Bagaimana caranya menghilangkan bekas luka dengan cepat?

Dilihat 3,47 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Bekas luka di kulit, terutama di wajah memang sangat mengganggu penampilan dan membuat berkurangnya rasa percaya diri. Maka dari itu, sebagian besar orang akan mencari cara untuk menghilangkannya dengan menggunakan dengan pengobatan dokter atau pengobatan herbal sebagai cara alami menghilangkan bekas luka.


Meskipun bekas luka bisa hilang dengan sendirinya, hal ini akan memakan waktu yang cukup lama. Seperti yang kamu ketahui, menghilangkan bekas luka membutuhkan proses untuk meregenerasi sel-sel kulit yang rusak menjadi sel-sel kulit yang baru, dan kecepatan proses ini berbeda pada setiap orang. 


Luka yang terbentuk di permukaan kulit ada banyak jenisnya, tergantung dari penyebab munculnya luka tersebut, seperti luka bakar, luka luka gores, luka kecelakaan, luka operasi, luka karena gatal-gatal, dan luka bekas cacar.

Tidak jarang bekas luka akan menimbulkan luka parut atau bekas yang menonjol dan tidak sedap dipandang. 


Tapi tidak perlu khawatir, ada banyak cara menghilangkan bekas luka dengan cepat, baik secara alami maupun secara medis modern seperti yang akan dijelaskan berikut ini.


            bekas luka


Menghilangkan Bekas Luka


Untuk menghilangkan bekas luka yang membandel, sebenarnya tidak sulit. Kita bisa menggunakan bahan-bahan alami yang terdapat di sekitar kita. Beberapa cara alami menghilangkan bekas luka antara lain:


  • Gunakan lemon. Lemon mengandung alpha hydroxy acid (AHA) yang membantu untuk membuang sel-sel kulit mati, membantu pertumbuhan kulit baru, dan mengembalikan elastisitas kulit. Sebagai pemutih alami, lemon dapat membantu menyamarkan bekas luka. Cara menggunakannya, perasan lemon dioleskan pada area bekas luka yang telah dibersihkan dan diamkan selama 10 menit. Lemon akan membuat kulitmu sensitive terhadap cahaya atau sinar matahari, maka jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen pada area yang pernah dioleskan air perasan lemon ketika pergi keluar rumah.

  • Gunakan Madu. Madu murni juga dapat difungsikan sebagai penghilang bekas luka dan mempercepat regenerasi kulit. Cara menggunakannya, campurkan 1 sendok madu murni dengan 1 sendok baking soda, lalu oleskan pada bekas luka sambil ditekan dengan jari selama 3 menit, kemudian letakkan handuk hangat diatas luka tersebut. Lakukan setiap hari hingga luka tampak memudar.
bekas luka


  • Cobalah untuk menggunakan ekstrak bawang. Ini merupakan obat anti peradangan dan menghalangi produksi kolagen pada luka, membuat luka tidak terlalu terlihat. Ekstrak bawang ini biasanya merupakan salah satu komposisi dalam gel penghilang luka yang biasanya kamu gunakan. Namun, proses ini akan memakan waktu yang lama dan mungkin akan butuh beberapa bulan untuk mendapatkan hasil yang optimal. 

  • Menggunakan gel lidah buaya. Lidah buaya juga merupakan bahan alami yang merupakan obat anti peradangan, mampu mencegah terjadinya iritasi kulit dan membuang sel kulit mati dari bekas luka. Selain itu, lidah buaya juga mampu mengurangi pembengkakan, membantu menyembuhkan sel kulit yang rusak, dan menjaga proses pembentukan sel-sel kulit yang baru. Menggunakan lidah buaya adalah cara alami menghilangkan bekas luka yang paling populer dan tanpa efek samping sama sekali. Selain itu, lidah buaya juga murah dan mudah didapatkan.

bekas luka


  • Gunakan buah amla (indian gooseberry). Buah amla merupakan sumber vitamin C yang sangat bagus dan akan bekerja dengan sangat efektif apabila langsung diaplikasikan pada luka yang baru sembuh, karena kandungan buah ini akan langsung bekerja untuk menghalangi terbentuknya jaringan luka. Buah amla sering dijual dalam bentuk pasta atau bubuk, namun kamu bisa membuat pasta buah amla sendiri dengan mudah dengan cara mencampur bubuk buah amla dengan air atau minyak zaitun. Oleskan pasta ini pada bagian yang luka, lalu pijat perlahan. 

  • Pasta timun hijau. Kamu bisa membuat pasta timun hijau sendiri dengan mudah. Caranya adalah, kupas timun dan buang bijinya, lalu blender bersama dengan 4-5 helai daun mint. Kocok putih telur secara terpisah dan campurkan dalam adonanmu. oleskan pasta ini pada luka dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu, cuci dengan air dingin dan keringkan dengan handuk bersih. Ulangi secara teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

  • Dengan mengoleskan minyak zaitun pada luka. Minyak zaitun sangat kaya akan vitamin E dan K yang sangat bagus untuk kulit, dan mampu menghilangkan bekas luka dengan cepat. Minyak ini juga memiliki kandungan anti oksidan dan tingkat keasaman yang tinggi, sehingga sangat berguna dengan efektif untuk menyamarkan bekas luka terutama luka bekas jerawat. Usapkan minyak zaitun di daerah bekas luka, lalu pijatkan dengan lembut untuk mengendurkan jaringan luka. Biarkan selama kurang lebih 10 menit, lalu bersihkan dengan kain bersih.

Sementara itu, cara menghilangkan bekas luka dengan cepat yang lainnya bisa dilakukan dengan bantuan dokter kecantikan atau dengan kata lain, menggunakan teknologi medis yang modern, seperti:


  • Suntik Kolagen. Suntik kolagen dapat mengencangkan kulit  dan membuat awet muda. Suntik ini juga dapat memudarkan bekas luka, terutama yang menimbulkan keloid atau jaringan hipertropik. Suntik kolagen bersifat sementara dan harus dilakukan berulang kali. Namun, tetap ketahui dulu beberapa bahaya suntik kolagen sebelum melakukannya.

  • Mengunakan sinar laser. Sinar laser dapat memudarkan bekas luka dengan cepat dan mudah, tergantung dari tingkat keparahan luka yang muncul, diawasi oleh profesional, dan terjamin keberhasilannya. Namun tentu metode sinar laser memiliki keuntungan dan kekurangan tersendiri. Untuk mencoba cara ini, tentu saja diperlukan kocek yang tidak sedikit.
bekas luka


  • Dengan teknik skin needling, yaitu teknik medis yang dilakukan dengan menggunakan alat ratusan jarum kecil. Di Amerika, cara ini cukup populer untuk dapat memudarkan bekas luka dengan cepat, namun harus dilakukan dengan cara berkala dan teratur seperti suntik kolagen.

  • Bedah plastik, merupakan cara menghilangkan bekas luka yang paling cepat dan mudah, tapi bedah merupakan alternatif terakhir jika bekas luka sangat serius atau parah. Kamu harus berkonsultasi dengan dokter-dokter ahli dalam bidang tersebut terlebih dahulu sebelum memutuskan apapun dan tak lupa, siapkan uang dalam jumlah besar.


-


Melalui uraian di atas, kamu telah mengetahui cara menghilangkan bekas luka secara alami dan medis. Sebelum memilih jalan medis modern, sebaiknya gunakanlah cara tradisional yang telah saya uraikan lakukan secara rutin dua kali sehari. 


Apabila kamu tidak mendapatkan hasil seperti harapanmu, atau tidak menemukan perubahan yang signifikan, maka kamu bisa memikirkan untuk datang ke dokter kulit dan kecantikan untuk meminta pendapat mereka. Semoga berhasil!

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang