Bagaimana cara memutihkan kulit yang terbakar matahari?

Dilihat 624 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Bagi kita yang sering menghabiskan waktu di luar rumah tentu akan berhadapan dengan masalah kulit gosong yang terbakar sinar matahari. Sinar matahari pagi sangat bermanfaat dan bagus untuk kulit kita tapi tidak dengan sinar matahari siang yang sangat terik. Selain membuat kulit kita menjadi gelap, sinar matahari yang sangat terik juga bisa menyebabkan masalah kulit lainnya. 


Banyak orang menggunakan lotion yang berfungsi melindungi kulit dari sinar matahari dan apabila kulit kita sudah terlanjur gosong, ada banyak cara mencerahkan kulit, mulai dari injeksi glutathione hingga cara alami dengan ramuan tradisional.


Cara memutihkan secara alami tentu yang paling baik bagi kita. Selain murah, bahan alami juga aman tanpa efek samping dan mudah didapatkan. Nah, apa sajakah cara-cara alami tersebut?



Mencerahkan kulit



Memutihkan Kulit Secara Alami


Kulit adalah salah satu indra peraba yang bisa dibilang sebagai anggota tubuh terluar dari tubuh kita. Keseluruhan tubuh kita tertutup dan terlapisi oleh kulit. Sementara warna dari kulit manusia itu berbeda-beda, sesuai dengan pigmen yang dimiliki oleh seseorang. 

 

Kulit adalah salah satu bagian yang sangat diperhatikan oleh banyak orang terutama wanita, bagaimana tidak? 


Kulit adalah bagian yang bisa mempengaruhi penampilan seseorang. Untuk itu, banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk perawatan kulit modern yang banyak ditawarkan oleh klinik kecantikan kulit.

 

Memang beberapa krim pemutih bisa bekerja, namun apakah anda tidak khawatir dengan dampak yang bisa ditimbulkannya? 


Bahkan ada beberapa wanita yang berani melakukan perawatan kosmetik Botox. Masalah kulit bagi wanita memang dianggap sangat penting, salah satunya adalah masalah kulit gelap yang sering menjadi masalah besar bagi wanita. Wanita biasanya tidak ingin memiliki kulit hitam dan kusam, sehingga mereka selalu berusaha mencari produk yang bisa membuat kulitnya nampak lebih cerah. 


Biasanya kulit kita bisa menjadi gelap atau kusam karena bebrapa faktor dari luar misalnya, terpapar sinar matahari, polusi, aktivitas, dan masih banyak lagi. 


Lalu bagaimana cara mengembalikan kulit hitam menjadi cerah lagi seperti sempurna? Berikut ini adalah cara memutihkan kulit secara alami yang bisa anda praktekkan di rumah:


Cara menmutihkan kulit


1. Lemon


Banyak yang tidak tahu manfaat luar biasa dari buah lemon yang seringkali kita jumpai dalam kehidupan kita sehari-hari, terutama manfaatnya untuk wajah karena kandungannya yang sangat banyak, seperti vitamin B, vitamin C, protein, karbohidrat, dan potanium yang sangat baik untuk kulit. 


Caranya hanya dengan memeras buah lemon yang telah kita persiapkan dan memanfaatkan air perasan buah lemon tersebut dengan mengoleskannya pada kulit kita yang gelap karena sinar matahari secara matahari. Kita bisa memijatnya pelan-pelan agar air perasan jeruk lemonnya menyerap ke dalam kulit kita. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih. 


Bila anda tidak dapat menemukan buah lemon, jeruk nipis juga bisa dipakai sebagai pengganti buah lemon. Untuk hasil yang maksimal kita bisa menggunakannya rutin setiap hari.



2. Putih telur


Putih telur dikenal sangat berkhasiat untuk kulit dan banyak digunakan untuk merawat kecantikan. Manfaat putih telur yang sangat berkhasiat itu di antaranya adalah bisa menghilangkan jerawat di wajah, menghaluskan kulit, mengencangkan dan melembabkan kulit wajah, serta menghilangkan minyak di wajah. 


Selain khasiat di atas, putih telur juga bermanfaat untuk membuang warna coklat pada wajah karena berjemur di bawah sinar matahari. Caranya adalah sebagai berikut:


  • Campurkan putih telur dan air jeruk lemon.
  • Panaskan pinggan di atas api kecil lalu masukkan campuran putih telur dengan air jeruk lemon. 
  • Masak air campuran tersebut hingga berbentuk lotion 
  • Setelah itu kita ratakan ke permukaan kulit yang gelap dan membiarkannya meresap ke dalam kulit selama kurang lebih 15-30 menit, lalu bilas sampai bersih. Kita bisa melakukan perawatan ini 2-3 kali seminggu agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Manfaat lidah buaya untuk mencerahkan kulit


3. Lidah buaya


Tidak banyak yang tahu bahwa selain berkhasiat bagi rambut, lidah buaya juga digunakan sebagai perawatan kecantikan, khususnya dalam mencerahkan kulit kembali setelah sebelumnya menghitam karena terbakar sinar matahari.


Memutihkan kulit dengan lidah buaya merupakan salah satu cara yang alami dan sangat aman bagi kulit wajah kita karena tidak ada campur tangan bahan kimia di dalamnya. 


Lidah buaya juga merupakan tanaman yang tidak sulit untuk dicari karena banyak terdapat di sekitar kita. Lidah buaya berbentuk panjang menjulur dan berwarna hijau. Terdapat sedikit duri lembut pada kedua sisinya dan apabila dibelah akan mengeluarkan lendir kental yang bisa kita pakai untuk perawatan kecantikan. 


Mula-mula kita persiapkan terlebih dahulu satu lembar lidah buaya dan air sari jeruk nipis, kita blender keduanya kemudian jadikan masker untuk wajah kita. Kita bisa memakai masker untuk wajah yang terbuat dari campuran lidah buaya dan air perasan jeruk lemon selama kurang lebih 30 menit, kemudian kita bilas dengan air dingin.



4. Almond


Kacang almond adalah cara memutihkan kulit secara alami yang selanjutnya. Karena biasa digunakan sebagai tambahan dalam makanan, tidak banyak yang tahu bahwa almond banyak sekali manfaatnya untuk tubuh karena mengandung serat, vitamin, dan mineral. Almond yang kita kenal ini biasanya dikonsumsi sebagai kacang almond yang utuh, susu almond, tepung almond, dan minyak almond. 


Manfaatnya untuk kesehatan di antaranya adalah sebagai berikut:


  • Sebagai antioksidan. Almond memiliki kandungan vitamin E yang merupakan antioksidan untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.
  • Almond bisa untuk mengendalikan berat badan
  • Almond untuk mengurangi resiko gangguan metabolisme
  • Almond untuk pertumbuhan bayi karena mengandung asam folat yang merupakan nutrisi penting bagi janin yang berada dalam kandungan karena asam folat membantu pertumbuhan bayi yang normal.
  • Almond untuk menyehatkan kulit. Almond bermanfaat untuk menyehatkan kulit karena kandungan vitamin E yang terdapat didalamnya. Contohnya susu almond yang marak digunakan untuk produk sabun untuk menghaluskan kulit karena minyaknya bermanfaat untuk melembabkan kulit.
  • Almond untuk mengurangi kolesterol jahat karena mengandung lemak tak jenuh.

Dalam dunia kecantikan, biji almond sangat bermanfaat untuk mencerahkan kuli yang gosong akibat sinar matahari karena almond sendiri mengandung zat yang dapat mengurangi kegelapan warna kulit. 


Caranya sangat mudah, kita hanya tinggal menambahkan almond dengan kunyit dan susu cair untuk kita jadikan krim pemutih wajah yang alami. 

Cara membuat:

  • Rendam 5 biji almond dan satu ruas kunyit dalam susu cair pada pagi hari.
  • Kemudian pada malam hari, kuarkan kunyit lalu haluskan almond dalam susu cair tersebut hingga berbentuk pasta. 
  • Oleskan pasta ini pada wajah dan leher kita yang gelap karena sinar matahari dan bisa kita biarkan hingga kering semalaman. 
  • Saat bangun tidur keesokan harinya, bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini tiap 2 minggu sekali untuk hasil yang maksimal.


Manfaat kelapa untuk mencerahkan kulit

5. Air kelapa


Air kelapa dikenal memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh dan di antaranya adalah untuk kecantikan kulit wajah. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi yang ada dalam air kelapa. Kandungan nutrisi yang kita jumpai dalam air kelapa adalah kalori, protein, air, kalsium, fosfor, lemak, mineral, kalium, natrium, magnesium, zat besi, dan vitamin. 


Manfaat air kelapa yang juga tidak diketahui banyak orang adalah sebagai anti-aging atau penghambat penuaan. Hadirnya garis halus dan keriput membuat seseorang menjadi terlihat lebih tua dan itu sangat mengganggu siapa saja yang mengalaminya dan dalam hal ini, melakukan perawatan kulit menggunakan air kelapa dapat membantu untuk mencegah terjadinya penuaan dini yang tidak diinginkan.

 

Air kelapa juga merupakan pelembab alami yang dapat membuat kulit lebih segar dan kenyal. Selain itu kandungan vitamin C yang terdapat pada air kelapa bisa digunakan sebagai salah satu cara mencerahkan kulit


Sangatlah mudah untuk dipraktekkan, pertama kita siapkan kelapa hijau dan ambil airnya sebelum kita mengoleskannya pada kulit wajah yang gelap dengan menggunakan kapas lembut. Kita diamkan beberapa saat hingga mengering kemudian bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang optimal kita gunakan secara rutin dan teratur.


-


Itulah beberapa cara memutihkan kulit secara alami yang bisa anda coba. Merawat dan menjaga kulit tetap cerah tidak perlu menggunakan perawatan kulit yang berharga mahal, anda pun bisa memanfaatkan beberapa bahan alami di atas yang murah dan tentunya mudah didapat. Anda bisa membuat beberapa ramuan obat untuk mengatasi masalah kulit dengan bahan-bahan alami yang sudah saya sebutkan. 


Beberapa cara di atas juga tidak menimbulkan efek samping yang berat, sehingga anda tidak perlu was-was ketika ingin mengaplikasikannya sendiri pada kulit anda. Semoga artikel ini bermanfaat!

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang