Bagaimana caranya membuat situs web seperti Facebook?

Dilihat 673 • Ditanyakan hampir 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

saya akan berbicara secara general . Karena kebanyakan cara membuat itu di lindungi dengan hak milik . Seperti facebo0ok menggunakan , sistem PHP (Menggunakan daftar yang panjang untuk menjalankan website tertentu,Tapi facebook ini menggunakan lebih dari PHP , Seperti ibarat lagu hiphop nya PHP (HHVM) , PHP ini menggunakan kode yang tidak kalah kompleknya dengan C++ . C++ dapat menjalakan beberapa kode sekaligus , jadi proses yang di eksekusi jauh lebih cepat.

di banding software lain .

HHVM dikembangkan oleh facebook dan dapat di gunakan oleh semua orang secara gratis . Anda bisa mendownloadnya sekarang dan mencoba menggunakannya. HHVM ini merupakan gabungan dari HMTL5 yang mengetur kode dan juga Javascript yang mengatur semua yang behubungan dengan Java. Jadi anda tidak harus memuat suatu halaman untuk mendapatkan update suatu yang kecil .

Semua ini bisa di pelajari dari View Source dan bukan merupakan informas yang di rahasiakan. Tidak hanya ini anda juga bisa melihat elemen elemen yang berbelit belit yang di perlukan untuk mengeksekusi  perintah perintah yang di perlukan untuk membuat facebook berjalan.

Kode ini juga harus bisa menampung dan menyortir informasi yang di upload .

Seperti kita tau , Jutaan foto di upload ke facebook setiap jam nya .Bukan informasi yang mengagetkan , dan bahkan jelas kalo informasi itu bukan lah informasi yang sepele . Jadi kode ini beserta sistem penyimpanan data di server facebok harus bisa mengakomodasi sema data data ini . Yang di rumorkan sebesar 100 petabyte per minggu .

Jadi mengetur hal ini tidak mudah , kerena facebook harus menghapus konten konten yang di upload oleh 1 milyar user facebook . Dan konten konten ini bukan hal yang harus nya di anggap remeh , karena untuk beberapa user , konten konten tersebut di anggap suci dan tidak boleh di hapus . Karena ini facebook telah berhasil menyelsaikan masalah ini , dan tidak ad website lain yang dapat menandingi kode yang di buat facebook , untuk mengakomodasi data yang begitu besarnya ini untuk website .  

Tidak hanya secara virtual , secara fisik juga . Server server yang begitu banyak di facebook juga harus di rawat dengan baik . bukan hanya di facebook , tapi juga semua webste yang harus menampung informasi harus di dukung dengan suatu jenis infrastruktur yang dapat menapung server server . Banyak teknisi yang harus di kerahkan untuk memperbaiki mesin mesin yang memerlukan perbaikan . mengganti sparepart yang sudah kadaluarsa dan lain lain .

Sejarah facebook , dulunya , Mark hanya memiliki beberapa box server untuk mengakomodasi banyaknya upload yang di lakukanoleh user , namun tentunya semakin bertambahnya user facebook , dia memerulukan lebih banyak server untuk menanpung banyak konten konten yang di upload oleh user user . Jadi karena tidak mungkin Mark membeli ratusan kotak server ke dalam rumah nya , maka . Di Lulea ,Swedia di buatlah database facebook sebesar lapangan sepak bola . Semua ini di buat oleh ratusan ahli yang saya pernah bekerja dengan mereka . Ealapun ada saaat itu , kita masih belom bisa menemukan solusi dari masalah yang di proyeksikan , tapi saat maslah itu muncul sendiri , maka kita harus egera mencari solusi atas masalah tersebut.

Uniknya dar facebook adalah , mereka tidak memaksakan penulis kode untuk membuat kode dengan bahasa tertentu . Beberapa orang suka menggunakan phyton , beberapa orang suka menggunakan C++  , Atau seperti saya , saya menggunakan Bash .Jadi argumen seperti ini bermunculan , Apakah menggunakan PHP itu baik , karena dengan menggunakan PHp kita bekerja lebih banyak dan hanya dapat mengeksekusi kode yang sedikit karena begitu rumitnya kode kode yang di masukan ke PHP . DAn apabila kita beralih menggunakan C , C++ , D , Java , Pearl dan lain lain .

Sebagai perusahan besar , facebook mau kita untuk bekerja membuat dampak , bukan memenuhi suatu ajaran atau dogma . Jika kamu punya ide yang baik untuk facebook , maka terapkan ide tersebut dalam bahasa mu snediri dengan menulis program di aplikasi favotir anda. Yang penting kode anda bisa kompatibel dengan kode lain dan tidak merusak kode kode yang sebelum nya ada. dan suka selama kode itu bisa di eksekusi secara cepat , tepat dan aman.

Setelah mengetahui itu , jadi di facebook sebenarnya tidak ada orang yang mengerti bagaimana cara facebook bekerja secara keseluruhannya . Semua ini adalah gabungan dari kode kode yang di buat oleh programer facebook yang beragam asalnya .   

Jadi pertanyaan ini mempunyai masalah , yaitu

1.Yang di pertanyakan itu terlalu luas dan harus lebih spesifik lagi

2.Dan pertanyaan ini banyak menyinggung aturan faebook yaitu, sistem ini banyak yang harus di rahasiakan

Untuk informasi leih lanjut silahkan lihat di

http://newsroom.fb.com/Infrastructure


Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang