Bagaimana caranya melawan rasa cewasku saat ingin menelpon seeorang?

Dilihat 1,02 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kamu tidak sendri. Banyak orang yang tidak suka menelpon orang lain. Jadi, jangan terlalu stress merasa seperti itu. Banyak kali e-mail, SMS, atau berbicara langsung itu sebenarnya lebih efektif. Kalau kamu baik dalam berkomunikasi lewat e-mail, atau langsung, beristirahatlah. Tapi, ada beebrapa kali ketika menelpon itu adalah cara tercepat dan paling efektif untuk berkomunikasi. Jadi, dalam situasi seperti ini, aku menganjurkan beberapa hal untuk meminimalkan Telephobia:

  1. Jangan berpikir terlalul berlebihan
    Memikirkan tentang menelpon seseorang bisa membuatmu lebih stress daripada melakukannya. Jadi, sebelum menelpon, fokus dulu dengan apa yang ingin kamu selesaikan/capai. Pikirkan tujuannya dan begitulah. Jangan pikir yang lain-lain lagi. Kamu perlu tahu kapan Dr. nya ada, dan ya sudah.

  2. Rencanakan waktu kapan menelpon dan melakukannya
    Rasa cemasmu akan berkurang kalau kamu merencanakan penelponan ini dengan waktu yang spesifik dan melakukannya. Jangan tunda-tunda. Aku pernah berhasil membantu orang yang sangat ramah tapi hanya tidak suka menelpon. Tapi, dia perlu jawaban pada suatu pertanyaan, dan klien nya tidak merespon e-mail nya. Sudah beberapa hari, dan dia perlu memberitahukannya ke manajemen dalam beberapa menit. Ketika aku tanya kenapa belum menelpon kliennya, dia dengan rasional, "sudah hampir jam makan siang, mungkin dia lagi lapar." Itu waktu jam 10:00am. Setelah kata-kata itu keluar dari mulutnya,  kami berdua mulai tertawa. Jelas, kamu tidak tahu kapan orang di tempat lain itu lapar atau tidak. Dan juga, kebanyakan orang itu hampir bisa dihubungi pada jam makan siang mereka. Kamu tidak bisa benar-benar membuat asumsi. Ketika temanku menelpon kliennya, dia mengambilnya edngan cepat, dan senang dapat ditelpon olehnya. Dia lega tidak perlu menulis respon yang panjang dan rumit ke e-mail nya.

  3. Bicara dengan jelas
    Minum sedikit air, dan bersihkan tenggorokanmu. Ketika kamu berbicara, pelafalanmu harus jelas. Telepon itu terdengar canggung kalau suaramu seperti kodok atau orang yang kamu telepon itu tidak bisa mendengar suaramu. Sama juga, kalau kamu sedang menelepon, pastikan signalnya bagus. Seperti yang orang lain katakan, seyum. Terdengar senang. Orang-orang bisa mendengarnya di telepon.

  4. Sopan Santun
    Ada tujuan dari teleponanmu, dan orang yang kamu telepon itu ada untuk membantumu mendapatkan jawaban dari pertanyaanmu. Jad, ketika mereka mengangkatnya, jadilah ramah. Tanyakan pada mereka bagaimna keadaan mereka. Dengarkan ketika mereka berbicara. Kalau mereka terdengarlletih dan mengatakan mereka sedang benar-benar sibuk, minta maaf dankatakan kamu akan menyelesaikannya dengan cepat. Kemudian bilang, "Aku meneleponmu karena aku butuh bantuan dalam membuat perjanjian." Hargai mereka, si penerima telepon itu memakai waktunya untuk membantumu, dan kemudia menyatakan alasanmu menelepon. Setelah kamu mendapatkan semua jawaban dari pertanyaanmu, berterima kasihlah pada mereka untuk pwaktu mereka dan putuskan teleponnya.

  5. Tenangkan dirimu sampai kamu bisa melakukannya
    Sebelum menelepon seseorang, akan membantu untuk mendengarkan lagu favoritmu, makan kue kering, atau telepon teman. Lakukan apapun yang diperlukan supaya moodmu membaik.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang