knot. Kapal-kapal ini akan berusahan saling berbenturan dalam pertempuran. Apabila jarak antara kapal sudah semakin dekat, maka pasukan panah akan menyerang dengan menembahkan panah ke kapal lawan, selain itu para awak kapal akan saling menaiki kapal lawan untuk saling bertarung satu sama lainnya. Dapat dikatakan model galley mirip dengan model kapal primitif bangsa viking. Ciri khas galley adalah memiliki lambung kapal yang panjang dan ramping serta memiliki clearance yang rendah antara permukaan laut dengan pagar dek. Hampir semua jenis kapal ini memiliki layar yang difungsikan sebagai pendorong kapal pada saat angin datang. Oleh karena kapal ini menggunakan tenaga manusia untuk mendayung, maka kapal dapat bergerak bebas tanpa terpengaruh angin dan arus laut. 


kapal perang abad pertengahan


Kapal Perang Abad 16 VS Kapal Perang Abad Pertengahan


Galley adalah kapal pertama yang menggunakan meriam nerat sebagai senjata anti-kapal. Akibatnya pada pertengahan, benteng di sekitar pantai mulai diubah desainnya agat kuat menerima serangan meriam. Penggunaan meriam pada kapal perang membuat ukuran kapal menjadi semakin besar dan berat, karena harus mengangkut meriam yang cukup jumlahnya untuk menambah daya gempur kapal. Sekaligus juga harus meningkatkan daya jelajah kapal, karena mengimbangi jarak jangkau meriam sekaligus pertemputan laut yang semakin jauh dari kawasan pantai atau coastal. Kapal-kapal layar tersebut perlu dibangun dengan rancangan baru untuk menyesuaikan dengan keadaan.

Pada abad ke-16 dirancanglah kapal-kapal untuk menjawab keperluan tersebut. Kapal tersebut memiliki tiga tiang utama untuk layar dan dek berlapis untuk memuat lebih banyak meriam. Kapal jenis ini kemudian diberi nama Galiung, dan kemudian merajai pelayaran abad ke 16 hingga sesudahnya, yang kemudian digunakan sebagai sarana menjelajah, perdagangan sekaligus untuk memperluas daerah jajahan. Pada abad ke-17, negara-negara maritim membutuhkan kapal yang lebih lincah dari Galiung untuk menjaga atau patroli di wilayah jajahan sekaligus untuk menjaga kehadirannya di perairan dengan jumlah kapal yang lebih banyak. Lalu dibuatlah kapal-kapal fregat atau frigatte.  Kapal fregat memiliki ukuran lebih kecil daripada galiung namun memiliki tiga tiang layar. Kapal ini kemudian diangap sebagai kapal tempur utama atau ship of the line dalam suatu armada. Pada abad ke 18 dan 19 frigatte kemudian dimodifikasi dan ditambahkan tempat komando yang kemudian ditambahkan pada kapal galiung.


kapal perang terhebat

Jadi jawaban simpel untuk pertanyaan ini, kapal perang abad pertengahan tidak akan punya kesempatan untuk melawannya. 


Penggunaan meriam pertama kali dicatat pada tahun 1338 di perang laut Eropa, yaitu saat perang Arnemuiden . Namun, peralatan ini dulunya hanya digunakan untuk menembak anggota dek kapal dan sangat jarang digunakan. Pada abad ke 15, orang Portugis mulai membenahi angakatan laut nya (di bawah pemerintahan Sir Henry) dan negara Eropa lainnya berusaha untuk menyeimbangi Portugis. Hal ini dan perkembangan pada pembuatan meriam di Jerman selatan mengarah pada pembuatan kapal perang yang bisa menghancurkan kapal lawan secara efektif dengan meriam.


(Lihat: sejarah perkembangan kapal Portugis abad ke-15 dan ke-16


Sekarang bicara di luar topik. Bagaimana dengan kondisi perang aslinya? Lokasi perang merupakan faktor yang penting . Lautan yang dangkal seperti di Laut Mediterania dan Samudra Atlantik akan mempengaruhi perang itu sendiri dan jenis kapal yang akan digunakan. Namun demikian, tidak mungkin bagi kapal abad pertengahan (abad ke-14) bisa menyaingi kapal ini. Sama sekali tidak terpikir olehku apa saja keunggulan yang dimiliki kapal abad pertengahan dalam melawan, misalnya, Carrack Portugis.  


sejarah kapal perang

Kapal abad ke-16 akan memiliki keunggulan seperti:

- Ketersediaan meriam (tentu saja). Keunggulan paling utama terutama untuk menghancurkan kapal lawan.

- Kecepatan

- Kru kapal yang lebih berpengalaman dan terlatih

- Lengan yang lebih kecil (terutama karena penggunaan senjata seperti granat)

- Ukuran

- Taktik

- Banyak lagi


Contoh perang nyata yang pernah terjadi adalah Perang Diu pada tahun 1509. Angkatan laut portugis yang terdiri dari 12 Carrack dan 6 Caravel melawan Gujarat, Mamluk, dan angkatan laut Turki dengan total 92 kapal . 80 di antaranya merukapan kapal Dhow. Kapal yang mirip dengan kapal abad ke-14 ini tidak menggunakan meriam dan hanya bergantung pada pemanah pada dek kapal . Kapal-kapal perang ini akhirnya hancur karena tidak bisa melawan balik dengan persenjataan yang kuno dan minim. 


kapal perang

Semakin modern kapal dan teknologi yang digunakan, tentunya akan memperbesar kemungkinan suatu pihak untuk memenangkan perang. Kemenangan pada abad ini mungkin ditandai dengan keberhasilan dalam mengambil alih kapal musuh. Mungkin kemenangan tidak ditentukan dengan seberapa canggihnya persenjataan yang dimiliki, tetapi tergantung dengan kuatnya pasukan. Alangkah beruntungnya jika kapal yang ditaklukkan adalah kapal yang jauh lebih modern. Namun memang tampaknya ini adalah hal yang sedikit mustahil ;)

Terjawab 10 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang