Bagaimana caranya menghentikan ketombe dan rambut rontok?

Dilihat 515 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Ketombe dan rambut rontok memanglah momok yang mengerikan bagi kebanyakan orang, terutama wanita. Dua permasalahan rambut sesungguhnya adalah masalah yang umum terjadi. Namun, akibat yang dihasilkan dari permasalahan ini tidaklah bagus karena rambut Anda akan terlihat kotor dan juga semakin tipis. 


Rambut memang wajar mengalami kerontokan setiap harinya, namun jumlah batas wajar rambut rontok dalam satu hari adalah sebanyak seratus helai rambut. Salah satu cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok yang populer adalah dengan menggunakan shampoo anti ketombe dan shampoo khusus untuk rambut rontok. 


Selain itu, cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok lainnya adalah dengan menjaga pola makan Anda karena terkadang penyebab masalah rambut rontok menghampiri Anda karena tubuh Anda mengalami defisiensi gizi.






Sebenarnya sebelum masalah tersebut datang, ada banyak cara pencegahan rambut rontok yang bisa Anda lakukan. Selain dengan menjaga pola makan, Anda juga bisa membiasakan untuk tidak menyisir rambut dalam keadaan basah. 


Lalu jika Anda memiliki kebiasaan mengikat rambut, lebih baik Anda mengikat rambut Anda dengan sedikit longgar karena tekanan pada rambut tersebut membuat rambut Anda rapuh. 


Untuk ketombe, terkadang karena Anda kurang bersih saat membilas shampoo, sisa shampoo ini akan menjadi ketombe. Jadi salah satu langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah dengan memastikan Anda benar-benar membilas rambut Anda secara bersih setelah keramas. 


Selain langkah pencegahan, Anda juga bisa menggunakan cara-cara lain untuk mengatasi rambut rontok dan ketombe. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan dan ramuan alami sebagai cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok seperti lidah buaya.


Di bawah ini mari kita simak bagaimana cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok.




Penyebab Ketombe dan Rambut Rontok



Sebelum saya masuk ke dalam topik utama yakni cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok, yang perlu Anda perhatikan pertama adalah kebiasaan Anda saat keramas. 


Apakah Anda menggunakan shampoo yang cocok dengan rambut Anda? 


Karena ketidakcocokan shampoo ini bisa memicu munculnya masalah ketombe, rambut rontok, bahkan rambut berminyak. Selain itu, jika Anda memiliki kecenderungan untuk bergonta-ganti shampoo, lebih baik Anda mulai menghentikan kebiasaan ini dan memilih satu shampoo yang memang cocok dengan rambut Anda. 


Lalu, kebiasaan Anda menata rambut juga memegang faktor penting dalam hal ini. Jika Anda sering menata rambut mengenakan alat-alat pemanas seperti hair iron dan sebagainya, Anda harus menyadari betul bahwa hal ini dapat membuat rambut Anda kering dan rapuh, sehingga lebih baik menggunakan serum sebelum menata rambut Anda untuk memberikan perlindungan pada rambut.




Bagaimana dengan cara Anda mengeringkan rambut? Apakah Anda sering menggunakan hair dryer? 


Jika iya, Anda harus memastikan Anda mengatur hair dryer Anda dengan mode cool, karena jika Anda memakai udara panas hair dryer langsung pada rambut, efeknya akan sama dengna alat-alat penata rambut lainnya dan memuat rambut Anda kering dan rapuh yang menyebabkan rambut Anda patah. 


Anda juga harus mewaspadai bagaimana Anda mengusap-usap rambut anda dengan handuk. Jangan menggunakan gerakan menggosok-gosokkan rambut Anda dengan handuk. Lebih baik Anda menekan-nekan handuk pada rambut secara lembut hingga air tidak lagi menetes. 


Cara paling baik untuk mengeringkan rambut Anda adalah dengan membiarkannya kering dengan sendirinya tanpa membungkusnya dengan handuk dengan catatan Anda tidak berniat pergi keluar rumah, terutama pada pagi atau siang hari. 


Paparan sinar UV bisa merusak rambut, terlebih saat Anda baru selesai keramas karena setelah keramas, tidak ada minyak pada kulit kepala dan memakan beberapa saat untuk menghasilkannya. Jika Anda memang harus keluar, lebih baik memakai topi.




Cara Menghilangkan Ketombe dan Rambut Rontok



Salah satu cara menghilangkan ketombe dan juga mengatasi rambut rontok dengan bahan alami adalah dengan memanfaatkan lidah buaya. Memang lidah buaya dipercaya memiliki khasiat yang baik bagi rambut dan banyak sekali shampoo yang menggunakan lidah buaya sebagai salah satu bahannya. 


Tanaman herbal yang memiliki warna hijau dengan duri ini memiliki manfaat untuk melembabkan dan juga menguatkan rambut Anda. Kandungan aloe vera dalam lidah buaya dapat berfungsi sebagai kondisioner alami untuk rambut Anda dan memiliki efek dingin serta menyegarkan. 


Langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah:

  • Patahkan satu batang lidah buaya, lalu pencet-pencet atau keruklah gel di dalamnya. 
  • Oleskan gel lidah buaya tersebut pada seluruh permukaan kulit kepala Anda dan diamkan selama empat puluh menit hungga satu jam. 
  • Bilaslah kulit kepala anda dengan air biasa hingga bersih. 

Selain langsung memakai gel lidah buaya, Anda juga bisa menghaluskan gel lidah buaya tersebuut dan mencampurkannya dengan shampoo setiap kali Anda keramas.




Buah mengkudu memang terkenal sebagai bahan untuk obat-obatan herbal, namun siapa sangka bahwa buah yang memiliki bau khas ini bisa dimanfaatkan untuk perawatan rambut rontok dan juga mengusir ketombe? 


Ternyata mengkudu sudah terkenal memiliki manfaat untuk kecantikan rambut sejak dulu. Masyarakat sejak dulu sudah memanfaatkan mengkudu untuk mengatasi rambut rontok, menghilangkan ketombe, dan juga uban pada rambut.


Cara untuk menggunakan buah mengkudu adalah sebagai berikut: 

  • Persiapkan dua atau tiga buah mengkudu yang sudah matang, lalu parutlah hingga halus dan encerkan dengan menggunakan sedikit air. 
  • Campurkan buah mengkudu dengan air secara merata hingga menjadi seperti krim, kemudian oleskanlah pada kulit kepala Anda. 
  • Pijat secara perlahan hampir seperti ketika Anda melakukan creambath pada rambut Anda. 
  • Diamkan selama sepuluh hingga lima belas menit, lalu bilas hingga bersih.


Bahan alami dan rumahan yang bisa Anda gunakan berikutnya adalah cuka. Selain digunakan untuk memasak, ternyata cuka juga mampu menghilangkan ketombe dan juga rambut rontok yang Anda alami.


Cuka berguna untuk menghilangkan residu atau sel kulit berlebih yang ada pada rambut Anda dan juga mampu membuat rambut Anda lebih berkilau alami. Hal ini disebabkan oleh kandungan kalium dan juga enzim di dalamnya yang bisa mengatasi gatal kulit kepala yang disebabkan oleh ketombe. 


Caranya sangatlah mudah, Anda hanya perlu mencampurkan cuka dan air secukupnya, lalu mengoleskannya pada kulit kepala Anda secara merata sebelum tidur dan diamkan selama setengah jam.

 Anda bisa menunggu sambil memijat-mijat kepala Anda agar Anda lebih rileks, setelah itu bilas dengan air hangat dan keramas, lalu bilaslah shampoo dengan air dingin atau air biasa.



Anda juga bisa menggantikan cuka dengan air jeruk nipis. 


Caranya pun hampir sama yakni dengna mengoleskan air perasan jeruk nipis pada kulit kepala sambil dipijat-pijat dengan lembut dan diamkan selama setengah jam. 

Setelah itu, bilaslah hingga bersih dengan air. Bedanya dengan cuka, Anda tidak perlu keramas setelah membilas air jeruk nipis di kepala Anda dengan air. 

Kandungan vitamin dan mineral di dalam jeruk nipis dipercaya mampu membersihkan kulit kepala, menghilangkan minyak berlebih, serta menyegarkan kulit kepala Anda. 


Demikianlah beberapa alternatif cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami. Semoga bermanfaat!

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang