Bagaimana caranya mengatasi insomnia?

Dilihat 1,03 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Orang yang sudah dewasa pada umumnya membutuhkan waktu tidur 6 sampai 8 jam setiap harinya. 


Jika seseorang tidak mampu mempertahankan waktu tidur mereka dan lebih banyak terjaga ketika malam tiba tanpa rasa kantuk sedikitpun, kemungkinan orang tersebut bisa sedang mengalami insomnia.

 

Orang yang mengalami insomnia bukan dikarenakan terlalu banyak tidur, tapi ada beberapa hal tertentu yang menjadi alasan. Alasan tersebut sangat beragam, bisa dari penyakit tertentu hingga depresi. Namun yang manapun juga, tentu kurang tidur tidak akan berdampak baik pada keseharian kita keesokan harinya, bukan?

 

Penderita insomnia selalu mencari cara agar cepat tidur, beberapa ada yang berhasil, beberapa ada yang gagal. Seringkali hal ini dikarenakan mereka tidak mengetahui penyebab dari insomnia yang mereka derita.


Padahal, cara menghilangkan insomnia tidak bisa kita ketahui tanpa mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Maka dari itu, mari simak penjelasan lengkapnuya di bawah ini!


Insonia




Gejala Umum Insomnia


Insomnia atau sering dikenal dengan istilah gangguan tidur bisa sangat menyiksa penderitanya. Insomnia juga merupakan gejala yang tidak baik, karena saat seseorang mengidap insomnia, daya tahan tubuhnya menjadi lemah dan dia bisa dengan mudah terserang berbagai penyakit. 


Salah satu gejala dari insomnia di antaranya adalah ketika seseorang terbangun di malam hari kemudian dia sulit untuk memejamkan matanya kembali dan menyebabkan dirinya kesulitan tidur sama sekali hingga pagi hari.

 

Menurut penelitian medis, biasanya orang yang memiliki kesulitan tidur cenderung selalu merasa khawatir, tertekan dan terkesan kurang bahagia. Orang-orang seperti ini umumnya memiliki banyak kekhawatiran dalam hal pekerjaan maupun masalah pribadi.

 

Penderita insomnia umumnya sulit tertidur pada malam hari tapi dia bangun terlalu awal di pagi hari tetapi merasa tidak segar saat bangun pagi. Hal ini sebabkan kurangnya kualitas tidur para penderita insomnia.

 

Seorang pengidap insomnia juga sulit untuk tertidur walaupun sudah merasa sangat kelelahan dan penderitanya sangat sulit berkonsentrasi dalam melakukan aktivitas bahkan pekerjaannya. Hal inilah yang sering dikeluhkan dan menjadi alasan utama bagi para penderita insomnia untuk dapat mengatasi insomnianya. 


Gejala Insomnia



Cara Mengatasi Insomnia



Berikut adalah beberapa cara menghilangkan insomnia yang bisa anda coba, seperti:



1. Tidak Meminum Alkohol Beberapa Jam Sebelum Tidur


Anggapan bahwa alkohol bisa membuat seseorang tertidur lebih nyenyak sepertinya harus dihilangkan, meminum alkohol pada malam hari hanya akan memperparah kondisi insomnia pada seseorang. Meminum alkohol selain tidak bagus untuk kesehatan juga bisa menyebabkan pengidap insomnia mengalami halusinasi. 


Alkohol hanya membuat seseorang menjadi ngantuk tetapi tidak membuat seseorang tertidur pulas. Sebaiknya bagi penderita insomnia yang ingin segera sembuh, diharapkan agar tidak meminum alkohol beberapa jam sebelum waktu tidur. Kita harus ingat bahwa alkohol bukanlah cara menghilangkan insomnia yang tepat, tetapi hanya akan memperburuk keadaan susah tidur dan dapat menyebabkan gangguan kesehatan lainnya.



2. Menghindari Stres


Salah satu penyebab insomnia adalah stres. Bahkan stres merupakan penyebab insomnia paling utama yang melanda banyak orang. Menurut Better Sleep Council, sebanyak 65% orang Amerika kehilangan jam dan kualitas tidur mereka akibat stres. Joe Ojile, MD pendiri dan CEO Clayton Sleep Institute mengungkapkan bahwa stres merupakan salah satu hal yang menyebabkan orang menjadi sulit tidur. Ojile juga mengungkapkan agar kita menaruh televisi diruangan lain untuk meningkatkan kualitas tidur kita. 


Selain itu, saya akan menuliskan beberapa cara yang bisa digunakan oleh orang-orang yang sulit tidur akibat stres agar mereka bisa mendapatkan tidur yang berkualitas, di antaranya adalah sebagai berikut:


  • Menuliskan Penyebab Stres Dalam Sebuah Jurnal 

Sebelum tidur, sebaiknya kita menghabiskan waktu selama beberapa menit saja untuk menuliskan hal-hal yang sekiranya membuat kita stres, entah itu tentang keluarga, pekerjaan, atau hal-hal lainnya yang seringkali mengganggu pikiran kita. Ojile mengatakan bahwa menuliskan kekhawatiran kita ke dalam sebuah jurnal bermanfaat memberi kita tempat untuk mengistirahatkan pikiran kita untuk sementara.


  • Mandi 

Mandi memiliki dua manfaat, yang pertama air cenderung bisa menenangkan kondisi psikologis seseorang sehingga dapat membantu meredakan stres yang dialami. Dan kedua, selain berfungsi mendinginkan tubuh, saat kita keluar dari kamar mandi kita akan merasa lelah dan perlu beristirahat sehingga kita akan merebahkan tubuh kita di atas kasur.


  • Berdoa 

Berdoa dengan tenang terbukti bisa menenangkan otak sehingga doa menjadi salah satu cara agar cepat tidur yang ternyata cukup ampuh. Maka dari itu kita dianjurkan agar selalu berdoa sebelum tidur.


  • Jalan Kaki 

Bagi sebagian orang olahraga bisa membuat mereka lebih bisa untuk tertidur setelah kegiatan berolahraga selesai dan sebagian lagi memilih jalan kaki santai beberapa jam sebelum tidur agar bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik. Jalan kaki pada malam hari bisa meredakan stres dan membuat pikiran kita jauh lebih tenang.


Cara mengatasi insomnia

 

3. Hindari Kafein


Bagi seseorang yang mengidap insomnia sangat disarankan untuk menjauhi minuman yang mengandung kafein. Minuman berkafein dapat menyebabkan seseorang menjadi sulit tidur apalagi kafein yang diminum berupa kopi hitam. Namun yang perlu kita ketahui bahwa minuman yang mengandung kafein bukan hanya kopi hitam saja tapi juga minuman jenis lain seperti minuman berenergi, soda, dan teh. 


Hasil penelitian membuktikan bahwa tubuh untuk dapat tertidur butuh beberapa jam hingga kadar alkohol dalam tubuh hilang. Maka dari itu disarankan agar menghindari meminum minuman yang mengandung kafein setelah jam 2 siang.



4. Pergi Tidur Lebih Awal


Cara ini tidak selalu efektif dilakukan bagi orang yang sulit tidur karena mengharuskan mereka menghabiskan lebih banyak waktu di kamar. Tapi meskipun begitu pergi tidur lebih awal nyatanya bisa membantu kita agar cepat tidur. Waktu 30 menit lebih awal saja sangat bermanfaat bagi kita yang sulit tidur maka jangan pernah menggunakan waktu tersebut untuk melakukan hal-hal yang hanya akan membuat kita terjaga dari tidur seperti menonton televisi atau memainkan ponsel kita.


Pengaruh Insomnia


5. Menghindari Cahaya yang Berlebihan Saat Tidur


Cara ini tentunya sangat bertentangan dengan seseorang yang mempunyai kebiasaan tidur dengan lampu yang menyala terang. Namun apabila orang tersebut mengidap insomnia dan ingin segera menghilangkannya, maka cara ini bisa jadi satu-satunya yang dapat membantu agar bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. 


Biasakanlah tidur dengan lampu yang padam walaupun tidak terbiasa dan terkesan menyeramkan tidur dalam gelap. Atau kita bisa memulainya dengan mengurangi cahaya yang berlebihan dalam kamar tidur dan terbukti tidur dalam keadaan gelap ternyata juga sangat baik untuk kesehatan.



6. Mengatur Tempat Tidur


Kondisi ranjang atau tempat tidur dipercaya dapat mempengaruhi kualitas tidur kita. Terkesan sepele tapi hal ini terbukti dapat membantu seseorang yang mengidap insomnia agar mendapatkan kualitas tidurnya kembali. 


Umumnya kebanyakan orang sulit tidur saat mencoba untuk tidur di atas kasur yang keras dan juga ukuran bantal yang terlalu kecil bisa membuat kepala dan leher tidak nyaman sehingga membuat kita sulit memejamkan mata. Kita bisa mengatur kondisi tempat tidur kita dengan cara memastikan terlebih dahulu bahwa kasur yang akan kita gunakan sudah empuk dan lembut. Siapkan bantal yang cukup besar untuk menopang kepala dan leher agar kita semakin merasa nyaman dan pilih posisi tidur yang sehat agar kita pulas saat tertidur.


-


Itulah beberapa cara menghilangkan insomnia yang bisa anda coba untuk mengatasi insomnia. Permasalahan tidur seperti insomnia sebaiknya jangan dianggap remeh karena penyakit tidur ini juga bisa mempengaruhi kualitas psikologis kita seperti menjadi cepat marah, tidak sabaran, dan tidak konsentrasi. Tidak heran jika efek insomnia juga bisa mempengaruhi kehidupan sosial kita dengan masyarakat dan dengan orang-orang di sekitar kita. 


Yuk kita mulai untuk melakukan tidur yang berkualitas sehingga kita bisa menjalankan hidup ini menjadi lebih sehat baik fisik maupun psikologisnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda sekalian yang sedang mencari informasi tentang cara mengatasi insomnia.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang