Bagaimana cara membuat kue tanpa menggunakan baking powder?

Dilihat 2,1 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Membuat kue adalah hal yang tidak semua ibu rumah tangga bisa lakukan, sekalipun mereka pintar memasak. 


Pasalnya, membuat kue membutuhkan keahlian tersendiri dan ketelitian dalam menakar bahan. Meskipun hanya membuat kue sederhana, edikit saja takaran pada satu bahan tidak sesuai, maka kemungkinan besar kue tersebut gagal dalam pembuatannya. Tingkat kesulitan cara membuat cake pun tidak bisa disamakan dengan memasak makanan biasa. Ada beberapa bahan yang menjadi ciri khas bahan kue, salah satunya adalah baking powder.


kue tanpa baking powder

Apa Itu Baking Powder?


Baking powder adalah jenis pengembang kue. Jadi, kita menggunakan baking powder ini agar kue yang dibuat mengembang sempurna dan teksturnya bagus. 


Baik resep kue sederhana maupun resep kue terbaik semestinya membutuhkan bahan ini. Sebagai pengembang kue, baking powder yang mengandung sodium bikarbonat ini akan aktif saat terkena cairan dan atau panas, sehingga kemudian menghasilkan karbondioksida. Karbondioksida inilah yang nanti membuat kue mengembang. 


Namun, menggunakan baking powder sebaiknya jangan terlalu banyak karena akan membuat kue terlalu mengembang dan akhirnya merusak tekstur. Umumnya, untuk 500 gram tepung terigu, hanya dibutuhkan 1/2 sendok teh baking powder. 


Dalam penyimpanannya harus di tempat yang sejuk, kering, dan bersih. Jangan menyimpan baking powder di tempat yang panas atau hangat, atau di wadah yang tidak ditutup dengan rapat karena "kekuatan" dari baking powder itu dapat hilang. 


Jika sudah lebih dari 6 bulan sejak kemasannya dibuka, sebaiknya tidak usah digunakan lagi karena fungsi dari baking powdernya sudah semakin berkurang. Ketika menggunakan baking powder, jangan larutkan baking powder dengan bahan cairan. Campur dulu dengan tepung terigu dan bahan kering lainnya. Karena bila langsung diberi cairan, gas karbondioksida akan langsung terlepaskan sebelum sempat dipanggang. 


resep kue sederhana


Namun, perlu diketahui bahwa ada bahan yang memiliki kesamaan dengan baking powder, yakni baking soda. 


Baking soda dan baking powder adalah 2 bahan pengembang yang lazim digunakan dalam proses pembuatan roti atau kue. Keduanya sering dianggap sama karena secara fungsi, baik baking soda maupun baking powder memang memiliki kegunaan yang serupa, seperti yang saya jelaskan di atas yakni untuk membuat adonan kue mengembang. 


Meski memiliki fungsi yang sama, secara strukur kimia dan spesifikasi, keduanya ternyata punya banyak perbedaan. 


Berikut ini adalah perbedaan antara kedua bahan tersebut:



1. Perbedaan Kandungan


Perbedaan baking soda dan baking powder yang pertama dapat kita lihat dari kandungan kimia keduanya. Baking soda merupakan bahan pengembang kue yang mengandung 100% Natrium Bikarbonat (nama dagang: Sodium Bikarbonat) tanpa campuran bahan apapun. 


Sementara baking powder, selain mengandung Natrium Bikarbonat juga mengandung beberapa bahan tambahan lain seperti Sodium Asam Pirofosfat dan bahan pengemulsi. Perbedaan kandungan kimia antara baking soda dan baking powder ini kemudian mempengaruhi spesifikasi penggunaan kedua bahan pengembang tersebut terhadap kue yang dihasilkan



2. Perbedaan Spesifik Kegunaannya


Seperti diketahui bahwa untuk dapat membuat adonan mengembang, Natrium Bikarbonat dari bahan pengembang yang dimasukan ke dalam adonan harus bisa bereaksi dengan senyawa asam untuk menghasilkan gelembung-gelembung udara (karbondioksida). 


Jika adonan kue telah ditambahi bahan-bahan mengandung asam (seperti susu, cokelat, yogurt, mentega dan margarin), maka jenis bahan pengembang yang digunakan sebaiknya adalah baking soda. Baking soda hanya mengandung Natrium Bikarbonat saja sehingga tidak dapat bereaksi sendiri jika tidak ada senyawa asam yang terkandung di dalam adonan kue. 


Sedangkan jika adonan kue tidak mengandung bahan-bahan asam, maka bahan pengembang yang digunakan sebaiknya adalah baking powder. Hal ini karena selain mengandung Natrium Bikarbonat, baking powder juga mengandung Sodium Pirofosfat yang bersifat asam lemah dan bisa memicu reaksi yang menghasilkan gelembung udara di dalam adonan kue.



3. Perbedaan Hasil Penggunaan


Perbedaan baking soda dan baking powder dalam hal kandungannya juga menghasilkan perbedaan yang signifikan pada kue yang dihasilkan. Kue yang menggunakan bahan pengembang berupa baking soda umumnya akan terasa lebih pahit, terlebih jika jumlah baking soda yang dimasukan terlalu banyak. 


Sedangkan kue yang menggunakan bahan pengembang berupa baking powder umumnya tidak akan menghasilkan rasa pahit karena Natrium Bikarbonat akan habis bereaksi dengan Sodium Asam Pirofosfat dan bahan pengemulsinya.


resep kue terbaik


Resep Kue Sederhana Tanpa Baking Powder


Cara terbaik membuat kue selain dipengaruhi oleh baking powder dan baking soda adalah memperhatikan tingginya rasio telur atau tepung self-rising, yang dapat membuat kue juga mengembang. 


Contoh klasiknya adalah dalam Sponge Cake Genoise. Berikut adalah resep kue sederhana dan cara membuat cake sponge genoise:


Bahan-bahan:

  • 85gram/3ons tepung terigu 
  • 85gram/3ons gula 
  • 3 telur 
  • 30gram/1ons mentega, lelehkan 

Cara membuat: 

  1. Kocok gula dan telur hingga membentuk jejak (anda dapat menuliskan huruf m dan adonan akan tetap diam hingga hitungan ke 10).
  2. Masukkan tepung yang telah diayak dan mentega cair. 
  3. Masukkan kedalam loyang 25cm/10inci yang telah diolesi mentega dan tepung.
  4. Panggang 25-30 menit hingga cake mengembang. Dinginkan. 


Contoh lainnya adalah Sandwich Victoria yang menggunakan tepung self-rising.


Bahan-bahan:

  • 225gram/8ons mentega atau margarin, haluskan 
  • 225gram/8ons gula kastor 
  • 4 telur 
  • 225gram/8ons tepung self-rising 
  • 2 sdt baking powder 
  • Untuk isian dan topping 4 sdm selai strawberry atau raspberry sedikit gula kastor
  • 2 buah loyang 20cm/8inci, dengan kedalaman 4 cm 

Cara membuat :

  1. Olesi loyang dengan mentega dan alasi dasarnya dengan kertas roti. Panaskan oven hingga 180C/350F. 
  2. Masukkan mentega atau margarin, gula, telur, tepung dan baking powder kedalam mangkok besar dan kocok selama 2 menit, hingga tercampur rata, sebuah mixer elektrik sangat cocok digunakan untuk ini, namun anda juga bisa mengocoknya dengan menggunakan sendok kayu. 
  3. Bagi rata adonan kedalam 2 loyang yang telah dipersiapkan dan ratakan permukaannya dengan bagian belakang sendok atau spatula plastik.
  4. Panggang selama 25 menit, hingga mengembang dan berwarna keemasan. Bagian atas kue akan terasa kenyal saat ditekan perlahan dengan jari. Biarkan kue mendingin selama beberapa menit didalam loyang, kemudian pisahkan pinggiran kue dari sisi loyang dengan menggunakan pisau kecil secara perlahan. Balik kue diatas rak kawat, lepas kertas roti yang ada didasar kue dan biarkan mendingin.
  5. Pilih kue dengan sisi atas terbaik, dan letakkan kue lainnya secara terbalik diatas piring saji, olesi dengan selai, dan letakkan kue dengan sisi atas terbaik tadi diatasnya, dengan sisi atas menghadap keatas, dan taburi gula kastor saat dihidangkan.
resep kue terenak

Itulah sedikit penjelasan mengenai bahan pengembang kue dengan contoh kue yang bisa dibuat tanpa baking powder. 


Jadi, baking powder bukanlah bahan yang wajib ada saat membuat kue, anda bisa menggantinya dengan tepung khusus. Selain kue yang telah saya sebutkan, ada juga beberapa kue lain yang bisa dibuat tanpa menggunakan baking powder. Kiranya anda berhasil mempraktekkan cara membuat cake di atas sesuai dengan resep yang sebutkan. Selamat mencoba :)

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang