Bagaimana caranya membuat makanan yang panas tapi memiliki tekstur yang dingin seperti eskrim?

Dilihat 461 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Ada dua cara utama supaya makanan menjadi pekat seperti es krim.


 1. Lemak. Lemak di selai kacang, dendeng atau es krim padat saat dibawah titik leburnya. Membutuhkan energi untuk menjaga molekul tetap fluida dan bergerak (cairan) daripada menyatu (padat), Karena itu di dalam makanan berlemak, akan menjadi lebih pekat pada saat lebih dingin.


 2. Protein/karbohidrat/jaringan gel karet. ini generalisasi, tapi di dalam kasus ini, panas menyebabkan "kepekatan" menjadi terdispersi kedalam makanan, berinteraksi dengan dirinya sendiri dan tetap berlanjut sebagai fase (cairan), tambahkan kepekatan. Ini sama seperti kasus puding, sup dan saus yang pekat. Produk dengan tipe gel seperti ini akan menjadi lebih keras saat dingin. Proses ini secara umum tidak dapat berubah kembali, karena itu mereka akan meleleh di mulut mu. 


Tantangan lain yaitu mulut kita hangat. Kamu harus memastikan suhu makanan tidak turun dibawah suhu badan. Ini juga resiko daripada konsumen memanaskan mulut mereka. 


Jika kamu mau sesuatu yang lembut di mulut, mungkin ada konsep yang harus dipikirkan.


Cairan pseudoplastik - Ini akan lebih tipis di saat ketegangan diberikan. Mungkin saat muai mengunyah, viskositas produk makanan mu bisa berkurang. Ada contoh makanan, salah satunya saus tomat. 


Sesuatu yang bisa dikerjakan oleh enzim alami di mulut.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang