Bagaimana cara membuka sebuah usaha kedai kopi?

Dilihat 609 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1



Minuman kopi tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita, terutama sekali bagi para pecinta kopi. Oleh mereka, kopi dijadikan sebagai pelengkap dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun kopi mengandung cafein, namun tidak mengurangi jumlah penggemar kopi yang ada. Banyaknya pecinta kopi, maka banyak bermunculan pula kedai kopi dengan menawarkan menu kopi dengan harga yang bervariasi. Peluang ini sangat baik untuk dimanfaatkan untuk membuka usaha warung kopi.


Usaha warung kopi merupakan usaha yang memiliki prospek yang cukup bagus, terlebih jika anda mampu memberikan pelayan maksimal serta rasa kopi yang enak, khas dan sesuai selera konsumen. Tentunya hal ini akan membuat pengunjung betah dan menjadi pelanggan tetap di kedai kopi anda.


Tidak seperti bisnis lainnya, bisnis kedai kopi tidak benar-benar memerlukan perencanaan awal yang banyak, karena inti dari perencanaan bisnis kedai kopi adalah berfokus pada tempat dan lokasi yang saat ini mungkin belum terdapat kedai kopi di wilayah tersebut. Nah, jadi apa langkah-langkah perencanaan bisnis untuk membuka usaha kedai kopi tersebut? Bagi anda yang ingin membuka bisnis tersebut, wajib membacanya uraian ini sampai habis ya. Yuk, kita simak!




Perencanaan Bisnis Usaha Kedai Kopi


Langkah 1. Buatlah komitmen seberapa besar modal yang benar-benar akan dikeluarkan.


Memulai bisnis apapun, tidak akan terjadi tanpa adanya komitmen. Pikiran anda sendiri bahkan tidak akan percaya bahwa anda benar-benar serius dalam hal ini, sampai anda mengambil tindakan yang tidak dapat diubah dalam hal penyediaan modal. Modal memulai usaha ini tergantung kedai kopi seperti apa yang diinginkan dan persiapan apa saja yang sudah dimiliki

Anda mungkin bisa mengunjungi seorang akuntan untuk mendiskusikan pengaturan struktur bisnis dan keuangan atau juga bisa membayar seorang mentor, konsultan ataupun pelatih bisnis untuk membicarakan tentang konsep dan anggaran. Anda juga bisa pergi ke bank untuk mengatur keuangan yang diperlukan atau bahkan melibatkan arsitek untuk membuat sketsa rencana pembuatan konsep kedai kopi anda. Mengambil langkah-langkah seperti ini membuktikan bahwa anda memang serius menjalankan bisnis tersebut, membantu memotivasi serta membuka pandangan anda tentang ruang lingkup usaha.


Langkah 2 - Tentukan jenis kedai kopi yang akan anda dirikan


Dengan melihat-lihat berbagai pesaing di pasaran maka anda dapat memutuskan jenis kedai kopi mana yang menurut anda akan sukses di pasaran tersebut. Misalnya jenis kedai kopi yang hanya melayani “take away” atau jenis kedai kopi yang dapat melayani lebih dari 100 kursi ataupun konfigurasi keduanya.  Keputusannya dalam hal ini sangat berkaitan dengan:

  • Keuangan yang tersedia. Biaya rendah = Jenis kedai take away. Biaya Tinggi = jenis kedai yang melayani lebih dari 100 kursi.
  • Tingkat Keahlian. Keahlian Rendah = Jenis kedai take away. Keahlian tinggi = jenis kedai yang melayani lebih dari 100 kursi
  • Ketersediaan tempat yang sesuai. Tempat yang kecil = jenis kedai yang melayani lebih dari 100 kursi. Tempat yang luas = jenis kedai yang melayani lebih dari 100 kursi.
  • Pandangan anda sendiri mengenai jenis kedai mana yang yang paling sukses di pasar, keahlian, pengetahuan dan sumber daya yang anda miliki.

Pada proses (langkah) ini, anda juga harus menentukan serta mendaftarkan nama dan wilayah gerai kopi anda agar memiliki surat izin dari pemerintah. Dalam proses ini juga sebaiknya anda mulai merancang logo, dan memilih warna perusahaan yang anda inginkan untuk mewakili merk gerai kopi anda. 





Langkah 3 – Temukan lokasi yang bagus.


Nah, langkah berikut ini mungkin agak sulit, yaitu mencari lokasi yang benar-benar bagus. Untuk memulai bisnis kedai kopi, hal yang harus dilakukan adalah memilih tempat-tempat penjualan yang paling ideal atau memiliki prospek yang bagus. Masalahnya adalah, persaingan untuk menemukan lokasi yang bagus memang sangat ketat. Tidak hanya berhadapan dengan pemilik gerai kopi lain, tetapi juga dengan mereka yang ingin mendirikan bisnis lainnya, seperti bank, usaha telekomunikasi, fashion, gerai makanan cepat saji, bahkan usaha cefe lainnya, dan masih banyak lagi. Karena jika itu adalah lokasi yang bagus untuk gerai kopi, berarti itu juga akan menjadi lokasi yang bagus untuk bisnis lainnya.


Tempat yang bagus untuk mendirikan usaha warung kopi biasanya adalah disekitar kampus, tempat perbelanjaan, dan dekat dengan jalan raya. Nah, jika anda telah menemukan lokasi bagus dan sudah siap untuk disewakan, maka sebaiknya anda meninjau kembali (merevisi) jenis gerai kopi yang akan anda dirikan tersebut (langkah 2), hal itu dikarenakan perbedaan target pasar, tata letak denah serta kompetitor di sekitarnya.


Langkah 4 - Bernegosiasi harga


Langkah selanjutnya adalah benegosiasi harga sewa. Tahapannya adalah:

  1. Bernegosiasi persyaratan komersial (seperti jumlah biaya sewa, masa sewa, dan lain-lain).
  2. Menyiapkan dokumen-dokumen pelaksanaan sewa yang mencakup persyaratan komersial tersebut.

Untuk melakukan poin 1, anda dapat melibatkan mentor berpengalaman, konsultan atau pelatih bisnis untuk membantu anda. Dan untuk poin 2, bantuan seorang pengacara sangat penting.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah bahwa perizinan usaha sangat penting untuk memastikan kelegalan bisnis yang anda jalankan. Selain itu, dengan perizinan, maka anda akan semakin mudah dalam menjalankan atau bahkan mengembangkan bisnis kopi tersebut. Jadi periksa sekarang dan dapatkan pemahaman yang jelas tentang spesifik yang terkait dengan bisnis kuliner di daerah tersebut. 




Langkah 5 – Membangun infrastruktur sesuai jenis kedai kopi yang dipilih.


Setelah perjanjian sewa ditandatangani dan dijalankan, sekaranglah saatnya untuk bergerak membangun infrastruktur. Pada titik ini anda perlu melibatkan proyek manager atau seorang arsitek yang mana mereka akan merancang denah lantai atau gambaran (draft) yang berdasarkan pada jenis kedai kopi yang anda pilih.


Yang sangat penting untuk usaha warung kopi adalah peralatan serta pengaturan tempat yang argonomis yang mana area tersebut dapat ditaruh mesin espresso, mesin penggiling, dan membuat barista anda bekerja dengan mudah. 


Langkah 6 – Siapkan segala sesuatunya untuk mulai berbisnis.


Ketika infrastruktur sedang dibangun dan hampir selesai, selanjutnya yang anda butuhkan adalah mempersiapkan segala sesuatunya untuk memulai bisnis. Langkah pertama misalnya membersihkan ruangan dan memastikan semua peralatan membuat kopi juga telah bersih dan siap digunakan.


Tahap ini juga merupakan saat yang tepat untuk mewawancarai karyawan anda, karena mereka juga menentukan arah bisnis yang berlangsung. Begitu pula dengan konsep untuk karyawan pun juga sebaiknya anda hadirkan. 

Anda juga perlu memikirkan bagaimana proses take away servis, terutama jika anda fokus dalam servis take away, karena hal ini merupakan bagian besar dari pendapatan anda. Ini juga tahapan yang baik untuk memutuskan strategi iklan untuk peresmian kedai kopi anda.

Akhir dari langkah ini, anda harus mencari supplier potensial yang tertarik dengan bisnis anda di area terdekat, sehingga anda tidak perlu keluar jauh mencari mereka. 


Langkah 7 –  Strategi promosi dan menetapkan hari pembukaan.


Sekarang saatnya anda perlu fokus pada penawaran promosi pada saat pembukaan dan menentukan kapan hari pembukaan usaha anda tersebut. Promosikan usaha anda kepada orang banyak. Ya, tentu saja hal tersebut wajib anda lakukan jika anda menginginkan warung kopi anda ramai sejak awal di buka. Anda dapat mempromosikan warung kopi anda melalui selembaran kertas atau brosur yang dapat anda sebar di sekitar wilayah anda.

Anda juga harus memutuskan beragam produk yang nantinya cukup memuaskan pelanggan pertama anda. Selain itu ada satu strategi promosi yang dapat anda lakukan ketika baru mendirikan usaha warung kopi, yakni dengan memberikan harga yang terjangkau namun setelah ramai harga bisa dinaikkan sedikit demi sedikit agar konsumen tidak kabur.

Pada langkah ini, anda akan mengeksekusi strategi periklanan dan juga strategi penetapan harga pada saat pembukaan serta untuk kelangsungan berdirinya bisnis anda.




Nah, itulah itulah langkah-langkah perencanaan bisnis untuk memulai usaha kedai kopi yang dapat anda pelajari. Memang cukup banyak proses yang harus dijalani, namun jika anda bersungguh-sungguh dan bekerja keras, pasti bisnis yang anda jalani akan berhasil, apapun itu jenis usahanya. Jika anda ingin mendapat informasi lainnya yang berhubungan dengan usaha kedai kopi, anda dapat membacanya dalam tautan berikut: Apakah sebuah kedai kopi merupakan bisnis yang bagus di Indonesia? dan Apa sajakah jenis-jenis minuman kopi?


Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang