Bagaimana caranya kita dapat mendesain sebuah rumah?

Dilihat 526 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Aku adalah seorang arsitek dan karena itu aku akan selalu merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan seorang profesional untuk hal penting seperti ini. Kalau kamu memiliki jalanan yang sulit, aku pasti akan menyarankanmu untuk melakukannya. Namun, aku tahu kalau itu bukan yang kamu tanyakan, jadi... Pertama-tama, coba baca dua buku ini: 100 Things I Learned in Architecture School dan The Barefoot Architect. Buku-buku itu akan memberimu banyak informasi tentang dasar-dasar mendesain. Selanjutnya, tulis daftar ruangan-ruangan yang kamu butuhkan (pastikan daftarnya itu yang kamu BUTUHKAN bukan yang kamu INGINKAN). Contohnya, kamu bisa punya dua kamar tidur yang menyambung dan berbagi kamar mandinya, daripada dua kamar mandi yang terpisah.

Ukuran asli dari ruangannya itu sangat tergantung dengan jalananmu. Selalu ingat untuk membuat jaraknya pendek (jarak antar dua dinding) (dibawah 5 meter atau 16 kaki) dan untuk mengelompokkan ruangannya dengan kebutuhan air sekaligus. Setelah kamu tahu ruangan-ruangan yang kamu mau, kamu dapat potong kotak-kotak pada papan dengan nama-namanya dan menyelesaikan "puzzle" itu. 

Imajinasikan dalam benntuk 3 dimensi, sebuah kamar mandi yang diletakkan diatas dapur itu terlalu dekat. Kategorikan ruangan-ruangannya sebagai ruangan umum dan pribadi dan buatlah sebuah transisi antar ruangan. Pertimbangkan arah matahari dan angin, juga pemandangan penting yang kamu inginkan untuk dibuka ATAU ditutup. Jangan takut untuk memotong lembaran pada papan atau mengganti proporsi dari ruangan untuk membuat desainmu menjadi lebih baik. Cobalah untuk selalu mengikuti bentuk kotak karena lebih murah untuk dibangun dan lebih efisien. 

Setelah selesai mengatur tata ruang yang kamu inginkan, pikirkan sirkulasi horizontal dan vertikal (koridor dan tangga). Tempat jendela dan pintu. Ingat, dua pintu keluar-masuk yang secara diagonal berlawanan dalam ruangan kotak akan membuat sirkulai diagonal dalam ruanganmu, yang pastinya ingin kamu hindari. Letakkan jendela seminim mungkin karena jendela itu mahal dan membuat temperatur rumahmu jadi sulit diatur supaya terasa nyaman.

Setelah kamu membuat ide-ide mu ini pada kertas/papan dan hanya setelahnya, kamu boleh coba menggunakan software (perangkat lunak) seperti Google SketchUp untuk membuat 3 dimensinya. Kamu dapat mulai memikirkan penampilan dan atapnya. Ingat, pola atap itu relatif dengan hujan dan hujan salju didaerah mu.

Sekarang, hal yang menyenangkannya: tambahkan beberapa detil yang kamu mau. Buat rumahmu sesimpel mungkin dengan hanya dua atau tiga detil yang benar-benar kamu sukai dan akan terasa bermatabat dan indah. Kalau kamu terlalu banyak memberi dekorasi-dekorasi yang berbeda atau gaya-gaya berbeda lainnya, rumahmu akan terlihat aneh.

Voilà! Kamu telah menyelesaikan tahap desain konsepmu. Sayangnya, kamu masih perlu seorang arsitek/insinyur untuk membantumu menggambar denah dan menghitung semua struktur dan keperluan lainnya. Aku dengan senang hati memberikanmu ide-ide gratis dan membantu prosesnya. Mendesain rumah itu sangatlah menyenangkan. Semoga beruntung!

Terjawab 11 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang