Bagaimana caranya menggunakan lesitin kedelar dan minyak sebagai pengganti telur dalam membuat kue?

Dilihat 363 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Pembahasan mengenai hal ini sebenarnya cukup luas dan bisa dijadikan satu buku kecil  ( bahkan bisa jadi acuan mengenai keahlian memasak ). Salah satu masalah ketika kamu akan menggunakan lesitin kedelai atau minyak sebegai pengganti telur adalah kedua bahan tersebut tidak bisa menggantikan fungsi dari telur dalam membuat kue

 
Telur itu sangat luar biasa. Bukannya saya mau menyuruh kamu untuk menggunakan telur, karena saya yakin kamu pasti punya alasan tersendiri untuk tidak menggunakannya ketika membuat kue, tapi telur menambahkan emulsifikasi (yang ada dalam lesitin), struktur (protein), pengembang, lemak (minyak), kelembaban (air), tampilan dan rasa. 


Jadi agak sulit kalau kamu ingin menggantinya dengan bahan lain dan hampir tidak mungkin mencari bahan yang memiliki sifat yang dimiliki oleh telur. Jadi di sini kita akan mencoba untuk mencari sebuah pedoman dan membicarakan mengenai kelebihan dan kekurangan dari masing - masing bahan pengganti.


Kalau kamu ingin mempelajari bahan mana yang bisa digunakan untuk membuat kuemu, kamu harus membaca resep kue yang mau kamu buat supaya kamu bisa menentukan peran dari telur pada resep kue tersebut. Misalnya, kalau kamu mau mengganti telur dengan bahan lain ketika membuat muffin ( biasanya telur digunakan sebagai pengikat adonan) atau roti (telur digunakan untuk memberi rasa dan tampilan yang menarik) , hal ini akan lebih mudah  dibanding ketika kamu membuat kue, dimana telur memiliki peranan penting dalam membentuk tekstur kue. Semakin besar porsi penggunaan telur dalam suatu resep kue, semakin sulit untuk menggantinya dengan bahan lain.




Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang