Bagaimana caranya mengobati HIV?

Dilihat 527 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan :


  1. Menekan perkembangan virus HIV. Hal ini dilakukan dengan memberikan obat HAART.
  2. Meningkatkan jumlah CD4. Ketikan perkembangan virus ditekan, jumlah CD4 basanya akan meningkat. Pola hidup yang sehat juga bisa membantu dalam hal ini.
  3. Mengobati infeksi yang berkaitan. Sipiils, Gonore dan Tuberkulosis biasanya juga terjadi bersama dengan HIV dan harus ditangaani.
  4. Amati, cegah, dan obati infeksi oportunistik. Jika sistem kekebalan tubuh pasien sangat terengaruh, pasien tersebut dapat terkena yang namanya infeksi oportunistik. Ini harus segera didiagnosa dan diobati.
  5. Memberikan vaksin yang tepat. Karena pasien yang positf HIV memiliki resiko yang lebih tinggi terkena infeksi, maka mereka harus mendapatkan vaksin yang tepat. Tapi vaksin hidup tidak boleh digunakan.
  6. Waspada terhadap kanker. Orang yang terkena HIV memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah dan menjadi lebih renten terhadap kanker.
  7. Amatin komplikasi infeksi yang berhubungan karena pasien yang positif HIV hidup lebih lama, diketahui bahwa kondisi peradangan yang mereka alami dapat berujung pada resiko penyakit jantung, saraf dan ginjal yang lebih tinggi.
  8. Amati perkembangan kesehatan secara keseluruhan, karena sama seperti orang - orang lainnya, pasien HIV pun dapat terkena kolesterol tinggi, diabetes, tekanan darah tinggi, dsb. Kondisi - kondisi tersebu harus dimonitr dan ditangani.
  9.  Penyuluhan dan dukungan emosioanal. Hal ini mungkin merupakan hal yang paling rumit dan paling penting. Pasien HIV harus mendapatkan dukungan yang maksimal dalam menjalani perawatannya. Selain itu mereka juga mungkin memiliki banyak pertanyaan dan kekhawatiran tentang bagaimana mereka menjalani hidup mereka. Biasanya sekelompok ahlik kesehatan akan menbantu para dokter dalam hal ini.


Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang