Bagaimana caranya mencuci sepatu Vans?

Dilihat 1,25 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Sepatu Vans adalah salah satu sepatu branded luar negeri yang terkenal dan banyak disukai di Indonesia. Vans sendiri telah memproduksi bermacam-macam jenis sepatu, namun salah satu produk unggulannya adalah sepatu sneakers berbahan kanvas dengan sol berwarna putih. Perpaduan warna dari sepatu kanvas dari Vans cukup menarik dan trendy. Dan itulah mengapa sepatu Vans sangat populer di kalangan anak muda.


Sepatu Vans sendiri memiliki beragam varian, baik produksi Vans sendiri maupun produk kolaborasi dengan sejumlah merek tertentu. Berikut ini 10 Vans terbaik tahun 2016 yaitu Authentic, Chukka, Collaboration, Era, Half Cab, Mid Skool, OG Runner, Old Skool, Runner LX, dan Sk8 Hi. Selain nama-nama tersebut masih banyak juga varian lainnya yang juga cukup terkenal dan banyak peminatnya.


vans 1


Bahkan tidak banyak di pasaran sepatu Vans palsu alias KW, sehingga kita perlu membedakan sepatu Vans original dengan yang KW. Tentunya kita akan merasa lebih percaya diri jika memakai sepatu Vans original. 


Namun, adakalanya sepatu Vans kita terkena kotoran saat dipakai di luar ruangan. Entah itu terkena debu, lumpur, ataupun yang lainnya. Sehingga akan mengurangi penampilan dari sepatu Vans tersebut. Oleh karena itu, kita perlu membersihkan sepatu Vans kita secara berkala agar penampilannya selalu memukau dan tetap trendy.


Namun cara mencuci sepatu Vans haruslah tepat, karena apabila salah mencucinya, sepatu kesayangan ini malah akan rusak, tidak bagus lagi. Terdapat beberapa cara membersihkan sepatu yang dapat Anda terapkan saat membersihkan sepatu Vans kesukaan Anda. 


Cara-cara tersebut haruslah dilakukan dengan tepat dengan menggunakan bahan-bahan serta alat pembersih yang tepat. Ini mengingat bahan yang digunakan pada sepatu Vans adalah kanvas, yang memang mudah kotor. 


Jika salah dalam proses pembersihannya, kotoran tidak dapat hilang dengan sempurna namun sepatu mengalami “luka” pada tampilannya. Salah satu cara yang tepat adalah menyikat kotoran yang menempel pada sepatu menggunakan sikat gigi bekas.


vans 2


Cara Merawat Sepatu Vans Kesayangan


Sebagaimana yang telah disinggung di atas, ada beberapa cara membersihkan sepatu Vans Anda dan salah satu caranya adalah dengan menyikat kotoran menggunakan sikat gigi. Jadi, Anda harus mencuci sepatu Vans secara manual, jangan menggunakan mesin cuci. Berikut ini rangkaian yang tepat tentang cara mencuci sepatu Vans Anda.


Pertama kali adalah bersihkan kerak kotoran yang menempel pada sepatu dan solnya. Dalam membersihkan kerak ini jangan menggunakan alat tajam yang dapat melukai sepatu. Anda bisa menggunakan sendok, sikat gigi bekas atau alat tumpul lainnya. 


Setelah kerak hilang, pukulkan sol sepatu satu sama lain supaya debu dan partikel kecil kotoran hilang. Jangan lupa, saat membersihkan sepatu Vans Anda lakukanlah di luar ruangan. Supaya kotoran dari sepatu dapat dibuang dengan mudah. Ini adalah bagian dari cara mencuci sepatu Vans yang baik dan benar. 


vans 3


Langkah selanjutnya adalah basahi sepatu menggunakan campuran air dan sabun, dan sikat perlahan permukaan sepatu menggunakan sikat halus yang berukuran agak besar. Lakukan secara menyeluruh pada seluruh permukaan sepatu. 


Untuk bagian bawah alias sol sepatu, Anda bisa menyikatnya sedikit lebih bertenaga guna menghilangkan kotoran yang membandel. 


Setelah itu, sikat bagian dalam sepatu menggunakan sikat gigi bekas. 


Setelah sepasang sepatu Vans Anda disikat, bilas dengan air bersih. Upayakan air yang digunakan untuk mencuci dan membilas adalah air hangat. 


Setelah sepatu dibilas dengan bersih, letakkan di atas kain lap bersih, bisa juga handuk bekas yang bersih. Bungkus sepasang sepatu Anda menggunakan kain atau handuk tersebut, lalu peras air yang masih tersisa pada sepatu. 


Dan langkah terakhir adalah menjemur sepatu hingga kering. Karena sepatu Vans yang baik untuk kaki adalah sepatu yang bersih dan kering.


vans 4


Bahan untuk mencuci sepatu Vans


Berikut ini beberapa bahan dan alat yang Anda butuhkan untuk membersihkan sepatu Vans Anda seperti cara mencuci sepatu yang telah dijelaskan di atas. Bahan dan alat tersebut yaitu:

  • Sikat gigi bekas 
  • Sikat halus besar atau sikat sepatu 
  • Air 
  • Deterjen atau cairan pembersih noda 
  • Ember 
  • Handuk atau kain lap 
  • Sendok bekas (untuk menghilangkan kerak yang membandel) 

Dengan menggunakan bahan serta alat tersebut, Anda bisa mencuci sepatu Vans dengan cara tersebut di atas agar sepatu tetap bagus, awet, dan terlihat seperti baru selalu. Karena cara membersihkan sepatu yang tepat akan membuat kondisi fisik sepatu mampu bertahan lama.


Bahan-bahan dan alat untuk membersihkan sepatu Vans kesayangan Anda ini bisa didapatkan dengan mudah. Anda tidak perlu membeli bahan atau alat yang mahal. 


Namun, untuk deterjen atau cairan pembersih, sebaiknya pilih yang tidak keras, yang tidak merusak lem dan warna sepatu. Atau jika tidak ada, Anda bisa menggunakan sabun mandi sebagai bahan pembersihnya. 


Juga, penggunaan air hangat di sini cukup bermanfaat untuk membuat kotoran dan kerak yang menempel erat lebih mudah dibersihkan.


vans 5



Tips Merawat Sepatu Vans


Setelah Anda mengetahui cara mencuci sepatu Vans kesayangan, maka ada baiknya pula Anda juga memperhatikan beberapa hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan pada sepatu Vans Anda.


Hal yang tidak boleh Anda lakukan pada sepatu Vans Anda:


  • Jangan menjemurnya di tempat yang sangat panas, karena akan memudarkan warna sepatu dan merusak solnya. 
  • Jangan menggunakan sabun cuci atau cairan pembersih yang cukup keras untuk mencuci. Karena akan merusak warna sepatu dan lem perekatnya. 
  • Jangan mencuci sepatu Anda terlalu sering. 
  • Jangan menyemir sepatu Vans Anda menggunakan bahan kimia, ini dapat merusak warnanya. 
  • Sedangkan untuk hal yang boleh Anda lakukan pada sepatu Vans antara lain: 
  • Bersihkan debu pada sepatu Vans menggunakan kain lap basah sebelum mencucinya. 
  • Melepas tali sepatu serta mencucinya secara sendiri. 
  • Letakkan sepatu yang telah dicuci di tempat yang kering dengan sirkulasi udara yang baik. 
  • Pastikan sepatu telah benar-benar kering sebelum disimpan atau digunakan kembali. Karena sepatu yang kurang kering dapat menimbulkan perkembangbiakan bakteri sehingga membuat bau kaki. 

Oleh karena itu, bukan hanya cara membersihkan sepatu yang penting untuk diperhatikan, tetapi hal-hal di atas juga harus Anda perhatikan supaya sepatu Vans Anda nyaman dipakai, tetap awet, menarik, dan trendy. Dan Anda pun akan tetap percaya diri memakainya.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang