Bagaimana caranya menjadi pemain bulutangkis profesional sebagai pemula?

Dilihat 18,5 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Bulu tangkis adalah olahraga yang menggunakan raket dan shuttlecock sebagai bola yang dipukul melewati net dan dimainkan oleh dua orang yang berlawanan (tunggal) atau dua pasangan (ganda). Objek/misi permainan ini adalah untuk menjaga kok agar tidak menyentuh tanah selama mungkin tanpa menggunakan tangan. Dalam perkembangannya, olahraga ini sangat diminati oleh berbagai kalangan, baik tua maupun muda. Mengenal bulutangkis dan mempelajari perbedaan antara bulutangkis dan tenis, bulutangkis adalah olahraga yang menggunakan raket yang ringan dan shuttlecock sebagai bola untuk memainkannya, sedangkan tenis raketnya lebih berat menggunakan bola tenis dan juga pola permainannya berbeda.

Olahraga bulutangkis sudah populer di Indonesia, bahkan Indonesia mempunyai banyak atlet berbakat yang telah banyak menyumbangkan piala untuk Indonesia. Olahraga bulutangkis mempunyai aturan yang tidak boleh dilanggar, baik itu cara bermain dan juga termasuk ukuran lapangan itu sendiri.

Ukuran lapangan bulutangkis sudah ditetapkan, yaitu menurut standar yang telah disepakati bersama, yaitu standar Internasional. Olahraga bulutangkis membutuhkan sarana lapangan yang bisa digunakan. Tahukah kamu berapa ukuran lapangan bulutangkis? 


Ukuran Lapang bulutangkis yang telah mempunyai standar Internasional Badminton Word Federation (BWF) adalah sebagai berikut

  1.  Lapangan bulutangkis berbentuk persegi panjang.
  2. Warna lapangan bulutangkis adalah hijau atau biru dengan garis warna putih (tebal 40 milimeter) 
  3. Bahan lapangan bulutangkis adalah kayu atau bahan sintetis yang lunak.
  4. Panjang lapangan bulutangkis adalah 13,14 meter.
  5. Lebar lapangan bulutangkis adalah 6,10 meter.
  6. Jarak garis servis depan dengan garis net 1,98 meter.
  7. Jarak garis servis tengah dengan garis samping lapangan 3,05 meter.
  8. Jarak garis servis depan dengan garis servis belakang adalah 3,96 meter.
  9. Jarak gais servis belakang (Untuk permainan ganda) dengan garis belakang lapangan 0,76 meter.
  10. jarak garis samping permainan tunggal dengan garis pinggir lapangan 0,46 meter.
  11. Tinggi tiang net  1,55 meter.
ukuran lapangan badminton

Demikianlah ukuran lapangan bulutangkis yang harus kamu ketahui untuk meningkatkan pengetahuan tentang olahraga bulutangkis itu sendiri. Lapangan bulutangkis sesuai standar Internasional sebagaimana yang telah disepakati oleh BWF dalam permainan tunggal ataupun ganda terdapat perbedaan dalam ukurannya, kamu bisa melihatnya pada gambar diatas.


Teknik Dasar Bulutangkis

Sebagai pemula, kamu harus memperhatikan hal-hal yang penting mengenai olahraga ini, salah satunya harus memahami teknik dasar bulu tangkis terlebih dahulu.Teknik dasar bulutangkis yang harus dipelajari untuk pemula antara lain:

Teknik dasar memegang raket, cara memegang raket yang benar ada empat yang bisa dilakukan. Kita akan kupas satu persatu : forehand, backhand, Amerika grip, dan combination grip.

  • Forehand, tangan kanan atau kiri untuk memegang raket, pegang raket dengan erat seperti menggenggam (seperti sedang berjabatan tangan) dengan posisi tangan menyamping, ibu jari dan jari telunjuk usahakan seperti huruf V sedangkan jari kelingking, jari manis dan jari tengah dalam posisi menggenggam raket.
 teknik badminton yang terpenting

  • Backhand yaitu yaitu raket dipegang dalam posisi miring sama seperti memegang dengan cara forehand bedanya ibu jari berada di belakang raket lurus ke depan mendekati jari telunjuk.

                               teknik badminton


  • Amerika grip yaitu posisi tangan ibu jari dan jari telunjuk menempel pada tangkai raket seperti sedang halnya pemukul kasur. Tehnik dengan posisi ini akan menghasilkan pukulan smash denga cukup keras. 
  • Combination grip yaitu pegangan kombinasi yang merupakan gabungan antara forehand dan backhand mengubah cara memegang raket sesuai dengan datangnya bola shuttlecock.

teknik dasar badminton


Teknik dasar bulutangkis memang harus dikuasai untuk bisa menguasainya kamu harus sering berlatih secara terus menerus sehingga kamu benar-benar berkembang dalam bermain. Materi penguasaan teknik dasar bulutangkis yang telah disebutkan di atas adalah sebagian kecil saja, kamu harus tahu lebih banyak lagi tentang teknik dasar dengan membaca buku atau bertanya pada pelatih.

Disamping kamu mempelajari tentang teknik dasar bulutangkis, kamu juga harus meningkatkan keahlian kamu agar bisa menjadi pemula yang profesional. 

Lima langkah penting yang harus kamu lakukan, antara lain :

1. Jogging rutin dan latihan, lupakan tentang olahraga yang akan kamu mainkan. Pertama-tama hanya fokus pada jogging setiap hari dan latihan. Anda perlu seorang ahli dalam aspek ini. Bermain bulutangkis yang baik akan membutuhkan fleksibilitas dan dengan demikian anda sudah berlatih latihan peregangan setiap hari. Lengan dan bahu juga perlu menjadi kuat untuk memukul smash selama pertandingan sementara peragangan membantu selama bermain drot shot menyilang. 

2. Jangan masuk ke lapangan bulu tangkis di minggu pertama, saya mengasumsikan jika seseorang baru dalam dunia kompetitisf bulutangkis, dia jangan masuk ke lapangan bulutangkis pada minggu pertamanya latihan. Cukup perbaiki saja untuk belajar bagaimana cara memegang raket bulutangkis. Palajarilah cara memukul shuttle dengan itu. 1-1,5 minggu pertama harus didedikasikan untuk mempelajari teknik-teknik memegang raket dan memukul shuttle dengan itu. 


pemain badminton profesional
3  Mulailah dengan dasar-dasarnya, setelah anda telah belajar bagaimana memegang raket dan bagaimana untuk memukul shuttle dengan raket,  mulailah belajar dasar-dasar bulutangkis. Dengan ini saya maksudkan dasar-dasarnya berjalan bagaimana cara bergerak di lapangan, bagaimana cara untuk mencakup lapangan dll. Sekali lagi seorang pelatih bulutangkis diperlukan disini. Jangan bermain dengan shuttle ketika anda berlatih menggerakkan kaki anda. Perhatikan bahwa anda perlu untuk bekerja pada dasar fundamental anda secara teratur. Berikut adalah link tentang cara meningkatkan gerakan kaki anda. 

4. Praktekan bagaimana cara serveservice adalah aspek yang sangat penting dalam permainan bukutangkis. Anda perlu berlatih banyak cara serve. Ada empat jenis service, yaitu serve rendah, serve tinggi, serve jentik, dan serve serangan.  
5. Praktekanlah tanpa poin permainan, ketika anda mulai belajar cara bermain bulutangkis,  jangan menghitung poin selama beberapa hari. Berfokuslah pada belajar bagaimana memungkinkan untuk memukul shuttle setiap saat dalam arah yang berbeda. Ini pasti akan membantu. Praktekanlah setiap hari setiap jenis tembakan tunggal selama anda malakukan pemanasan seperti drop shot sederhana, cross-court dropbody smash, smash sederhana, dan service berbeda dll. 

cara menjadi pemain bulu tangkis profesional


Setelah berlatih 5 poin tersebut dengan sangat baik secara teratur, mulailah bermain latihan pertandingan yang teratur dengan pemain bagus lainnya. Dalam waktu yang sangat singkat, anda akan dapat bermain dengan sangat baik, jika anda tetap pada dasar-dasarnya.  

Sebaikmya kamu mumulai karir pada saat kamu masih muda  karena pada usia sekitar 12 tahun banyak kesempatan yang harus dipelajari, memang untuk menjadikanmu seorang juara kamu harus mengalami pengorbanan yang besar dari mulai waktu yang tersita untuk  berlatih, sekolah yang kadang tertinggal, dan juga masa bermain dengan teman sebaya yang hilang.  Tidak ada kata terlambat dalam melakukan olahraga bulutangkis dimulai pada usia berapapun bisa kalau hanya sekedar hobby saja. Semoga artikel ini bisa membantu.



Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang