Bagaimana caranya menghitung siklus menstruasi kalau saya mengalami menstruasi yang tidak teratur?

Dilihat 478 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kamu bisa menghitung siklus menstruasimu dengan memprediksi jarak antar siklus berdasarkan rata - rata siklus di masa lalu. Dengan ini kamu juga pada dasarnya menghitung berapa lama ovulasimu terjadi, karena menstruasi merupakan tanda dari ovulasi. Masalahnya adalah ketika kamu memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur berarti kamu memiliki ovulasi yang tidak teratur, jadi agak sulit untuk memprediksi kapan kamu akan menstruasi.


Cobalah gunakan aplikasi untuk memonitor siklus menstruasimu selama beberapa bulan dan kamu akan menemukan pola dari menstruasimu. Sebagian wanita menemukan bahwa sesuatu yang awalnya mereka kira sebagai siklus yang tidak teratur ternyata hanya siklus yang lebih panjang, dimana mereka menstruasi setiap 35 - 40 hari dan bukannya 28 - 30 hari seperti yang umumnya terjadi. 


Ada banyak aplikasi yang memungkinkanmu untuk memonitor perubahan dalam serviks mu, yang berhubungan dengan berbagai hal dalam siklus menstruasimu. Kamu juga bisa mengukur suhu tubuh dasar (mengukurnya pada pagi hari), yang akan mengalami peningkatan menjelang ovulasi terjadi. Kamu akan membutuhkan beberapa waktu untuk mengumpulkan data - data untuk melihat pola siklus menstruasimu, tapi kamu bisa menemukannya pada bulan - bulan dimana kamu tidak mengalami menstruasi, kamu juga mungkin tidak akan melihat lonjakan suhu tubuh serta fase dari serviksmu yang berhubungan dengan ovulasi. Kalau hal - hal tersebtu terjadi dan kamu tidak mendapatkan menstruasi bulan itu, kamu akan menyadari bahwa gejala - gejala tersebut saling berhubungan, dan kamu bisa menggunakannya untuk memprediksi bulan - bulan dimaan kamu tidak akan mendapatkan menstruasi.


Sebagai tambahan, kamu juga bisa menemukan angka rata - rata dari jumlah hari dari ketika kamu pikir kamu sudah mengalami ovulasi dan ketika kamu pada akhirnya mendapatkan menstruasi sebagai cara untuk memprediksi menstruasi yang akan datang. Menstruasi saya akan tidak teratur dan bisa terjadi antara 26 sampai dengan 34 hari. Tapi ini bukan angka yang pasti sama dalam setiap siklus menstruasi, menggunakan aplikasi bisa sangat membantu.


Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang