Bagaimana caranya mengendalikan siklus menstruasi yang tidak teratur?

Dilihat 401 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Menstruasi adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Umumnya periode siklus menstruasi wanita adalah 3-5 hari, sementara siklusnya berlangsung selama 28 hari. Namun masa menstruasi yang dialami tiap wanita memiliki karakteristik masing-masing, sehingga sulit untuk menentukan mana yang normal dan mana yang tidak. Beberapa wanita memang biasa mengalami periode menstruasi yang sangat singkat, sementara yang lain lebih panjang. Volume menstruasi beberapa wanita banyak, sementara yang lain lebih sedikit. 

Nah, sekarang untuk menjawab pertanyaan mu, jawabannya itu tergantung apa yang kamu maksud dengan "mengendalikan" dan alasan kenapa siklus menstruasi tidak teratur.

Dibawah ini aku jelaskan tentang ketidakteraturan menstruasi. Jadi, baca terus sampai selesai, ya!!

                              menstruasi tak teratur


Apakah Ketidakteraturan Siklus Menstruasi itu Normal?

Tidak ada satu orangpun di sini yang bisa menjawab pertanyaanmu tanpa informasi lebih lanjut dan lagi kami bukan doktermu jadi kami tidak tahu apa yang terbaik bagimu. Sebaiknya kamu berdiskusi dengan doktermu mengenai penyebab dari siklus menstruasimu yang tidak teratur dan cara menanganinya.

Hal yang perlu kamu ingat meskipun umumnya siklus menstrasi berlangsung selama 28 hari adalah, setiap orang mungkin memiliki rentang waktu yang berbeda, dan kalau siklus menstruasimu lebih lama atau lebih cepat seminggu dari siklus menstruasi kebanyakan orang, hal ini merupakan hal yang normal. Selain itu, kalau kamu masih remaja ,atau kamu wanita yang sudah mendekati masa menopause, siklus menstruasi yang tidak teratur merupakan hal yang sangat normal. 

                      siklus mens


Hormon pengendali kehamilan tidak mengatur siklus menstruasi yang tidak teratur, melainkan bekerja dengan menghentikan siklus menstruasi untuk mencegah ovulasi sehingga kamu tidak lagi mengalami menstruasi. Pendarahan yang dialami seseorang ketika mengkonsumsi hormon pengendali kehamilan merupakan pendarahan yang disebabkan oleh jatuhnya hormon sintetis ketika mengganti pil aktif dengan pil tidak aktif atau ketika menghentikan konsumsi pil sementara. Hormon pengendali kehamilan menyembunyikan gejalanya tapi tidak mengobati penyebab dari siklus menstruasi tidak teratur, dalam jangka panjang hal tersebut bahkan bisa menyebabkan ketidakteraturan yang lebih parah kalau kamu tidak menghentikan penggunakan hormon pengendali kehamilan.


Apa, Sih Sebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur?

Kalau siklus menstruasimu yang tidak teratur disebabkan oleh kondisi kesehatan seperti PCOS, hormon pengendali kehamilan bisa menjadi pilihan yang bagus untuk mengatur pendarahan yang tidak teratur, tapi jika bukan, sebaiknya kamu mengobati masalah siklus menstruasimu yang tidak teratur. 

                       
                             siklus haid

Terlalu banyak dokter yang menggunakan hormon pengendali kehamilan sebagai jalan pintas untuk menyelesaikan masalah daripada melakukan pemeriksaan dan pengobatan terhadap masalah kesehatan menstuasi, dan ada terlalu banyak orang yang percaya pada mitos bahwa hormon pengendali kehamilan dapat mengatur siklus menstruasi. Ada juga yang mengatakan kalau berat mempengaruhi siklus menstruasi. Karena itulah pemahaman mengenai perbedaan antara siklus menstruasi reguler dan pendarahan reguler sebagai akibat dari penggunaan hormon pengendali kehamilan merupakan hal yang penting.

Kalau kamu mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur, ada  solusi masalah menstruasi tidak teratur dan kalau kamu tetap mengalami ketidakteraturan menstruasi, kamu bisa melihat tips-tips menghitung siklus menstruasi tidak teratur yang patut kamu coba caranya :)

Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang